ANALISIS MANAJEMEN MEDIA SOSIAL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER GENERASI Z: EFEK TIKTOK TERHADAP NUANSA ISLAM DI KALANGAN REMAJA
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v7i001.7559Keywords:
Nuansa, Islam, Generasi Z, Tiktok, SiswaAbstract
Media sosial merupakan salah satu kebutuhan masyarakat yang sangat penting dan di era reformasi ini, anak-anak tidak mau ketinggalan dalam mengakses media sosial. Salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan di kalangan anak-anak adalah TikTok yang berhasil menarik perhatian dan minat mereka dengan membuat video pendek. Penelitian ini menggunakan metode survei, dalam penelitian ini peneliti mengumpulkan informasi melalui wawancara. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas Z SMA Muhammadiyyah PK Kartasura pengguna Tik Tok yang dipilih sebagai proyek penelitian penting. Sumber data penelitian ini antara lain masyarakat, jurnal, literatur ilmiah dan sumber data pendukung lain yang relevan. Narasumber yang dipilih dalam penelitian ini adalah siswa SMA Muhammadiyyah PK Kartasura. Informasi pendukung penelitian ini mengacu pada populasi penelitian. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode wawancara. Meningkatkan kesadaran masyarakat memerlukan suatu metode, salah satunya adalah model. Guru memberikan contoh yang baik dengan bertindak dan berbicara positif kepada seluruh warga sekolah.
References
Agustyn, I., & Suprayitno. (2022). Dampak Media Sosial (TIK-TOK) Terhadap Karakter Sopan Santun DAMPAK MEDIA SOSIAL (TIK-TOK) TERHADAP KARAKTER SOPAN SANTUN SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR Izza Nabilah Agustyn. Jpgsd, 10(Nomor 4), 735–745.
Albahroyni, A., Sazali, H., & Khatibah, K. (2023). Pengaruh Penyampaian Konten Dakwah Di Tiktok Terhadap Efektifitas Dakwah Salamtv. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 8(2), 345–362. https://doi.org/10.47200/jnajpm.v8i2.1713
Apriliyanti Muzayanati, Sutrisno, & Naila Husna Ramadhana. (2022). Pengaruh Konten Tiktok Terhadap Degradasi Akhlak Anak Madrasah Ibtidaiyah Di Masa Pandemi. Jurnal Ibrriez, 7(1), 1–12.
Azhara, S., Fatkhul Hidayat, M., Paradiba, N. P., Anggraini, D. A., Syarifa, H., Adelia, A., Arya, B., Soeharto, Z., Oktiani, M., Nafsya, T., & Permata, P. (2023). Pengaruh Konten TikTok Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mixue pada Mahasiswa Universitas Djuanda. Karimah Tauhid, 2(1), 238–248. https://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/view/7730
Batin, M. H., Riski, O. S., Asmy, S., & ... (2023). Pengaruh Motif Penggunaan Media Tiktok Terhadap Citra Diri Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Journal of Business …, 4(3), 215–224. https://doi.org/10.47065/jbe.v4i3.3513
Damayanti, T., & Gemiharto, I. (2019). Kajian Dampak Negatif Aplikasi Berbagi Video Bagi Anak-Anak Di Bawah Umur Di Indonesia. Communication, 10(1), 1. https://doi.org/10.36080/comm.v10i1.809
Hakim, A. F., Rachma, N., & Normaladewi, A. (2019). Pengaruh Gratis Ongkos Kirim, Diskon Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen TikTok Shop (Studi Pada Mahasiswa FEB Angkatan 2019 Universitas Islam Malang). E – Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unisma, 12(02), 221–232.
Hendarsyah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Bengkalis Jl Poros Sungai Alam -Selat Baru, D., & Alam, S. (n.d.). PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK DAN UANG VIRTUAL SEBAGAI PENGGANTI UANG TUNAI DI INDONESIA. http://www.bank-indo.com/pengertian-uang-elektronik-dan-macam-bank-penyedianya/.
Maharani, M., & Ampuni, S. (2020). Perilaku anti sosial remaja laki-laki ditinjau dari identitas moral dan moral disengagement. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 54–66. https://doi.org/10.23917/indigenous.v5i1.8706
Pardianti, M. S., & S, V. V. (2022). Pengelolaan Konten Tiktok Sebagai Media Informasi. Ikon --Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 27(2), 187–210. https://doi.org/10.37817/ikon.v27i2.1905
Rahmana, P. N., Putri N, D. A., & Damariswara, R. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Edukasi Di Era Generasi Z. Akademika, 11(02), 401–410. https://doi.org/10.34005/akademika.v11i02.1959
Rahmatillah, F., & Saefuloh, D. (2022). Analisis Pengaruh Konten Pemasaran Tiktok terhadap Niat beli: Studi Kasus pada Produk UMKM Makanan. Prosiding The 13th Industrial Research Workshop and National Seminar, 1099–1104.
Taher, A., Bimbingan, J., Konseling, D., Tarbiyah, F., Institut, K., Islam, A., Raden, N., & Lampung, I. (2014). PENDIDIKAN MORAL DAN KARAKTER: SEBUAH PANDUAN. In ANALISIS: Jurnal Studi Keislaman (Vol. 14, Issue 2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Thufail Afif Abdullah, Hafidz Hafidz

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).