PENGARUH MANAJEMEN KESISWAAN TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA DI YAYASAN ZIA SALSABILA
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v7i02.6802Keywords:
Student management, Learning Discipline, Education ManagementAbstract
Kedisplinan merupakan faktor kunci keberhasilan dari lembaga pendidikan. Pnelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh antara Manajemen Kesiswawan Terhadap Disiplin Belajar Siswa. Metode penelitian ini bersifat kuantitatif. Pengumpulan data dengan menyebar angket kepada 32 responden. Penelitian ini melihat dampak dari variabel manajemen kesiswaan terhadap disiplin belajar siswa. Kedisiplinan merupakan variabel dominan dari penelitian ini. Pengolahan data dari penelitian ini di olah dengan menggunakan SmartPLS. Temuan dari penelitian ini bahwa ditemukan besarnya kontribusi dari setiap indikator manajemen kesiswaan terhadap disiplin belajar siswa. Nilai R-squre variabel manajemen kesiswaan sebesar 0,497 yang berarti variabel ini memberikan besar kontribusi 49,7%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen kesiswaan memberikan kontribusi yang besar terhadap disiplin belajar siswa
References
Abidin, Z. (2020). Hubungan Disiplin Belajar dengan Prestasi Belajar. An-Nahdlah, 6(2), 46.
Al Syaifullah, S., Ulfah Nasution, N., & Sofiah Sinaga, N. (2021). Relevansi Manajemen Kesiswaan Guna Menopang Kelembagaan Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(8), 1420–1428. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i8.254
Amalia, N., Zubaidah, S., & Murtiyoko, H. (2021). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Peningkatan Kualitas Hasil Belajar PAI. Aufklarung: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora, 1(2), 121–129.
Ansel, M. F., & Pawe, N. (2021). Pengaruh Bimbingan Belajar Orangtua Terhadap Disiplin Belajar Siswa Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 301–312. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1209
Damanik, dkk. (2023). Konsep Dasar Manajemen Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5, 3696–3702.
Di, B., Lebong, M., & Masa, P. (2022). Strategi Peningkatan Rekrutmen Peserta Didik Baru Di Mtsn Lebong Pada Masa Pandemi Covid-19.
Eddy, C. L., Huang, F. L., Cohen, D. R., Baker, K. M., Edwards, K. D., Herman, K. C., & Reinke, W. M. (2020). Does Teacher Emotional Exhaustion and Efficacy Predict Student Discipline Sanctions? School Psychology Review, 49(3), 239–255. https://doi.org/10.1080/2372966X.2020.1733340
Guarango, P. M. (2022). Implementasi Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di Ma Raudlatul Ulum Guyangan. Skripsi, 8.5.2017, 2003–2005.
Haile G, A. M. and E. A. (2023). Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Mutu Peserta Didik Di SD Insan Mandiri Bandar Lampung. Skripsi, 4(1), 88–100.
Juliandi, A. (2018). Structural Equation Model Partial Least Square (SEM-PLS) Menggunakan SmartPLs. Jangan Belajar, 1(was), 1.
Lia Jannatul Ma’wa. (2023). Manajemen Kesiswaan dalam meningkatkan Mutu Kedisiplinan Siswa Melalui Kegiatan Kepramukaan (Studi Kasus di SMPN 5 Ponorogo). 1–248.
Liu, W., & Liu, Z. (2020). International student management in China: growing pains and system transitions. Higher Education Research and Development, 0(0), 1–14. https://doi.org/10.1080/07294360.2020.1792848
Munib, M., Ismail, I., & Solehoddin, M. (2021). Manajemen Kesiswaan Dalam Mengembangkan Bakat Dan Minat Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 1(1), 17–37.
Nofianti, A. (2019). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 2(2), 120. https://doi.org/10.26740/jdmp.v2n2.p120-129
Patras, Y. E., Sabti, N. B., Windiyani, T., & Hidayat, R. (2021). The Effect of Learning Discipline on Independence Student Learning. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(2), 70–79. https://doi.org/10.33751/pedagonal.v5i2.3937
Surya Nugraheni. (2019). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Disiplin Belajar Siswa. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 30–36.
Syarnubi, S. (2019). Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Religiusitas Siswa Kelas Iv Di Sdn 2 Pengarayan. Tadrib, 5(1), 87–103. https://doi.org/10.19109/tadrib.v5i1.3230
Wibow, P. F. (2019). Manajemen Peserta Didik. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.
Zebua, O., & Tyas, E. H. (2017). Evaluasi Pelaksanaan Program Masa Orientasi Peserta Didik. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 84–97.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).