SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: Penerapan sistem pemberian Reward dan Punishment Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru

Authors

  • Syahidul Ihya Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten banten, Indonesia
  • Rijal Firdaos Universitas Islam Negeri SMH Banten, Indonesia
  • Machdum Bachtiar Universitas Islam Negeri SMH Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v7i001.7613

Keywords:

Systematic Literature Review, Reward dan Punishment, Kinerja Guru

Abstract

Reward dan Punishment merupakan sebuah tindakan atau perilaku yang bertujuan untuk meningkatkan sebuah kualitas pekerjaan, seperti penghargaan berupa hadiah atau hukuman berupa sanksi, namun hal tersebut belum semua diterapkan oleh setiap kepala madrasah dalam upaya meningkatkan kinerja guru. Maka dari itu, tindakan memberikan reward dan punishment oleh kapala sekolah kepada guru sangat diperlukan untuk memberikan amplifikasi terhadap kinerja setiap guru. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana penerapan reward dan punishment kepala sekolah terhadap kinerja guru melalui analisis literatur secara komprehensif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan systematic literature review berdasarkan dari basis data melalui publish or perish Google scholar pada rentang tahun 2019-2024, dengan kata kunci : reward dan punishment kepala sekolah, kinerja guru. Penulis mengidentifikasi 10 Jurnal relevan yang mengeksplorasi penerapan reward dan punishment kepala madrasah. Kesimpulannya adalah, bahwa banyak macam model dan strategi pemberian reward dan punishment efektif dalam meningkatkan terhadap kinerja guru. Pemberian reward dan Punishment yang tepat dan teratur menjadi salah satu faktor terpenting yang dapat mempengaruhi kinerja guru di Madrasah.

References

Al-Asyqar, M. S. (n.d.). Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir (juz 2).

Anak Agung Ayu Dwijayanthi. (2022). Systematic Literature Review: Pengembangan Pembelajaran Berbasis ICT (Information Communication Technology) Sebagai Upaya Realisasi Kemerdekaan Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 270–281. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.606

Andayani, V. A. (2023). Penerapan Reward dan Punishment untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Tematik Kelas IV di MI Thoriqul Huda Kota Batu.

Anwar, A. S. (2020). Pengembangan Sikap Profesionalisme Guru Melalui Kinerja Guru Pada Satuan Pendidikan Mts Negeri 1 Serang. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 147–173. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i1.79

Arisman, A., Sihotang, H., & Sinaga, D. (2021). Analisis Pemberian Reward dan Punishment untuk Meningkatkan Kinerja Guru dalam Melaksanakan Tugas Tambahan sebagai Wali Kelas di SMK Kristen Tagari Rantepao. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1 SE-Articles of Research), 1248–1256.

Astuti, S. P., & Setiawan, E. (2023). Pengantar dan Analisis Desain Eksperimen Menggunakan MINITAB (L. Mayasari (ed.); ed. 1). Penerbit Andi.

Azizah, luthvi A., & Tiadilona, W. (2023). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. JMMP : Jurnal Manajemen Mutu Pendidikan, 2(1), 75–84. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.81

Daheri, M., Pattiasina, P. J., Saputra, N., Nurdiansyah, N. M., & Uzlifah, L. (2023). Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Profesionalisme Guru. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(4), 388–397. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i4.304

Deni Pandu Putra Kusuma, & Ahmad Nasrulloh. (2022). Perencanaan Manajemen Sumber Daya Manusia di Sekolah. Al-Fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 142–157. https://doi.org/10.54396/alfahim.v4i2.286

Dr. Marjes. Tumurang, S. P. S. K. M. M. K. (2024). Metodologi Penelitian. Media Pustaka Indo.

Dr. Rusmilawati Windari, S. H. M. H., Tolib Effendi, S. H. M. H., & Pustaka, S. M. (2022). Kebijakan Formulasi Larangan Hukuman Fisik (Corporal Punishment) Pada Anak Dalam Lingkup Pengasuhan Dan Pendidikan. SCOPINDO MEDIA PUSTAKA.

Elitasari, H. T. (2022). Kontribusi Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(6), 9508–9516. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4120

Enas, E. (2020). Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Journal of Management Review, 2(3), 252. https://doi.org/10.25157/jmr.v2i3.1803

Faozan, A. (2022). Peningkatan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam melalui Supervisi Akademik, Diklat dan Partsipasi dalam Kelompok Kerja Guru. Penerbit A-Empat.

Fauziyah, F., & Renaldi, R. (2021). Analisis Sistem Reward dan Punishment Terhadap Kinerja Pegawai. Co-Value : Jurnal Ekonomi, Koperasi, Dan Kewirausahaan, 12(3), 106–113. https://doi.org/10.36418/covalue.v12i3.1236

Forbeshu, C., & Edalmen, E. (2023). Pengaruh Reward, Punishment dan Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan PT. Air Emas. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 5(1), 231–240. https://doi.org/10.24912/jmk.v5i1.22671

Geeraets, V. (2019). Two mistakes about the concept of punishment. Criminal Justice Ethics, 37(1), 21–35.

