EKSTRAKURIKULER BINA MENTAL ISLAM (BINTALIS) DALAM MEMBENTUK KARAKTER ISLAMI SISWA DI SMA NEGERI 12 MEDAN

Authors

  • Yulia Citra Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Asnil Aidah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v7i02.7158

Keywords:

Ekstrakurikuler, Bina Mental Islam, Karakter Islami

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan ekstrakurikuler Bintalis dalam membentuk karakter Islami siswa di SMA Negeri 12 Medan. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang subjek penelitiannya adalah Pembina Bintalis, Guru PAI, dan beberapa siswa yang tergabung dalam kegiatan ekstrakurikuler Bintalis di SMA Negeri 12 Medan, yang dimaksudkan untuk memperoleh rumusan yang jelas mengenai sejauh mana upaya-upaya dalam membentuk karakter Islami siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler Bintalis. Prosedur pelaksanaan penelitian ini menerapkan tiga teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kecendrungan siswa yang tergabung dalam kegiatan ekstrakurikuler Bintalis di SMA Negeri 12 Medan memiliki kepribadian dan karakter yang baik serta memiliki nilai keislaman, dengan metode pengajaran yang digunakan tidak hanya berfokus pada pengetahuan agama, tetapi juga pada penerapan nilai-nilai dalam praktek sehari-hari. Ekstrakurikuler Bintalis tidak hanya berfokus pada pengajaran teori-teori agama, tetapi lebih menekankan pada pengembangan kedalaman spiritual dan moral individu. Tujuan utamanya adalah membentuk karakter siswa yang memiliki integritas, tanggung jawab, dan kemampuan untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam.

References

Ajami, N. (2021). Peranan Ekstrakurikuler Al-Mukasyafah Dalam Meningkatkan Minat Menulis Santri Pondok Pesantren Riyadlatul ‘Ulum Batanghari Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2020/2021. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(February), 2021. https://doi.org/10.1080/09638288.2019.1595750%0Ahttps://doi.org/10.1080/17518423.2017.1368728%0Ahttp://dx.doi.org/10.1080/17518423.2017.1368728%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ridd.2020.103766%0Ahttps://doi.org/10.1080/02640414.2019.1689076%0Ahttps://doi.org/

Asnidar. (2022). Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Pendidikan Islam (Sejarah Penddikan Islam Dari Masa Ke Masa). Jurnal Pendidikan Guru, 3(3), 53–64. https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v3i3.381

Bahri, S. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Moral di Sekolah. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 57–76. https://doi.org/https://doi.org/10.21274/taalum.2015.3.1.57-76

Departemen Pendidikan Pengurus Pusat Hidayatullah, Managemen Halaqah Pandu. (2011).

Fairuz, A. W. M. M. (2020). Kamus Al-Munawwir Indonesia-Arab. pustaka progressif 1. https://books.google.co.id/books?id=8F7QPgAACAAJ

Firdaus, Taufiq, M., M Subagus, & M A Jati Purnomo. (2023). Impact of Providing Islamic Spiritual Extracurriculars on Student Character Development. International Journal of Education and Teaching Zone, 2(2), 321–331. https://doi.org/10.57092/ijetz.v2i2.112

Giban, Y., Djoweni, I. S. H., Sugiarsi, E., & Sinaga, H. (2022). Antologi Pendidikan Agama. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=m8RmEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=kebiasaan+belajar+siswa+berprestasi&ots=9I1DM7kf7S&sig=1TiP3o54OUSP51-tD9PpEjyVQ5U

Hasanah, S. M. (2017). Pembinaan Akhlak Siswa Berkebutuhan Khusus Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pai Di Sdlb Islam Yasindo Malang. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 159–188. https://doi.org/10.18860/jpai.v3i2.6470

Helaluddin. (2019). Mengenal Lebih Dekat dengan Pendekatan Fenomenologi: Sebuah Penelitian Kualitatif. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, March, 1–15. https://doi.org/10.31219/osf.io/stgfb

Hermawan, I. (2020). Konsep Nilai Karakter Islami sebagai Pembentuk Peradaban Manusia. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(2), 200–2020. https://doi.org/https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i2.24

HR. Abu Daud. (n.d.).

HR. Tirmidzi. (n.d.).

Ilham, & HT, S. (2022). Konsep Metode Halaqah dalam Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti. 18(2), 210. https://doi.org/https://doi.org/10.52266/kreatif.v18i2.464

Jasman, J. (2018). Pendidikan karakter: implementasi oleh guru, kurikulum, pemerintah dan sumber daya pendidikan. CV Jejak (Jejak Publisher). https://books.google.co.id/books?id=eWNtDwAAQBAJ

KBBI. (2008). Tesaurus Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL.

