ANALISIS MANAJEMEN MEDIA SOSIAL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER GENERASI Z: EFEK TIKTOK TERHADAP NUANSA ISLAM DI KALANGAN REMAJA

Authors

  • Thufail Afif Abdullah Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Hafidz Hafidz Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v7i001.7559

Keywords:

Nuansa, Islam, Generasi Z, Tiktok, Siswa

Abstract

Media sosial merupakan salah satu kebutuhan masyarakat yang sangat penting dan di era reformasi ini, anak-anak tidak mau ketinggalan dalam mengakses media sosial. Salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan di kalangan anak-anak adalah TikTok yang berhasil menarik perhatian dan minat mereka dengan membuat video pendek. Penelitian ini menggunakan metode survei, dalam penelitian ini peneliti mengumpulkan informasi melalui wawancara. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas Z SMA Muhammadiyyah PK Kartasura pengguna Tik Tok yang dipilih sebagai proyek penelitian penting. Sumber data penelitian ini antara lain masyarakat, jurnal, literatur ilmiah dan sumber data pendukung lain yang relevan. Narasumber yang dipilih dalam penelitian ini adalah siswa SMA Muhammadiyyah PK Kartasura. Informasi pendukung penelitian ini mengacu pada populasi penelitian. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode wawancara. Meningkatkan kesadaran masyarakat memerlukan suatu metode, salah satunya adalah model. Guru memberikan contoh yang baik dengan bertindak dan berbicara positif kepada seluruh warga sekolah.

References

Agustyn, I., & Suprayitno. (2022). Dampak Media Sosial (TIK-TOK) Terhadap Karakter Sopan Santun DAMPAK MEDIA SOSIAL (TIK-TOK) TERHADAP KARAKTER SOPAN SANTUN SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR Izza Nabilah Agustyn. Jpgsd, 10(Nomor 4), 735–745.

Albahroyni, A., Sazali, H., & Khatibah, K. (2023). Pengaruh Penyampaian Konten Dakwah Di Tiktok Terhadap Efektifitas Dakwah Salamtv. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 8(2), 345–362. https://doi.org/10.47200/jnajpm.v8i2.1713

Apriliyanti Muzayanati, Sutrisno, & Naila Husna Ramadhana. (2022). Pengaruh Konten Tiktok Terhadap Degradasi Akhlak Anak Madrasah Ibtidaiyah Di Masa Pandemi. Jurnal Ibrriez, 7(1), 1–12.

Azhara, S., Fatkhul Hidayat, M., Paradiba, N. P., Anggraini, D. A., Syarifa, H., Adelia, A., Arya, B., Soeharto, Z., Oktiani, M., Nafsya, T., & Permata, P. (2023). Pengaruh Konten TikTok Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mixue pada Mahasiswa Universitas Djuanda. Karimah Tauhid, 2(1), 238–248. https://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/view/7730

Batin, M. H., Riski, O. S., Asmy, S., & ... (2023). Pengaruh Motif Penggunaan Media Tiktok Terhadap Citra Diri Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Journal of Business …, 4(3), 215–224. https://doi.org/10.47065/jbe.v4i3.3513

Damayanti, T., & Gemiharto, I. (2019). Kajian Dampak Negatif Aplikasi Berbagi Video Bagi Anak-Anak Di Bawah Umur Di Indonesia. Communication, 10(1), 1. https://doi.org/10.36080/comm.v10i1.809

Hakim, A. F., Rachma, N., & Normaladewi, A. (2019). Pengaruh Gratis Ongkos Kirim, Diskon Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen TikTok Shop (Studi Pada Mahasiswa FEB Angkatan 2019 Universitas Islam Malang). E – Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unisma, 12(02), 221–232.

Hendarsyah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Bengkalis Jl Poros Sungai Alam -Selat Baru, D., & Alam, S. (n.d.). PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK DAN UANG VIRTUAL SEBAGAI PENGGANTI UANG TUNAI DI INDONESIA. http://www.bank-indo.com/pengertian-uang-elektronik-dan-macam-bank-penyedianya/.

Maharani, M., & Ampuni, S. (2020). Perilaku anti sosial remaja laki-laki ditinjau dari identitas moral dan moral disengagement. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 54–66. https://doi.org/10.23917/indigenous.v5i1.8706

Pardianti, M. S., & S, V. V. (2022). Pengelolaan Konten Tiktok Sebagai Media Informasi. Ikon --Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 27(2), 187–210. https://doi.org/10.37817/ikon.v27i2.1905

Rahmana, P. N., Putri N, D. A., & Damariswara, R. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Edukasi Di Era Generasi Z. Akademika, 11(02), 401–410. https://doi.org/10.34005/akademika.v11i02.1959

Rahmatillah, F., & Saefuloh, D. (2022). Analisis Pengaruh Konten Pemasaran Tiktok terhadap Niat beli: Studi Kasus pada Produk UMKM Makanan. Prosiding The 13th Industrial Research Workshop and National Seminar, 1099–1104.

Taher, A., Bimbingan, J., Konseling, D., Tarbiyah, F., Institut, K., Islam, A., Raden, N., & Lampung, I. (2014). PENDIDIKAN MORAL DAN KARAKTER: SEBUAH PANDUAN. In ANALISIS: Jurnal Studi Keislaman (Vol. 14, Issue 2).

Published

2024-11-30

How to Cite

Abdullah, T. A., & Hafidz, H. (2024). ANALISIS MANAJEMEN MEDIA SOSIAL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER GENERASI Z: EFEK TIKTOK TERHADAP NUANSA ISLAM DI KALANGAN REMAJA. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(001), 85–94. https://doi.org/10.30868/im.v7i001.7559

Citation Check