KEPALA SEKOLAH SEBAGAI AGEN MEDIASI DALAM REFORMASI PENDIDIKAN DI MAN 3 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v7i02.7220Keywords:
School principals, education reform, intermediary agentsAbstract
Kepala sekolah sebagai agen mediasi berperan menjadi untuk memediasi antara tuntutan kebijakan reformasi terhadap sikap dan kebutuhan guru. Reformasi pendidikan dapat dicirikan oleh dua ciri yang berbeda: terencana dan sistemik. Dalam hal ini Kas Sepala sekolah menggunakan strategi antara mendapatkan dukungan guru terhadap reformasi atau menyesuaikan reformasi terhadap sikap dan kebutuhannya Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Berdasarkan temuan analisis sumber data, dapat disimpulkan bahwa strategi mediasi dapat diterapkan baik secara internal maupun eksternal di lembaga pendidikan. Proses mediasi terdiri dari dua tahap yang berbeda: mediasi sektoral dan mediasi lintas sektoral. Temuan dari analisis data mengungkapkan bahwa (1) kebijakan kepala sekolah mengenai reformasi Pendidikan, (2) peran kepala sekolah sebagai agen mediasi kurikulum reformasi pendidikan, (3) tantangan kepala sekolah dalam memediasi kurikulum dengan menyesuaikan sikap dan kebutuhan guru.
References
Amiruddin Siahaan, dkk. 2021. Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Etika Keadilan dan Toleransi di SMK. Jurnal Pendidikan Al-Ishlah. Vol.13 (3).
Dananjaya, U. 2012. Reformasi Pendidikan. KOMPAS.
Helmer, BC, C. Holt, dan R. Thompson. 2015. Komunikasi Kepala Sekolah: Membentuk Kampus Moral dan Pembelajaran Siswa. Jurnal Forum Nasional Administrasi & Pengawasan Pendidikan 32 (2): 17–28
Kompas. 2016. Daya Imajinasi Siswa Lemah. Jakarta: Kompas
Poerwadarminta, W. J. S. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Ketiga). Balai Pustaka
Porter, AC, J. Murphy, E. Goldring, SN Elliott, MS Polikoff, dan H. May. 2008. Penilaian Vanderbilt Kepemimpinan dalam Pendidikan: Pedoman Teknis 1.0. Nashville, TN: Universitas Vanderbilt.
Surakhmad, W. 2009. Pendidikan Nasional Strategi dan Tragedi. Jakarta: Kompas.
Spillane, J., and A. W. Kenney. 2012. “School Administration in a Changing Education Sector: The U.S. Experience.” Journal of Educational Administration 50 (5): 541–561.
Zainuddin, M. 2008. Reformasi Pendidikan; Kritik Kurikulum dan Manajemen Berbasis Sekolah (Pertama). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Apa Kata Nadiem Tentang Reformasi Pendidikan - Website LLDIKTI Wilayah V (kemdikbud.go.id)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).