Pengaruh Pengawasan Kepala Sekolah terhadap Disiplin Guru di Sekolah Menengah Pertama Al Washliyah Cirebon
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v7i01.5278Keywords:
Pengawasaan, Kepala Sekolah, dan Disiplin GuruAbstract
Sekolah sebagai lembaga formal pendidikan memegang peranan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui pembelajaran untuk menunjang kelancaran jalannya pembangunan di Indonesia secara keseluruhan. Sumber daya manusia unggul merupakan persyaratan utama bagi terwujudnya bangsa dan negara yang maju. Berapapun besar sumber daya alam, modal sarana prasarana yang tersedia, pada akhirnya di tangan SDM yang handal sajalah target pembangunan bangsa dan negara dapat dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh pengawasaan kepala sekolah terhadap disiplin guru. Variabel bebas pada penelitian ini adalah pengawasaan kepala sekolah (X). Sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah displin guru (Y). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan seluruh guru yang ada di SMP Al Washliyah Cirebon. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode non probability sampling dan simple jenuh. Sehingga diketahui sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 responden. Metode analisis yang digunakan adalah metode kuantitatif. Metode analisis data menggunakan metode uji instrumen penelitian, analisis data, analisis korelasi rank spearman, uji signifikan T dan uji statistik deskriptif dengan menggunakan SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel disiplin guru memiliki t hitung sebesar 5,912 dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,000. Hal ini berarti t hitung5,912 > t tabel sebesar 1,701 dan dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka dapat dikatakan hipotesis pertama yaitu H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga secara parsial variabel disiplin guru berpengaruh dan signifikan terhadap pengawasan kepala sekolah di SMP Al Washliyah Cirebon.
References
A. Bakar Rosdiana. (2014). Pendidikan Suatu Pengantar. Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2009 Alma Buchari. Guru Profesional. Bandung: Alfabeta.
Amri, Sofan. (2011). Pengembangan dan Model pembelajaran Dalam Kurikulum. Jakarta: Prestasi Pustakarya,
Anggraini, W. (2020). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Disiplin Guru Di SMPN 1 Sungaitarab Kebupaten Tanah Datar.Danim Sudarwan. (2010). Pengantar Kependidikan. Bandung: Alfabeta
Arif, Rahman Masyur. (2013). Kesalahan-Kesalahan Fatal Paling Sering Dilakukan Guru Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Jogjakarta: Diva Press.
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.
(2019) . Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta
Asmani, Ma’mur Jamal. (2012). Tips Efektif Supervisi Pendidikan Sekolah. Jogjakarta: Diva Press.
Azwar, Saifuddin. Penyusunan Skala Psikologi Yogyakarta; Pustaka Pelajar.
Beddu, M., & Fatnah, F. (2018). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Disiplin Kerja Pegawai Di Smp Negeri 1 Amali Kecamatan Amali Kabupaten Bone. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1), 37–49. https://doi.org/10.24252/idaarah.v2i1.5148
Burhanuddin, (1994), Analisis AdministrasiManajemen dan Kepemimpinan Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
Daryanto. (2005). Administrasi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dewi, D. S., & Nikmah, J. U. (2022). Pengaruh Pengawasan Kepala Sekolah Terhadap Disiplin Kerja Guru Pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Dayun Kecamatan Dayun Kabupaten Siak. Eko Dan Bisnis (Riau Economics and Business Review), 13(1), 10–19.
Dewi Priyatno. (2008). Mandiri Belajar SPSS - Bagi Mahasiswa dan Umum. ogyakarta: MediaKom
Engkoswara, dkk. (2012). Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Fauzan. ( 2016). Pengantar Sistem Administrasi Pendidikan. Yogyakarta: UII Press.
Gunawan H Ary. Administrasi Sekolah Administrasi Pendidikan Mikro. Jakarta: PT Rineka Cipta, 1996 Hamalik Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2013
Hadromi, F. Al. (2017). Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Motivasi, Kedisiplinan Dan Kinerja Guru Di Sd Islam Lumajang. Bisma, 11(1), 109. https://doi.org/10.19184/bisma.v11i1.6212
Harsojuwono, Bambang Admadi, and I Wayan Arnata. 2020. Statistika Penelitian. Malang: PT Cita Intrans Selaras (Citila).
Herabuddin.( 2015) Administrasi & Supervise Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2009.
Hadromi, F. Al. (2017). Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Motivasi, Kedisiplinan Dan Kinerja Guru Di Sd Islam Lumajang. Bisma, 11(1), 109. https://doi.org/10.19184/bisma.v11i1.6212
Handayani, F. (2020). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru dan Murid Di Madrasah Tsanawiyah Putra-Putri Simo Lamongan.
