EKSTRAKURIKULER BINA MENTAL ISLAM (BINTALIS) DALAM MEMBENTUK KARAKTER ISLAMI SISWA DI SMA NEGERI 12 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v7i02.7158Keywords:
Ekstrakurikuler, Bina Mental Islam, Karakter IslamiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan ekstrakurikuler Bintalis dalam membentuk karakter Islami siswa di SMA Negeri 12 Medan. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang subjek penelitiannya adalah Pembina Bintalis, Guru PAI, dan beberapa siswa yang tergabung dalam kegiatan ekstrakurikuler Bintalis di SMA Negeri 12 Medan, yang dimaksudkan untuk memperoleh rumusan yang jelas mengenai sejauh mana upaya-upaya dalam membentuk karakter Islami siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler Bintalis. Prosedur pelaksanaan penelitian ini menerapkan tiga teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kecendrungan siswa yang tergabung dalam kegiatan ekstrakurikuler Bintalis di SMA Negeri 12 Medan memiliki kepribadian dan karakter yang baik serta memiliki nilai keislaman, dengan metode pengajaran yang digunakan tidak hanya berfokus pada pengetahuan agama, tetapi juga pada penerapan nilai-nilai dalam praktek sehari-hari. Ekstrakurikuler Bintalis tidak hanya berfokus pada pengajaran teori-teori agama, tetapi lebih menekankan pada pengembangan kedalaman spiritual dan moral individu. Tujuan utamanya adalah membentuk karakter siswa yang memiliki integritas, tanggung jawab, dan kemampuan untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam.
References
Ajami, N. (2021). Peranan Ekstrakurikuler Al-Mukasyafah Dalam Meningkatkan Minat Menulis Santri Pondok Pesantren Riyadlatul ‘Ulum Batanghari Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2020/2021. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(February), 2021. https://doi.org/10.1080/09638288.2019.1595750%0Ahttps://doi.org/10.1080/17518423.2017.1368728%0Ahttp://dx.doi.org/10.1080/17518423.2017.1368728%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ridd.2020.103766%0Ahttps://doi.org/10.1080/02640414.2019.1689076%0Ahttps://doi.org/
Asnidar. (2022). Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Pendidikan Islam (Sejarah Penddikan Islam Dari Masa Ke Masa). Jurnal Pendidikan Guru, 3(3), 53–64. https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v3i3.381
Bahri, S. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Moral di Sekolah. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 57–76. https://doi.org/https://doi.org/10.21274/taalum.2015.3.1.57-76
Departemen Pendidikan Pengurus Pusat Hidayatullah, Managemen Halaqah Pandu. (2011).
Fairuz, A. W. M. M. (2020). Kamus Al-Munawwir Indonesia-Arab. pustaka progressif 1. https://books.google.co.id/books?id=8F7QPgAACAAJ
Firdaus, Taufiq, M., M Subagus, & M A Jati Purnomo. (2023). Impact of Providing Islamic Spiritual Extracurriculars on Student Character Development. International Journal of Education and Teaching Zone, 2(2), 321–331. https://doi.org/10.57092/ijetz.v2i2.112
Giban, Y., Djoweni, I. S. H., Sugiarsi, E., & Sinaga, H. (2022). Antologi Pendidikan Agama. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=m8RmEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=kebiasaan+belajar+siswa+berprestasi&ots=9I1DM7kf7S&sig=1TiP3o54OUSP51-tD9PpEjyVQ5U
Hasanah, S. M. (2017). Pembinaan Akhlak Siswa Berkebutuhan Khusus Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pai Di Sdlb Islam Yasindo Malang. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 159–188. https://doi.org/10.18860/jpai.v3i2.6470
Helaluddin. (2019). Mengenal Lebih Dekat dengan Pendekatan Fenomenologi: Sebuah Penelitian Kualitatif. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, March, 1–15. https://doi.org/10.31219/osf.io/stgfb
Hermawan, I. (2020). Konsep Nilai Karakter Islami sebagai Pembentuk Peradaban Manusia. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(2), 200–2020. https://doi.org/https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i2.24
HR. Abu Daud. (n.d.).
HR. Tirmidzi. (n.d.).
