SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: Penerapan sistem pemberian Reward dan Punishment Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v7i001.7613Keywords:
Systematic Literature Review, Reward dan Punishment, Kinerja GuruAbstract
Reward dan Punishment merupakan sebuah tindakan atau perilaku yang bertujuan untuk meningkatkan sebuah kualitas pekerjaan, seperti penghargaan berupa hadiah atau hukuman berupa sanksi, namun hal tersebut belum semua diterapkan oleh setiap kepala madrasah dalam upaya meningkatkan kinerja guru. Maka dari itu, tindakan memberikan reward dan punishment oleh kapala sekolah kepada guru sangat diperlukan untuk memberikan amplifikasi terhadap kinerja setiap guru. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana penerapan reward dan punishment kepala sekolah terhadap kinerja guru melalui analisis literatur secara komprehensif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan systematic literature review berdasarkan dari basis data melalui publish or perish Google scholar pada rentang tahun 2019-2024, dengan kata kunci : reward dan punishment kepala sekolah, kinerja guru. Penulis mengidentifikasi 10 Jurnal relevan yang mengeksplorasi penerapan reward dan punishment kepala madrasah. Kesimpulannya adalah, bahwa banyak macam model dan strategi pemberian reward dan punishment efektif dalam meningkatkan terhadap kinerja guru. Pemberian reward dan Punishment yang tepat dan teratur menjadi salah satu faktor terpenting yang dapat mempengaruhi kinerja guru di Madrasah.
References
Al-Asyqar, M. S. (n.d.). Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir (juz 2).
Anak Agung Ayu Dwijayanthi. (2022). Systematic Literature Review: Pengembangan Pembelajaran Berbasis ICT (Information Communication Technology) Sebagai Upaya Realisasi Kemerdekaan Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 270–281. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.606
Andayani, V. A. (2023). Penerapan Reward dan Punishment untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Tematik Kelas IV di MI Thoriqul Huda Kota Batu.
Anwar, A. S. (2020). Pengembangan Sikap Profesionalisme Guru Melalui Kinerja Guru Pada Satuan Pendidikan Mts Negeri 1 Serang. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 147–173. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i1.79
Arisman, A., Sihotang, H., & Sinaga, D. (2021). Analisis Pemberian Reward dan Punishment untuk Meningkatkan Kinerja Guru dalam Melaksanakan Tugas Tambahan sebagai Wali Kelas di SMK Kristen Tagari Rantepao. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1 SE-Articles of Research), 1248–1256.
Astuti, S. P., & Setiawan, E. (2023). Pengantar dan Analisis Desain Eksperimen Menggunakan MINITAB (L. Mayasari (ed.); ed. 1). Penerbit Andi.
Azizah, luthvi A., & Tiadilona, W. (2023). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. JMMP : Jurnal Manajemen Mutu Pendidikan, 2(1), 75–84. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.81
Daheri, M., Pattiasina, P. J., Saputra, N., Nurdiansyah, N. M., & Uzlifah, L. (2023). Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Profesionalisme Guru. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(4), 388–397. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i4.304
Deni Pandu Putra Kusuma, & Ahmad Nasrulloh. (2022). Perencanaan Manajemen Sumber Daya Manusia di Sekolah. Al-Fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 142–157. https://doi.org/10.54396/alfahim.v4i2.286
Dr. Marjes. Tumurang, S. P. S. K. M. M. K. (2024). Metodologi Penelitian. Media Pustaka Indo.
Dr. Rusmilawati Windari, S. H. M. H., Tolib Effendi, S. H. M. H., & Pustaka, S. M. (2022). Kebijakan Formulasi Larangan Hukuman Fisik (Corporal Punishment) Pada Anak Dalam Lingkup Pengasuhan Dan Pendidikan. SCOPINDO MEDIA PUSTAKA.
Elitasari, H. T. (2022). Kontribusi Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(6), 9508–9516. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4120
Enas, E. (2020). Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Journal of Management Review, 2(3), 252. https://doi.org/10.25157/jmr.v2i3.1803
Faozan, A. (2022). Peningkatan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam melalui Supervisi Akademik, Diklat dan Partsipasi dalam Kelompok Kerja Guru. Penerbit A-Empat.
Fauziyah, F., & Renaldi, R. (2021). Analisis Sistem Reward dan Punishment Terhadap Kinerja Pegawai. Co-Value : Jurnal Ekonomi, Koperasi, Dan Kewirausahaan, 12(3), 106–113. https://doi.org/10.36418/covalue.v12i3.1236
Forbeshu, C., & Edalmen, E. (2023). Pengaruh Reward, Punishment dan Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan PT. Air Emas. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 5(1), 231–240. https://doi.org/10.24912/jmk.v5i1.22671
Geeraets, V. (2019). Two mistakes about the concept of punishment. Criminal Justice Ethics, 37(1), 21–35.
