KEPALA SEKOLAH SEBAGAI AGEN MEDIASI DALAM REFORMASI PENDIDIKAN DI MAN 3 MEDAN

Authors

  • Adinda Suci Yandhani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Amiruddin Siahaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Inom Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v7i02.7220

Keywords:

School principals, education reform, intermediary agents

Abstract

Kepala sekolah sebagai agen mediasi berperan menjadi untuk memediasi antara tuntutan kebijakan reformasi terhadap sikap dan kebutuhan guru. Reformasi pendidikan dapat dicirikan oleh dua ciri yang berbeda: terencana dan sistemik. Dalam hal ini Kas Sepala sekolah menggunakan strategi antara mendapatkan dukungan guru terhadap reformasi atau menyesuaikan reformasi terhadap sikap dan kebutuhannya Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Berdasarkan temuan analisis sumber data, dapat disimpulkan bahwa strategi mediasi dapat diterapkan baik secara internal maupun eksternal di lembaga pendidikan. Proses mediasi terdiri dari dua tahap yang berbeda: mediasi sektoral dan mediasi lintas sektoral. Temuan dari analisis data mengungkapkan bahwa (1) kebijakan kepala sekolah mengenai reformasi Pendidikan, (2) peran kepala sekolah sebagai agen mediasi kurikulum reformasi pendidikan, (3) tantangan kepala sekolah dalam memediasi kurikulum dengan menyesuaikan sikap dan kebutuhan guru.

References

Amiruddin Siahaan, dkk. 2021. Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Etika Keadilan dan Toleransi di SMK. Jurnal Pendidikan Al-Ishlah. Vol.13 (3).

Dananjaya, U. 2012. Reformasi Pendidikan. KOMPAS.

Helmer, BC, C. Holt, dan R. Thompson. 2015. Komunikasi Kepala Sekolah: Membentuk Kampus Moral dan Pembelajaran Siswa. Jurnal Forum Nasional Administrasi & Pengawasan Pendidikan 32 (2): 17–28

Kompas. 2016. Daya Imajinasi Siswa Lemah. Jakarta: Kompas

Poerwadarminta, W. J. S. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Ketiga). Balai Pustaka

Porter, AC, J. Murphy, E. Goldring, SN Elliott, MS Polikoff, dan H. May. 2008. Penilaian Vanderbilt Kepemimpinan dalam Pendidikan: Pedoman Teknis 1.0. Nashville, TN: Universitas Vanderbilt.

Surakhmad, W. 2009. Pendidikan Nasional Strategi dan Tragedi. Jakarta: Kompas.

Spillane, J., and A. W. Kenney. 2012. “School Administration in a Changing Education Sector: The U.S. Experience.” Journal of Educational Administration 50 (5): 541–561.

Zainuddin, M. 2008. Reformasi Pendidikan; Kritik Kurikulum dan Manajemen Berbasis Sekolah (Pertama). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Apa Kata Nadiem Tentang Reformasi Pendidikan - Website LLDIKTI Wilayah V (kemdikbud.go.id)

Published

2024-07-29

How to Cite

Yandhani, A. S., Siahaan, A., & Nasution, I. (2024). KEPALA SEKOLAH SEBAGAI AGEN MEDIASI DALAM REFORMASI PENDIDIKAN DI MAN 3 MEDAN. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(02). https://doi.org/10.30868/im.v7i02.7220

Citation Check