Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Menggunakan Model (Assure) di SMK Iman dan Taqwa Darurrahim Jakarta

Authors

  • Alwi Alwi Univrsitas Islam Jakarta, Indonesia, Indonesia
  • R Kukun Agung Sulistiyo Universitas Islam Jakarta, Indonesia
  • Yusuf Aman Universitas Islam Jakarta, Indonesia
  • Inggrid Tania Universitas islam Jakarta, Indonesia
  • Marhamah Marhamah Universitas Islam Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v7i01.6142

Keywords:

Pembelajaran, Model ASSURE, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Artikel ini mengulas implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan model (ASSURE) di SMK Iman dan Taqwa Darurrahim Jakarta. Model (ASSURE) merupakan suatu pendekatan sistematik yang digunakan untuk merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penerapan model (ASSURE) dalam konteks pembelajaran Pendidikan Agama Islam di lingkungan SMK Iman dan Taqwa Darurrahim. Untuk menciptakan model pembelajaran yang produk baru, kegiatan pembelajaran yang dikembangkan secara kreatif memerlukan kemampuan kognitif yang memadai. Selain menggunakan model jaminan sebagai alat, Creative juga menggunakannya sebagai sumber belajar yang memberikan siswa akses terhadap alat kolaborasi. Memanfaatkan model jaminan itu sederhana. Metode penelitian yang digunakan dengan pendekatan kualitatif diantara langkah-langkahnya dengan melibatkan observasi kelas, wawancara dengan guru, dan analisis hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model (ASSURE) telah memberikan kontribusi positif terhadap kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Iman dan Taqwa Darurrahim. Guru-guru dapat merancang pembelajaran yang lebih terstruktur dan adaptif sesuai kebutuhan siswa, sehingga menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih interaktif dan partisipatif.

References

Amri, S. (2016). Amri, Sofan. 2016. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Pengembangan Dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013.

Baris sezer, R., Fatma Gizem Karaoglan YILMAZ, R., & Ramazan YILMAZ, L. (2013). Integrating Technology Into Classroom: the Learner-Centered Instructional Design. International Journal on New Trends in Education and Their Implications October, 4(4).

David Maclinton, & Dedek Andrian. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Prisma Berbasis Macromedia Flash Dengan Desain Pembelajaran Assure. INOMATIKA, 4(1). https://doi.org/10.35438/inomatika.v4i1.323

Despriyanti, R. (2022). PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(02). https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i02.216

Eva, R. (2016). PENGARUH APLIKASI MODEL ASSURE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI. Jurnal Geografi Gea, 15(2). https://doi.org/10.17509/gea.v15i2.3543

Firmadani, F. (2020). Strategi Dan Implementasi Pendidikan Karakter Pada Era Revolusi Industri 4.0. In Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional (Issue ISSN: 2654-8607).

Halim, A. (2017). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 10(2). https://doi.org/10.24114/jtp.v10i2.8725

Herianto, A., & Ali, I. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Geografi Lingkungan Berbasis Konstruktivis Dengan Model Pembelajaran Cooperatif Learning. JURNAL GEOGRAFI, 12(01). https://doi.org/10.24114/jg.v12i01.10688

Herliana, S., & Anugraheni, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kereta Membaca Berbasis Kontekstual Learning Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.346

Jayanti, A. A. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Assure Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SD Gugus IV Kediri, Tabanan. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 73(1).

Layn, M. R. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Assure terhadap Hasil Belajar Siswa. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2151

Mokalu, V. R., Panjaitan, J. K., Boiliu, N. I., & Rantung, D. A. (2022). Hubungan Teori Belajar dan Teknologi Pendidikan. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2192

Musnida, M., & Asmendri, A. (2023). Desain Pembelajaran Model ASSURE Berbasis Multimedia pada Pembelajaran Tematik. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(6). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.3574

Nurdiyanti, S., Mulyadi, M., & Fatimah, F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Bilangan Bulat Berbasis Android pada Kelas VI Sekolah Dasar. JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS), 8(2). https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3380

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Tafonao, T. (2018). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Waluyo, D. W. R. (2020). PENERAPAN MODEL DESAIN SISTEM PEMBELAJARAN ASSURE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN DI SMK N 2 SUKOHARJO. Indonesian Journal Of Civil Engineering Education, 6(2). https://doi.org/10.20961/ijcee.v6i2.53665

Wismawan, K. H., Sugihartini, N., & Antara Kesiman, M. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Assure Menggunakan Media Rumah Belajar dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi. International Journal of Natural Science and Engineering, 3(3). https://doi.org/10.23887/ijnse.v3i3.24148

Published

2024-01-31

How to Cite

Alwi, A., Agung Sulistiyo, R. K., Aman, Y., Tania, I., & Marhamah, M. (2024). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Menggunakan Model (Assure) di SMK Iman dan Taqwa Darurrahim Jakarta. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(01). https://doi.org/10.30868/im.v7i01.6142

Citation Check