Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Menggunakan Model (Assure) di SMK Iman dan Taqwa Darurrahim Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v7i01.6142Keywords:
Pembelajaran, Model ASSURE, Pendidikan Agama IslamAbstract
Artikel ini mengulas implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan model (ASSURE) di SMK Iman dan Taqwa Darurrahim Jakarta. Model (ASSURE) merupakan suatu pendekatan sistematik yang digunakan untuk merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penerapan model (ASSURE) dalam konteks pembelajaran Pendidikan Agama Islam di lingkungan SMK Iman dan Taqwa Darurrahim. Untuk menciptakan model pembelajaran yang produk baru, kegiatan pembelajaran yang dikembangkan secara kreatif memerlukan kemampuan kognitif yang memadai. Selain menggunakan model jaminan sebagai alat, Creative juga menggunakannya sebagai sumber belajar yang memberikan siswa akses terhadap alat kolaborasi. Memanfaatkan model jaminan itu sederhana. Metode penelitian yang digunakan dengan pendekatan kualitatif diantara langkah-langkahnya dengan melibatkan observasi kelas, wawancara dengan guru, dan analisis hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model (ASSURE) telah memberikan kontribusi positif terhadap kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Iman dan Taqwa Darurrahim. Guru-guru dapat merancang pembelajaran yang lebih terstruktur dan adaptif sesuai kebutuhan siswa, sehingga menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih interaktif dan partisipatif.
References
Amri, S. (2016). Amri, Sofan. 2016. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Pengembangan Dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013.
Baris sezer, R., Fatma Gizem Karaoglan YILMAZ, R., & Ramazan YILMAZ, L. (2013). Integrating Technology Into Classroom: the Learner-Centered Instructional Design. International Journal on New Trends in Education and Their Implications October, 4(4).
David Maclinton, & Dedek Andrian. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Prisma Berbasis Macromedia Flash Dengan Desain Pembelajaran Assure. INOMATIKA, 4(1). https://doi.org/10.35438/inomatika.v4i1.323
Despriyanti, R. (2022). PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(02). https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i02.216
Eva, R. (2016). PENGARUH APLIKASI MODEL ASSURE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI. Jurnal Geografi Gea, 15(2). https://doi.org/10.17509/gea.v15i2.3543
Firmadani, F. (2020). Strategi Dan Implementasi Pendidikan Karakter Pada Era Revolusi Industri 4.0. In Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional (Issue ISSN: 2654-8607).
Halim, A. (2017). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 10(2). https://doi.org/10.24114/jtp.v10i2.8725
Herianto, A., & Ali, I. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Geografi Lingkungan Berbasis Konstruktivis Dengan Model Pembelajaran Cooperatif Learning. JURNAL GEOGRAFI, 12(01). https://doi.org/10.24114/jg.v12i01.10688
Herliana, S., & Anugraheni, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kereta Membaca Berbasis Kontekstual Learning Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.346
Jayanti, A. A. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Assure Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SD Gugus IV Kediri, Tabanan. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 73(1).
Layn, M. R. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Assure terhadap Hasil Belajar Siswa. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2151
Mokalu, V. R., Panjaitan, J. K., Boiliu, N. I., & Rantung, D. A. (2022). Hubungan Teori Belajar dan Teknologi Pendidikan. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2192
Musnida, M., & Asmendri, A. (2023). Desain Pembelajaran Model ASSURE Berbasis Multimedia pada Pembelajaran Tematik. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(6). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.3574
Nurdiyanti, S., Mulyadi, M., & Fatimah, F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Bilangan Bulat Berbasis Android pada Kelas VI Sekolah Dasar. JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS), 8(2). https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3380
Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Tafonao, T. (2018). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Waluyo, D. W. R. (2020). PENERAPAN MODEL DESAIN SISTEM PEMBELAJARAN ASSURE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN DI SMK N 2 SUKOHARJO. Indonesian Journal Of Civil Engineering Education, 6(2). https://doi.org/10.20961/ijcee.v6i2.53665
Wismawan, K. H., Sugihartini, N., & Antara Kesiman, M. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Assure Menggunakan Media Rumah Belajar dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi. International Journal of Natural Science and Engineering, 3(3). https://doi.org/10.23887/ijnse.v3i3.24148
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).