Epistemologi Nalar Bayani, Burhani dan Irfani dalam Filsafat Pendidikan Islam

Authors

  • Hendrizal Hendrizal Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
  • Miranda Beggy Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
  • Masduki Masduki Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
  • Ellya Roza Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v7i01.4998

Keywords:

Epistemologi, Bayani, Burhani dan Irfani, Filasafat Pendidikan Islam

Abstract

Filsafat ilmu merupakan kajian yang fundamental dikarenakan berkaitan dengan aspek kebutuhan hidup manusia yang sangat mendasar, yaitu ilmu pengetahuan. Epistemologi secara filosofis mengkaji struktur, metode, validitas dan tujuan ilmu. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran epistemologi nalar bayani, burhani, dan irfani dalam konteks filsafat pendidikan Islam. Epistemologi nalar bayani menekankan pemikiran rasional dan logis sebagai sumber pengetahuan, sementara epistemologi burhani menyoroti pentingnya bukti empiris atau pengalaman dalam membangun pengetahuan yang sah. Di sisi lain, epistemologi irfani menekankan pengalaman mistis atau spiritual sebagai sumber pengetahuan yang mendalam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan yang tujuannya untuk memperoleh informasi dari berbagai buku atau sumber. Dapat simpulkan peranan epistemologi nalar bayani, burhani, dan irfani dalam pendidikan Islam membawa manfaat dalam membentuk individu yang memiliki keterampilan berpikir kritis, pengetahuan yang berdasarkan pengalaman empiris, serta pemahaman spiritual yang mendalam

Author Biographies

Hendrizal Hendrizal, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Manajemen Pendidikan Islam

Miranda Beggy, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Manajemen Pendidikan Islam

Masduki Masduki, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Manajemen Pendidikan Islam

Ellya Roza, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Manajemen Pendidikan Islam

References

Abbas, Afifi Fauzi. 2012. “Integrasi Pendekatan Bayâni, Burhânî, Dan ‘Irfânî Dalam Ijtihad Muhammadiyah.†AHKAM : Jurnal Ilmu Syariah 12 (1): 51–58. https://doi.org/10.15408/ajis.v12i1.979.

Ahmad Hasan Ridwan. 2011. Dasar-Dasar Epistemologi Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Ahmad Tafsir. 2006. Filsafat Ilmu. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Aini, Nada Nur, and Andi Prastowo. 2022. “Implementasi Metode Burhani Dan ‘Irfani Dalam Studi Filsafat Pendidikan Islam.†Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam 3 (2): 296–302. https://doi.org/10.36671/andragogi.v3i2.228.

Amin Abdullah, Abd Haris, and Dkk. 2016. Epistemologi Islam. Medan: Perdana Pubhlishing.

Anas, M & Nukman, I. 2018. Filsafat Ilmu; Orientasi Ontologis, Epistemologi Dan Aksiologis Keilmuan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Darmalaksana, Wahyudin. 2020. Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan. Bandung: Pre-print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati.

Edi Susanto. 2016. Dimensi Studi Islam Kontemporer. Jakarta: Kencana.

Farabi, Muhammad Al, Zulkifli Tanjung, and Riki Irawan. 2021. “Epistemologi Nalar Bayani, Burhani Dan Irfani Dalam Pengembangan Studi Islam.†Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 17 (September 2021): 225–35. http://jurnal.staidagresik.ac.id/index.php/attaqwa/article/view/91.

Firdausy, M. Anwar. 2009. “Filsafat Mohammad Abid AL Jabiri Dan Relevansinya Dalam Pemikiran Islam Kontemporer.†Ulul Albab 10 (2).

Hardiono, Hardiono. 2021. “Epistemologi Postrukturalisme Objek Pemikiran Islam Abed Al-Jabiri Dan Implikasinya Bagi Ilmu-Ilmu Dan Pemikiran Keislaman.†TAJDID: Jurnal Ilmu Ushuluddin 19 (1): 110–38. https://doi.org/10.30631/tjd.v19i1.119.

Harisah, Afifuddin. 2018. Filsafat Pendidikan Islam Prinsip Dan Dasar Pengembangan. Deepublish.

Hasyim, Mochamad. 2018. “Epistemologi Islam (Bayani, Burhani, Irfani).†Jurnal Al-Murabbi 3 (2): 217–28. https://doi.org/10.35891/amb.v3i2.1094.

Ja’far dan Al Rasyidin. 2015. Filsafat Ilmu Dalam Tradisi Islam. Medan: Perdana Publishing.

Muhammad Abed al-Jabiri.. 2003. Formasi Nalar Arab: Kritik Tradisi Menuju Pembebasan Dan Pluralisme Wacana Interreligius, Terj. Imam Khoiri. Yogyakarta: IRCiSoD.

Muzammil, Ahmad, Syamsuri Harun, and Achmad Hasan Alfarisi. 2022. “Epistemologi Bayani, Irfani Dan Burhani Sebagai Dasar Pengembangan Ilmu Pengetahuan Dalam Islam.†Al-Irfan : Journal of Arabic Literature and Islamic Studies 5 (2): 284–302. https://doi.org/10.36835/alirfan.v5i2.5773.

Nasution, A. T. 2016. Hakikat Mencari Pengetahun. Bumi Aksara.

Rangkuti, Charles. 2020. “Implementasi Metode Bayani, Burhani, Tajribi Dan ‘Irfani Dalam Studi Filsafat Pendidikan Islam.†WARAQAT : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 1 (2): 12. https://doi.org/10.51590/waraqat.v1i2.37.

Rangkuti, Fatima Rahma. 2019. “Implementasi Metode Tajribi, Burhani, Bayani, Dan Irfani Dalam Studi Filsafat Pendidikan Islam.†Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman 4 (1): 41. https://doi.org/10.31604/muaddib.v1i1.787.

Sari, Milya. 2020. “Penelitian Kepustakaan ( Library Research ) Dalam Penelitian Pendidikan IPA.†NATURAL SCIENCE : Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA 6 (1): 41–53.

Soleh, A.K. 2017. Epistemologi Islam: Integrasi Agama, Filsafat, Dan Sains Dalam Perspektif Al-Farabi Dan Ibnu Rusyd. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Published

2024-01-29

How to Cite

Hendrizal, H., Beggy, M., Masduki, M., & Roza, E. (2024). Epistemologi Nalar Bayani, Burhani dan Irfani dalam Filsafat Pendidikan Islam. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(01). https://doi.org/10.30868/im.v7i01.4998

Citation Check