ANALISIS KONSEP TAZKIYATUN NAFS AHMAD ANAS KARZON UNTUK PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v6i01.3967Keywords:
Ahmad Anas Karzon, Akhlak, Peserta Didik, Sekolah, Tazkiyatun NafsAbstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis konsep Tazkiyatun Nafs Ahmad Anas Karzon untuk peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi literatur. Berdasarkan hasil penelitian, Islam memandang pendidikan bukan hanya sebuah proses transfer dan transformasi ilmu secara alami, akan tetapi juga merupakan sebuah amanah yang bertujuan untuk menjadikan anak didiknya menjadi seseorang yang berkepribadian robbani, mempunyai akhlak yang baik dan menjadikan hidupnya semakin berkualitas sebab bertambahnya ruh-ruh keimanan pada jiwa sang anak, bermanfaat baginya baik di dunia maupun di akhirat. Mensucikan jiwa atau Tazkiyatun nafs sangatlah penting dalam kehidupan seorang manusia. Jiwa menentukan suatu perbuatan itu baik atau buruk karena jiwa yang bersih akan menghasilkan perilaku yang bersih dan jiwa yang buruk akan menghasilkan perilaku dan akhlak yang buruk.
References
Al-Ghazali. Ringkasan Ihya’ Ulumuddin. terjemah Zeid Husein Al-Hamid, Jakarta: Pustaka Amani, 2007.
Derajat, Zakiya. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1991.
Gunawan, Heri. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi, Bandung: CV. Alfabeta, 2014.
“Aplikasi Quran in Word Versi 64 - 3.0,†2018.
Hidayat, Tatang, and Abas Asyafah. “Paradigma Islam Dalam Metodologi Penelitian Dan Implikasinya Terhadap Penelitian Pendidikan Agama Islam.†Tadrib IV, no. 2 (2018): 225–45. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/tadrib.v4i2.2507.
Hidayat, Tatang, and Endis Firdaus. “Analisis Atas Terbentuknya Mazhab Fikih, Ilmu Kalam, Dan Tasawuf Serta Implikasinya Dalam Membangun Ukhuwah Islamiyah.†Al-Ishlah : Jurnal Pendidikan 10, no. 2 (2018): 255–77. http://journal.staihubbulwathan.id/index.php/alishlah/article/view/81/82.
Hidayat, Tatang, Munawar Rahmat, and Udin Supriadi. “Makna Syukur Berdasarkan Tematik Digital Al-Quran Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Akhlak Di Sekolah Dasar.†Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 4, no. 1 (2019): 94–110.
Hidayat, Tatang, Ahmad Syamsu Rizal, and Fahrudin Fahrudin. “Pendidikan Dalam Perspektif Islam Dan Peranannya Dalam Membina Kepribadian Islami.†Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 8, no. 2 (December 30, 2018): 218. https://doi.org/10.22373/jm.v8i2.3397.
Hidayat, Tatang, and Toto Suryana. “Menggagas Pendidikan Islam : Meluruskan Paradigma Pendidikan Di Indonesia.†Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 3, no. 1 (2018): 75–91. http://ojs.pps-ibrahimy.ac.id/index.php/jpii/article/view/133/93.
Hidayat, Tatang, Syahidin, and Ahmad Syamsu Rizal. “Prinsip Dasar Falsafah Akhlak Omar Mohammad Al - Toumy Al - Syaibany Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Di Indonesia.†Jurnal Kajian Peradaban Islam 2, no. 1 (2019): 10–17. http://www.jkpis.com/index.php/jkpis/article/view/13/10.
Humaini. Konsep Tazkiyatun Nafs dalam Al-Qur’an dan Implikasinya dalam Pengembangan Pendidikan Islam. Skripsi pada Fakultas Tarbiyah UIN Malang : Tidak diterbitkan, 2008.
Karzon, Anas Ahmad. Tazkiyatun Nafs. Jakarta Timur : Akbar Media, 2016.
Kusuma A, Doni. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global Jakarta: Grasindo, 2010.
Majid, Pendidikan Karakter Presektif Islam, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2011 hlm. 2
Manik, Junaidi. Konsep Tazkiyatun Nafs Menurut Sa‘Id Hawwa (1935 -1989 M). Tesis pada PPS Universitas Muhammadiyah Surakarta : Tidak diterbitkan, 2012.
Mu’in, Fatchul. Pendidikan Karakter : Konstruksi Teoretik & praktik, Jogjakarta: AR-Ruzz Media, 2011.
Nata, Abuddin. Filsafat Pendidiakn Islam. Jakarta: Gaya Media Pratama, 2005.
Nata, Abudin. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1997.
Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).