PENGARUH MANAJEMEN KESISWAAN TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA DI YAYASAN ZIA SALSABILA

Authors

  • Sifa Aliya Naflah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Muhammad Fadhli Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v7i02.6802

Keywords:

Student management, Learning Discipline, Education Management

Abstract

Kedisplinan merupakan faktor kunci keberhasilan dari lembaga pendidikan. Pnelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh antara Manajemen Kesiswawan Terhadap Disiplin Belajar Siswa. Metode penelitian ini bersifat kuantitatif. Pengumpulan data dengan menyebar angket kepada 32 responden. Penelitian ini melihat dampak dari variabel manajemen kesiswaan terhadap disiplin belajar siswa. Kedisiplinan merupakan variabel dominan dari penelitian ini. Pengolahan data dari penelitian ini di olah dengan menggunakan SmartPLS. Temuan dari penelitian ini bahwa ditemukan besarnya kontribusi dari setiap indikator manajemen kesiswaan terhadap disiplin belajar siswa. Nilai R-squre variabel manajemen kesiswaan sebesar 0,497 yang berarti variabel ini memberikan besar kontribusi 49,7%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen kesiswaan memberikan kontribusi yang besar terhadap disiplin belajar siswa

References

Abidin, Z. (2020). Hubungan Disiplin Belajar dengan Prestasi Belajar. An-Nahdlah, 6(2), 46.

Al Syaifullah, S., Ulfah Nasution, N., & Sofiah Sinaga, N. (2021). Relevansi Manajemen Kesiswaan Guna Menopang Kelembagaan Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(8), 1420–1428. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i8.254

Amalia, N., Zubaidah, S., & Murtiyoko, H. (2021). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Peningkatan Kualitas Hasil Belajar PAI. Aufklarung: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora, 1(2), 121–129.

Ansel, M. F., & Pawe, N. (2021). Pengaruh Bimbingan Belajar Orangtua Terhadap Disiplin Belajar Siswa Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 301–312. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1209

Damanik, dkk. (2023). Konsep Dasar Manajemen Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5, 3696–3702.

Di, B., Lebong, M., & Masa, P. (2022). Strategi Peningkatan Rekrutmen Peserta Didik Baru Di Mtsn Lebong Pada Masa Pandemi Covid-19.

Eddy, C. L., Huang, F. L., Cohen, D. R., Baker, K. M., Edwards, K. D., Herman, K. C., & Reinke, W. M. (2020). Does Teacher Emotional Exhaustion and Efficacy Predict Student Discipline Sanctions? School Psychology Review, 49(3), 239–255. https://doi.org/10.1080/2372966X.2020.1733340

Guarango, P. M. (2022). Implementasi Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di Ma Raudlatul Ulum Guyangan. Skripsi, 8.5.2017, 2003–2005.

Haile G, A. M. and E. A. (2023). Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Mutu Peserta Didik Di SD Insan Mandiri Bandar Lampung. Skripsi, 4(1), 88–100.

Juliandi, A. (2018). Structural Equation Model Partial Least Square (SEM-PLS) Menggunakan SmartPLs. Jangan Belajar, 1(was), 1.

Lia Jannatul Ma’wa. (2023). Manajemen Kesiswaan dalam meningkatkan Mutu Kedisiplinan Siswa Melalui Kegiatan Kepramukaan (Studi Kasus di SMPN 5 Ponorogo). 1–248.

Liu, W., & Liu, Z. (2020). International student management in China: growing pains and system transitions. Higher Education Research and Development, 0(0), 1–14. https://doi.org/10.1080/07294360.2020.1792848

Munib, M., Ismail, I., & Solehoddin, M. (2021). Manajemen Kesiswaan Dalam Mengembangkan Bakat Dan Minat Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 1(1), 17–37.

Nofianti, A. (2019). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 2(2), 120. https://doi.org/10.26740/jdmp.v2n2.p120-129

Patras, Y. E., Sabti, N. B., Windiyani, T., & Hidayat, R. (2021). The Effect of Learning Discipline on Independence Student Learning. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(2), 70–79. https://doi.org/10.33751/pedagonal.v5i2.3937

Surya Nugraheni. (2019). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Disiplin Belajar Siswa. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 30–36.

Syarnubi, S. (2019). Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Religiusitas Siswa Kelas Iv Di Sdn 2 Pengarayan. Tadrib, 5(1), 87–103. https://doi.org/10.19109/tadrib.v5i1.3230

Wibow, P. F. (2019). Manajemen Peserta Didik. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.

Zebua, O., & Tyas, E. H. (2017). Evaluasi Pelaksanaan Program Masa Orientasi Peserta Didik. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 84–97.

Published

2024-07-29

How to Cite

Naflah, S. A., & Fadhli, M. (2024). PENGARUH MANAJEMEN KESISWAAN TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA DI YAYASAN ZIA SALSABILA. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(02). https://doi.org/10.30868/im.v7i02.6802

Citation Check