PERAN MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMK BINA SEJAHTERA 4 KOTA BOGOR

Authors

  • Alfin Alwi Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • M Sarbini Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Ade Kohar Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/cendikia.v1i02.2189

Keywords:

Manajemen, Sarana dan Prasarana, Mutu Pembelajaran

Abstract

Setiap sekolah pasti memiliki sarana prasarana yang perlu dimanfaatkan dan dikelola untuk menjamin kelancaran proses pembelajaran. Pengelolaan bertujuan agar sarana dan prasarana penunjang kegiatan pembelajaran di lingkungan sekolah dapat berjalan secara efektif dan efisien. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik yaitu wawancara, observasi dan pencatatan. Data yang diperoleh selama penelitian dianalisis melalui penyederhanaan data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis diperoleh beberapa kesimpulan yaitu: (1) Pengelolaan sarana prasarana SMK Bina Sejahtera 4 Bogor sudah berfungsi dengan baik (2) Kualitas pembelajaran terus ditingkatkan fasilitas ruang kelas dan ruang praktik seiring dengan peningkatan pembelajaran. di kelas dan ruang praktik. (3) Bantuan pemerintah, SDM dengan pengalaman mempuni, kondisi lingkungan yang nyaman, dan yayasan yang peka terhadap kondisi sarana prasarana menjadi faktor pendukung pengelolaan sarana prasarana yang ada. Kepekaan dan kepedulian warga sekolah masih menjadi pekerjaan rumah pengelola sarana prasarana SMK Bina Sejahtera 4 Bogor (4) Secara keseluruhan, sarana dan prasarana SMK Bina Sejahtera 4 Bogor sudah dalam standar yang berlaku

References

Barnawi, M. Arifin. (2012). Manajemen Sarana dan Prasarana sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Fattah, Nanang. (2012). Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hermino, Agustinus. (2013). Asesmen Kebutuhan Organisasi Persekolahan : Tinjauan Perilaku Organisasi Menuju Comprehensive Multilevel Planning. Jakarta: Gramedia.

Ibrahim, Bafadal. (2004). Manajemen Perlengkapan Sekolah. Jakarta: PT BUMIKARSA.

Indrawan, Irjus. (2015). Pengantar Manajemen Sarana dan Prasarana sekolah. Yogyakarta: Deepublish.

Kompri. (2014). Manajemen Pendidikan 2. Bandung: Alfabeta.

Kristiawan, Muhammad. (2017). Manajemen Pedidikan. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.

Muhammad Fathurrohman, Sulistyorini. (2012). Implementasi Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras.

Muslihat, Muhammad Hidayat Ginanjar. (2019). Pengelolaan Sumber Daya Manusia di SMP Hasmi Islamic Boarding School Tamansari Bogor. Islamic Management (Islamic Management) 107.

Patimah, Siti. (2016). Manajemen Stres. Bandung: Alfabeta.

Rahmad Syah Putra, dkk. (2017). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Pada Sma Negeri 3 Meulaboh Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat. Magister Administrasi Pendidikan.

Rahmat Hidayat, Candra Wijaya. (2017). Ayat-Ayat Alquran Tentang Manajemen Pendidikan Islam. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Suhardan, Dadang. (2010). Supervisi Profesional Layanan dalam Meningkatkan Mutu Pengajaran di Era Otonomi Daerah. Bandung: Alfabeta.

Suryana, Edeng. (2012). Manajemen Kelas Berkarakteristik Siswa. EdukasiIslami.

Swastha, Basu Dh. (1998). Pengantar Bisnis Modern. Yogyakarta: Liberty.

Wibowo, Agus. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yusuf, Choirul Fuad. (2007). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Pena Cisatria.

Downloads

Published

2022-12-07

How to Cite

Alwi, A., Sarbini, M., & Kohar, A. (2022). PERAN MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMK BINA SEJAHTERA 4 KOTA BOGOR. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 1(02), 245–260. https://doi.org/10.30868/cendikia.v1i02.2189

Citation Check