DESAIN PEMBELAJARAN MODEL DICK & CAREY DALAM PEMBELAJARAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS TEKNOLOGI

Authors

  • Muhammad Munir Universitas Islam Jakarta, Indonesia
  • Abdul Hakim Universitas Islam Jakarta, Indonesia
  • Susi Herawati Universitas Islam Jakarta, Indonesia
  • Nahayati Nahayati Universitas Islam Jakarta, Indonesia
  • Marhamah Marhamah Universitas Islam Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v7i02.7174

Keywords:

Desain Pembelajaran, manajemen Pendidikan Islam, Teknologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain pembelajaran manajemen pendidikan Islam berbasis teknologi dengan menggunakan model Dick & Carey. Model ini dipilih karena pendekatannya yang sistematis dan terstruktur dalam merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi program pembelajaran. Penelitian ini mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran. Tahapan yang dilalui dalam desain ini meliputi analisis kebutuhan, identifikasi tujuan pembelajaran, pengembangan strategi pembelajaran, pemilihan media dan teknologi yang sesuai, serta evaluasi berkelanjutan untuk memastikan kualitas dan ketercapaian tujuan pembelajaran. Metode penelitian ini menggunkana penelitian kualitatif deskriptif untuk mengetahui sejauh mana model tersebut efektif dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Dick & Carey dalam pembelajaran manajemen pendidikan Islam berbasis teknologi mampu meningkatkan partisipasi, motivasi, dan hasil belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya pengembangan kompetensi guru dalam penggunaan teknologi dan penerapan model pembelajaran yang efektif untuk mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan.

References

Ardianti, Ni Made Yunia. 2012. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Team Assisted Individualization Untuk Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Dengan Pokok Bahasan Desain Grafis Pada Siswa Kelas XII.” Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) 1 (3). https://doi.org/10.23887/janapati.v1i3.9853.

Dila Rukmi Octaviana, Moh Sutomo, and Mashudi. 2022. “MODEL PEMBELAJARAN DICK AND CAREY SERTA IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN PAI.” Jurnal Tawadhu 6 (2). https://doi.org/10.52802/twd.v6i2.344.

Galang Isnawan, Muhamad, and Arief Budi Wicaksono. 2018. “Model Desain Pembelajaran Matematika Mathematics Learning Design Model.” Indonesian Journal of Mathematics Education 1 (1).

Harahap, Mely Novasari. 2021. “Analisis Data Penelitian Kualitatif Model Miles Dan Huberman.” Manhaj 18 (1).

Hayati, Miratul. 2021. “Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Berbasis Nilai-Nilai Keislaman Untuk TK/RA.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6 (1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.938.

Indarta, Yose, Ambiyar Ambiyar, Fahmi Rizal, Fadhli Ranuharja, Agariadne Dwinggo Samala, and Ika Parma Dewi. 2022. “Studi Literatur : Peranan Model-Model Pembelajaran Inovatif Bidang Pendidikan Teknologi Kejuruan.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 4 (4). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.2721.

Kamil, Ghufron. 2021. “PENERAPAN MODEL DESAIN INSTRAKSIONAL DICK AND CAREY DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR.” Perspektif 1 (1). https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i1.24.

Lexy J. Moleong, Dr. M.A. 2019. “Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi).” PT. Remaja Rosda Karya. https://doi.org/10.1016/j.carbpol.2013.02.055.

Lubis, Tia Aulia, and Umsu. 2023. “Teknik Analisis Data: Pengertian, Jenis Dan Cara Memilihnya.” Upt.

Muqoyyidin, Andik Wahyun, and Puspa Mia Widiyaningsih. 2021. “Rekonstruksi Pendidikan Islam Bervisi Inklusif-Multikultural Sebagai Paradigma Transformasi Epistemologis Pendidikan Nasional.” Jurnal Pendidikan Islam 5 (1).

Nelly, Nelly, R Situmorang, and T Iriani. 2022. “Pengembangan Media Berbasis Web Pada Program E-Mentoring Kompetensi Pedagogik Guru.” Jurnal Basicedu 6 (6). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3996.

Nugraha, Mulyawan Safwandy, Siti Hanna Qodriani, and Ujang Dedih. 2024. “Implementation Of The Dick And Carey Model In Improving Islamic Religious Education Learning At Assalam Middle School Bandung (Qur’anic Inspiration Material In Preserving Nature).” AL-WIJDÃN Journal of Islamic Education Studies 9 (1). https://doi.org/10.58788/alwijdn.v9i1.3550.

Purnasari, Pebria Dheni, and Yosua Damas Sadewo. 2020. “Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kompetesnsi Pedagogik.” Publikasi Pendidikan 10 (3). https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.15275.

Putrawangsa, S. 2018. Desain Pembelajaran-Design Research Sebagai Pendekatan Deain Pembelajaran. Cv. Reka Karya Amerta.

Rahmat, Siti Syuhada, and Khairul Farhah Khairuddin. 2023. “Strategi Daya Tindak Pelajar Berkeperluan Khas Spesifik Disleksia Terhadap Tekanan Emosi.” Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH) 8 (7). https://doi.org/10.47405/mjssh.v8i7.2227.

Ramadhan, Farqiyatur, Susriyati Mahanal, and Siti Zubaidah. 2017. “Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Melalui Model Pembelajaran Biologi REMAP STAD.” Jurnal Pendidikan 02 (5).

Rohmat, Imam Nur, Muhammad Nur Karim Setyawan, and Izatul Aini Salsabila. 2023. “Teknik Evaluasi Pembelajaran PAI.” Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies) 4 (1). https://doi.org/10.53515/tdjpai.v4i1.102.

Setyawan, Martinus Didik, and Lukman El Hakim. 2023. “Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Dick And Carey Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar.” Jurnal Pendidikan Indonesia 4 (7). https://doi.org/10.59141/japendi.v4i7.2036.

Yuliana, Yuliana. 2019. “INOVASI PEMBELAJARAN MELALUI TEKNOLOGI INFORMASI: PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MELALUI INTERNET.” Jurnal Isema : Islamic Educational Management 4 (1). https://doi.org/10.15575/isema.v4i1.5179.

Published

2024-08-30

How to Cite

Munir, M., Hakim, A., Herawati, S., Nahayati, N., & Marhamah, M. (2024). DESAIN PEMBELAJARAN MODEL DICK & CAREY DALAM PEMBELAJARAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS TEKNOLOGI. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(02). https://doi.org/10.30868/im.v7i02.7174

Citation Check