Hakimi. (2020). Strategi, Kepemimpinan dan Motivasi Kerja: Teori dan Aplikasi. Guepedia.
Halimah, S., Roniansyah, P., Muttaqin, M. Z., & Asy’ari, H. (n.d.). Analisis Peningkatan Kinerja Guru Melalui Reward di Sekolah Dasar Islam Raudhah BSD. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 6(2), 50–55.
Hartanto, S., & Purwanto, S. (2020). Supervisi dan penilaian kinerja guru.
Herayati, H. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menetapkan Reward Dan Punishment Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah SMPIT Islam. Akrab Juara: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 6(4), 233–241.
Humaid, S. bin A. bin. (n.d.). Tafsir Al-Mukhtashor. Markaz Tafsir Lid Diraasatil Qur’aniyyah.
Hutagaol, A. L., Wardah, S. R. R., & Neliwati, N. (2022). Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Reward dan Punishment di Madrasah. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1281–1288. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2159
Ihya, S., & Fauzi, A. (2024). Penerapan Prinsip-Prinsip Manajemen Pendidikan Berbasis Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru. Al-Fahim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 29–54.
Kanz, H. H. N., & Mubarok, M. G. A. (2024). Implikasi Reward dan Punishment (Al-Tsawab Wa Al-Iqab) dalam Pendidikan Islam. Al-Authar (Jurnal Pendidikan Dan Hukum Islam), 3(1), 21–38.
KR, M. Y. A. R. A., Hartanto, H., Fatoni, M. A., Hermiyetti, H., & Kartika, R. A. S. (2023). Improving Teacher Performance By Implementing Reward and Punishment Effective and Measurable Program. Journal on Education, 6(1), 1058–1063. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3040
Laumakiling, S. dg. (2022). Upaya Meningkatkan Disiplin Guru SMKN Bukapiting Dalam Kehadiran Mengajar Dikelas Melalui Penerapan Reward And Punishment Tahun Pelajaran 2022/2023. Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(2 SE-Artikel), 29–37. https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.484
Leavy, P. (2022). Research Design: Quantitative, Qualitative, Mixed Methods, Arts-Based, and Community-Based Participatory Research Approaches. Guilford Publications.
Lismayana, Syamsul, H., & Nurhikmah. (2024). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Efektivitas Administrasi Dan Supervisi Pendidikan Di Sekolah. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(5 SE-Articles), 252–257. https://doi.org/10.62504/jimr468
Manik, J., & Siahaan, M. (2021a). Pengaruh Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Dan Pemberian Reward Terhadap Kinerja Guru: Peran Motivasi Guru Sebagai Variabel Mediasi. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 145–163. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v9i2.2267
Manik, J., & Siahaan, M. (2021b). The Effect Of Principal Managerial Skills And Rewards On Teacher Performance: The Role Of Teacher Motivation As A Mediation Variable. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2 SE-Articles), 145–163. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v9i2.2267
Maulida, S. A., Sihotang, A. A., & Kahairani, L. (2023). Hakikat Reward Dalam Perspektif Nilai-Nilai Pendidikan Islam. TARBAWI: Journal on Islamic Education, 1(2), 114–128.
Muhammad Daud. (2024). Implementasi Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah Smp Negeri 9 Padang Sumatera Barat. UNISAN JURNAL, 3(6 SE-Articles), 199–208.
Mukhadasin, M., & Kuswandi, A. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru: Kasus di SDIT Cahaya Sunnah Cileungsi Bogor. Sukma: Jurnal Pendidikan, 4(1), 73–88. https://doi.org/10.32533/04105.2020
Muspawi, M. (2021). Strategi Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 101. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i1.1265
Nurfitriani, M. M. (2022). Manajemen Kinerja Karyawan. Cendekia Publisher.
Nurghani, M. A., & Ilhami, S. D. (2023). Analisis Faktor Pendorong Peningkatan Kinerja Guru SMK Muhammadiyah Lasem. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1 SE-Research Articles), 126–133. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.773
R, R., Alang, S., & Rahman, U. (2021). Pelaksanaan Pemberian Reward Dan Punishment Dalam Pembelajar. Inspiratif Pendidikan, 10(2 SE-), 104–123. https://doi.org/10.24252/ip.v10i2.26464
Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian (A. A. Efendy (ed.); Pertama). Cipta Media Nusantara.