Ibrahim, A. E. (2022). Fungsi Pengawasan Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru Di MTS Hasyim Asy’sri Bangsri. 2(2), 79–82.
Ibrahim, A. E., Pratiwi, R. I., & Nadjib, A. (2021). Fungsi Pengawasan Dalam Meningkatkan Guru Di MTS Hasyim Asy’ari Bangsari Sukodono. 3(1), 83–98. https://doi.org/10.15642/japi.2021.3.1.83-98
Irianto Agus .( 2004). Statistik : Konsep Dasar dan Aplikasinya, Jakarta: Prenada Mada.
Larasati, A. D., Wiyono, B. B., & Supriyanto, A. (2020). Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Pengawas Sekolah. JAMP: Jurnal Adminitrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(September), 239–248
Lestari, S. E. (2019). Analisis Pengaruh Disiplin Kerja Dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Smp Negeri 1 Tangerang Selatan Banten. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 2(3), 16–25. https://doi.org/10.32493/frkm.v2i3.3394
Lubis, M. A. A. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru Di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 13 Sei Rampah. Carbohydrate Polymers, 6(1), 5–10.
Kasmawati.(2012). Pengembangan Kinerja Tenaga Kependidikan. Makassar: Alauddin University Press.
Kurniawan, Asep.(2017).Metodologi Penelitian Pendidikan. Kota Cirebon. Eduvision.Kompri. Standardisasi Kompetensi Kepala Sekolah. Jakarta: Kencana, 2017. Thomas Lickona. Persoalan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara, 2017. 64
Lestari, S. E. (2019). Analisis Pengaruh Disiplin Kerja Dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Smp Negeri 1 Tangerang Selatan Banten. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 2(3), 16–25. https://doi.org/10.32493/frkm.v2i3.3394
Mania Sitti. ( 2013). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Makassar: Alauddin University Press.
Misbahuddin. (2013). Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.
Mujis Abdul & Mudzakkir Jusuf.( 2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: kencana.
Mulyasa. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. (2014). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009. Priansa Juni Donni, dkk. Manajemen Supervisi & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta.
N, A. F. (2014). Hubungan Pengawasan Kepala Sekolah Dengan Disiplin Kerja Guru Dalam Mengajar Di Smk Negeri 2 Bukittinggi. 2, 17–23.
Nur Fajriati Ismail, Erdhita Oktrifianty, I. M. (n.d.). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Meningkatkan Kedisiplinan Guru Sekolah Dasar Di SDN Cipondoh 1 Kota Tanggerang. 3, 500–518.
Nadzir, M,(2005). Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia
Purwanto, Ngalim (2014). Administrasi & Supervisi Pendidikan (Cet XXII; Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Purwanto, Ngalim. (2014). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Redaksi, Tim. (2018). Himpunan Lengkap Undang-Undang Republik Indonesia Tentang Guru dan Dosen. Yogyakarta: Laksana.
Sagala Syaiful. (2013). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta,.
Sahertian Piet A. (2010). Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka
Sigar, Jisiani A.B. dkk. (2018). Pengaruh Pengawasan Terhadap DisiplinKerja Karyawan Pada Hotel Sintesa Peninsula Manado. Junal Universitas SamRatulangi. Manado.
Suparyanto dan Rosad. (2020). Pengaruh Pengawasan Kepala Sekolah Terhadap Disiplin Guru. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Tindakan Komprehensif. Bandung: Alfabeta.
Sugiono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulaimah, U., & Aminin, S. (2021). Pengaruh Supervisi Akademik dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru SD Negeri Sekecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur ( The Effect of Teacher Academic and Discipline Supervision on Teacher Performance of SD Negeri Batanghari Sub-District East Lampu. 1(1), 39–53.
Teteng Sopian, (2018). “Mushaf Al-Quran dan Terjemah Hadisâ€. Bandung: Cordoba.
Tim Redaksi. (2018). Himpunan Lengkap Undang-Undang Republik Indonesia Tentang Guru dan Dosen. Yogyakarta: Laksana.
Tika, M. P. (2006). Metedelogi Riset Bisnis. Jakarta: Bumi Aksara.
Tim Visimedia,( 2007). Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Visimedia,.
Umamit Sulma, (2016) “Pengaruh Pengawasan Terhadap Disiplin Kerja Pegawai Negeri Sipil di Sekretariat Daerah Kabupaten Sula “Jurnal administrasi publik, Unsrat,
Visimedia, Tim. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Visimedia, 2007.
Wahyu Sumidjo, (2011) Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik Dan Permasalahan, Jakarta: Raja Grafindo
Wukir. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi Sekolah. Yogyakarta: Multi Presindo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).