Ilham, & HT, S. (2022). Konsep Metode Halaqah dalam Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti. 18(2), 210. https://doi.org/https://doi.org/10.52266/kreatif.v18i2.464
Jasman, J. (2018). Pendidikan karakter: implementasi oleh guru, kurikulum, pemerintah dan sumber daya pendidikan. CV Jejak (Jejak Publisher). https://books.google.co.id/books?id=eWNtDwAAQBAJ
KBBI. (2008). Tesaurus Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL.
Kemenag RI. (2019). Al-Quran Dan Terjemah.
Ma’rifataini, L. D. (2017). Best Practice Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Sekolah (Sma/Smk). EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 1(1), 33–47. https://doi.org/10.32729/edukasi.v1i1.52
Mahbubi. (2012). Pendidikan Karakter Implementasi Aswaja.
Mendikbud RI. (2003). 1–42.
Moleong, L. J., & Surjaman, T. (1989). Metodologi penelitian kualitatif. Remadja Karya. https://books.google.co.id/books?id=YXsknQEACAAJ
Muhaimin. (2009). Rekontruksi Pendidikan Islam : Dari Paradigma Pengembangan, Manajemen kelembagaan, Kurikulum hingga Strategi Pembelajaran.
Mursal Aziz, Ashshiddiqi, H., & Mahariah. (2020). Ekstrakurikuler PAI (Pendidikan Agama Islam). In Banjarbaru: Grafika Wangi Kalimantan (Vol. 2, Issue 1705045066).
Noer, H., Ali, .M., Tambak, S., & Rahman, H. (2017). Upaya Ekstrakurikuler Kerohanian Islam (ROHIS) dalam Meningkatkan Sikap Keberagamaan Siswa di SMK Ibnu Taimiyah Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2(1), 21–38. https://doi.org/10.25299/althariqah.2017.vol2(1).645
Pakpahan, P. L., & Habibah, U. (2021). Manajemen Program Pengembangan Kurikulum PAI dan Budi Pekerti dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(1), 1–20. https://doi.org/10.31538/tijie.v2i1.19
Parida, Asep Dudi, & Mulyani, D. (2022). Kegiatan Ekstrakurikuler Rohani Islam (ROHIS) dalam Pembentuan Karakter Religius Siswa di MAN 2 Kota Sukabumi. Bandung Conference Series: Islamic Education, 2(1), 49–56. https://doi.org/10.29313/bcsied.v2i1.2044
Permendikbud. (2018). Permendikbud RI No 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal. Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal, 8–12. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Permendikbud_Tahun2018_Nomor20.pdf
Quraish. (2013). Tafsir Al-Mishbah, Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an Vol.6. Journal of Chemical Information and Modeling, 01(01), 1689–1699.
Quraish, M. (2002). Tafsir Al-Mishbah.
Sani, R. A., & Kadri, M. (2016). Pendidikan Karakter: Mengembangkan Karakter Anak yang Islami. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=Vq_xDwAAQBAJ
Sudirman Anwar, S. P. I. M. P. I. (2015). Management Of Student Development. Indragiri TM. https://books.google.co.id/books?id=rGcVBgAAQBAJ
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.
Sumadi, E. (2016). Keislaman dan Kebangsaan: Modal Dasar Pengembangan Organisasi Dakwah. Tadbir : Jurnal Manajemen Dakwah, 1(1), 167–184. https://doi.org/https://doi.org/journal.iainkudus.ac.id/index.php/tadbir/article/view/2388
Tim Dosen PAI. (2016). Penelitian dalam Pendidikan Agama Islam. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=JsReDwAAQBAJ
Yulianti, E. (2019). Implementasi Ekstrakurikuler Keagamaan Dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di SMP Islam Brawijaya Kota Mojokerto. Ta’dibia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 8(1). https://doi.org/https://doi.org/10.32616/tdb.v8.1.141.1-12
Yuliharti. (2018). Pembentukan Karakter Islam dalam Hadis dan Implikasinya pada Jalur Pendidikan Non Formal. 4(2), 216–228. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v4i2.5918
Yusriyah, A. H., & Retnasari, D. (2023). Mengembangkan Bakat dan Minat Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Prosiding Teknik Tata Boga Busana FT UNY, 18(1), 2–5. https://doi.org/https://doi.org/10.60041/jap.v1i1.7
Zubaedi, M. A. M. P. (2015). Desain Pendidikan Karakter. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=fje2DwAAQBAJ
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).