Ratu, N. A. F., & Wahyuni, D. U. (2024). Pengaruh Reward, Punishment, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Cv Ohana Official. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 13(8).
Ritonga, M. A., & Prasetyo, M. A. M. (2019). Peningkatan Kinerja Guru Pesantren Melalui Sistem Reward dan Punishment. Idarah: Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan, 3(1 SE-Articles), 37–51. https://doi.org/10.47766/idarah.v3i1.495
Ritonga, M. A., & Prasetyo, M. A. M. (2020). Peningkatan Kinerja Guru Pesantren Melalui Sistem Reward dan Punishment. Idarah : Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan, 3(1), 37–51. https://doi.org/10.47766/idarah.v3i1.611
Ruslina, R. (2023). Penerapan Reward Dan Punishment Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Di Sdn 1 Selat Dalam Tahun Pelajaran 2020/2021. Anterior Jurnal, 22(3), 71–79.
Saad, A. (2017). Hubungan Antara Pemberian Reward Dengan Kinerja Guru Di SD Hikmatul Fadhillah Medan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 91–98.
Sabri, S., & Kamaruddin, K. (2023). Analisis Kinerja guru berdasarkan aspek Kompensasi, Punishment dan Budaya Kerja di SDIT Assalam Islamic School Juenieb Kabupaten Bireuen. Peusangan (Almuslim Journal of Education Management), 1(2), 61–69.
Safitri, B., & Asmanita. (2022). Pengaruh Reward dan Punishment terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara pada Balai Bahasa Sumatera Selatan. SEIKO: Journal of Management & Business, 4(3), 141–149. https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i3.2412
Sarah, D. M., Vika, A. I. V., Hasibuan, N., Sipahutar, M. S., & Simamora, F. E. M. (2022). Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(01), 210–219.
Sd, K., & Pomahan, N. (2022). SICEDU : Science and Education Journal Meningkatkan Kinerja Guru Dalam Mengajar Melalui Reward Dan Punishment Di SDN III Pomahan. 1(2), 2022.
Sihombing, S. R. (2024). Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Tahfidzh Melalui Punishment di SD IT Deli Serdang. 2(1), 1–6.
Simanjorang, G., Berliani, T., & Nugroho, Pi. J. (2020). Pembinaan Etos Kerja Guru Di Smas Golden Christian School Palangka Raya. Equity In Education Journal, 2(1), 29–38. https://doi.org/10.37304/eej.v2i1.1683
Sinaga, E. D. (2021). Efektivitas Pemberian Reward Organisasi dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Perguruan Tamansiswa Kota Pematangsiantar. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 5(2), 285–292. https://doi.org/10.30743/mkd.v5i2.4367
Siregar, B., & Siregar, S. (2022). Manajemen Reward Dan Punishment Dalam Pendidikan Islam Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Anak Studi Literatur Hadist Shahih. Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 11(1 SE-Articles). https://doi.org/10.46781/kreatifitas.v11i1.521
Solehudin, S., Qosim, N., & Fillah, M. M. (2024). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Sd Al Barokah Mojolegi Gading Probolinggo. Edumanajerial: Journal of Educational Management, 2(2), 100–107.
Sopwandin, I., & Pribadi, L. A. (2023). Sistem Kesejahteraan Sumber Daya Manusia di Sekolah Menengah Pertama Negeri 31 Bandung. Jurnal Tata Kelola Pendidikan, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.17509/jtkp.v5i1.61443
Srisiska, Ahyani, N., & Missriani. (2021). Effect of discipline and job motivation on the teachers performance of the State Junior High Sschool of Kecamatan Prabumulih Utara. Multiplier Effect, 5(1), 1456–1465.
Sugianingrat, I. A. P., Sarmawa, & Wardana. (2024). Teori Dan Studi Empiris Manajemen Sumber Daya Manusia. CV. Intelektual Manifes Media.
Susanto, H. (2020). Profesi Keguruan. Penerbit Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP ULM.
Syahron Al Rosyid, dkk. (2022). MPOT: Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit NEM.
Wijaya, C., Ramadhani, M. L., & Jatmiko, E. (2020). Persepsi Guru Tentang Reward and Punishment Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Di Man Ii Model Medan. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 121–137.
Wijaya, L. F. (2021). Sistem Reward Dan Punishment Sebagai Pemicu Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan. Journal MISSY (Management and Business Strategy), 2(2), 25–28. https://doi.org/10.24929/missy.v2i2.1681
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Syahidul Ihya, Rijal Firdaos, Machdum Bachtiar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).