Kemenag RI. (2019). Al-Quran Dan Terjemah.

Ma’rifataini, L. D. (2017). Best Practice Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Sekolah (Sma/Smk). EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 1(1), 33–47. https://doi.org/10.32729/edukasi.v1i1.52

Mahbubi. (2012). Pendidikan Karakter Implementasi Aswaja.

Mendikbud RI. (2003). 1–42.

Moleong, L. J., & Surjaman, T. (1989). Metodologi penelitian kualitatif. Remadja Karya. https://books.google.co.id/books?id=YXsknQEACAAJ

Muhaimin. (2009). Rekontruksi Pendidikan Islam : Dari Paradigma Pengembangan, Manajemen kelembagaan, Kurikulum hingga Strategi Pembelajaran.

Mursal Aziz, Ashshiddiqi, H., & Mahariah. (2020). Ekstrakurikuler PAI (Pendidikan Agama Islam). In Banjarbaru: Grafika Wangi Kalimantan (Vol. 2, Issue 1705045066).

Noer, H., Ali, .M., Tambak, S., & Rahman, H. (2017). Upaya Ekstrakurikuler Kerohanian Islam (ROHIS) dalam Meningkatkan Sikap Keberagamaan Siswa di SMK Ibnu Taimiyah Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2(1), 21–38. https://doi.org/10.25299/althariqah.2017.vol2(1).645

Pakpahan, P. L., & Habibah, U. (2021). Manajemen Program Pengembangan Kurikulum PAI dan Budi Pekerti dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(1), 1–20. https://doi.org/10.31538/tijie.v2i1.19

Parida, Asep Dudi, & Mulyani, D. (2022). Kegiatan Ekstrakurikuler Rohani Islam (ROHIS) dalam Pembentuan Karakter Religius Siswa di MAN 2 Kota Sukabumi. Bandung Conference Series: Islamic Education, 2(1), 49–56. https://doi.org/10.29313/bcsied.v2i1.2044

Permendikbud. (2018). Permendikbud RI No 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal. Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal, 8–12. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Permendikbud_Tahun2018_Nomor20.pdf

Quraish. (2013). Tafsir Al-Mishbah, Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an Vol.6. Journal of Chemical Information and Modeling, 01(01), 1689–1699.

Quraish, M. (2002). Tafsir Al-Mishbah.

Sani, R. A., & Kadri, M. (2016). Pendidikan Karakter: Mengembangkan Karakter Anak yang Islami. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=Vq_xDwAAQBAJ

Sudirman Anwar, S. P. I. M. P. I. (2015). Management Of Student Development. Indragiri TM. https://books.google.co.id/books?id=rGcVBgAAQBAJ

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.

Sumadi, E. (2016). Keislaman dan Kebangsaan: Modal Dasar Pengembangan Organisasi Dakwah. Tadbir : Jurnal Manajemen Dakwah, 1(1), 167–184. https://doi.org/https://doi.org/journal.iainkudus.ac.id/index.php/tadbir/article/view/2388

Tim Dosen PAI. (2016). Penelitian dalam Pendidikan Agama Islam. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=JsReDwAAQBAJ

Yulianti, E. (2019). Implementasi Ekstrakurikuler Keagamaan Dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di SMP Islam Brawijaya Kota Mojokerto. Ta’dibia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 8(1). https://doi.org/https://doi.org/10.32616/tdb.v8.1.141.1-12

Yuliharti. (2018). Pembentukan Karakter Islam dalam Hadis dan Implikasinya pada Jalur Pendidikan Non Formal. 4(2), 216–228. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v4i2.5918

Yusriyah, A. H., & Retnasari, D. (2023). Mengembangkan Bakat dan Minat Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Prosiding Teknik Tata Boga Busana FT UNY, 18(1), 2–5. https://doi.org/https://doi.org/10.60041/jap.v1i1.7

Zubaedi, M. A. M. P. (2015). Desain Pendidikan Karakter. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=fje2DwAAQBAJ

Published

2024-08-01

How to Cite

Citra, Y., & Aidah, A. (2024). EKSTRAKURIKULER BINA MENTAL ISLAM (BINTALIS) DALAM MEMBENTUK KARAKTER ISLAMI SISWA DI SMA NEGERI 12 MEDAN. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(02). https://doi.org/10.30868/im.v7i02.7158

Citation Check