Hakimi. (2020). Strategi, Kepemimpinan dan Motivasi Kerja: Teori dan Aplikasi. Guepedia.

Halimah, S., Roniansyah, P., Muttaqin, M. Z., & Asy’ari, H. (n.d.). Analisis Peningkatan Kinerja Guru Melalui Reward di Sekolah Dasar Islam Raudhah BSD. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 6(2), 50–55.

Hartanto, S., & Purwanto, S. (2020). Supervisi dan penilaian kinerja guru.

Herayati, H. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menetapkan Reward Dan Punishment Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah SMPIT Islam. Akrab Juara: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 6(4), 233–241.

Humaid, S. bin A. bin. (n.d.). Tafsir Al-Mukhtashor. Markaz Tafsir Lid Diraasatil Qur’aniyyah.

Hutagaol, A. L., Wardah, S. R. R., & Neliwati, N. (2022). Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Reward dan Punishment di Madrasah. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1281–1288. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2159

Ihya, S., & Fauzi, A. (2024). Penerapan Prinsip-Prinsip Manajemen Pendidikan Berbasis Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru. Al-Fahim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 29–54.

Kanz, H. H. N., & Mubarok, M. G. A. (2024). Implikasi Reward dan Punishment (Al-Tsawab Wa Al-Iqab) dalam Pendidikan Islam. Al-Authar (Jurnal Pendidikan Dan Hukum Islam), 3(1), 21–38.

KR, M. Y. A. R. A., Hartanto, H., Fatoni, M. A., Hermiyetti, H., & Kartika, R. A. S. (2023). Improving Teacher Performance By Implementing Reward and Punishment Effective and Measurable Program. Journal on Education, 6(1), 1058–1063. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3040

Laumakiling, S. dg. (2022). Upaya Meningkatkan Disiplin Guru SMKN Bukapiting Dalam Kehadiran Mengajar Dikelas Melalui Penerapan Reward And Punishment Tahun Pelajaran 2022/2023. Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(2 SE-Artikel), 29–37. https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.484

Leavy, P. (2022). Research Design: Quantitative, Qualitative, Mixed Methods, Arts-Based, and Community-Based Participatory Research Approaches. Guilford Publications.

Lismayana, Syamsul, H., & Nurhikmah. (2024). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Efektivitas Administrasi Dan Supervisi Pendidikan Di Sekolah. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(5 SE-Articles), 252–257. https://doi.org/10.62504/jimr468

Manik, J., & Siahaan, M. (2021a). Pengaruh Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Dan Pemberian Reward Terhadap Kinerja Guru: Peran Motivasi Guru Sebagai Variabel Mediasi. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 145–163. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v9i2.2267

Manik, J., & Siahaan, M. (2021b). The Effect Of Principal Managerial Skills And Rewards On Teacher Performance: The Role Of Teacher Motivation As A Mediation Variable. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2 SE-Articles), 145–163. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v9i2.2267

Maulida, S. A., Sihotang, A. A., & Kahairani, L. (2023). Hakikat Reward Dalam Perspektif Nilai-Nilai Pendidikan Islam. TARBAWI: Journal on Islamic Education, 1(2), 114–128.

Muhammad Daud. (2024). Implementasi Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah Smp Negeri 9 Padang Sumatera Barat. UNISAN JURNAL, 3(6 SE-Articles), 199–208.

Mukhadasin, M., & Kuswandi, A. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru: Kasus di SDIT Cahaya Sunnah Cileungsi Bogor. Sukma: Jurnal Pendidikan, 4(1), 73–88. https://doi.org/10.32533/04105.2020

Muspawi, M. (2021). Strategi Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 101. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i1.1265

Nurfitriani, M. M. (2022). Manajemen Kinerja Karyawan. Cendekia Publisher.

Nurghani, M. A., & Ilhami, S. D. (2023). Analisis Faktor Pendorong Peningkatan Kinerja Guru SMK Muhammadiyah Lasem. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1 SE-Research Articles), 126–133. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.773

R, R., Alang, S., & Rahman, U. (2021). Pelaksanaan Pemberian Reward Dan Punishment Dalam Pembelajar. Inspiratif Pendidikan, 10(2 SE-), 104–123. https://doi.org/10.24252/ip.v10i2.26464

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian (A. A. Efendy (ed.); Pertama). Cipta Media Nusantara.

Ratu, N. A. F., & Wahyuni, D. U. (2024). Pengaruh Reward, Punishment, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Cv Ohana Official. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 13(8).

Ritonga, M. A., & Prasetyo, M. A. M. (2019). Peningkatan Kinerja Guru Pesantren Melalui Sistem Reward dan Punishment. Idarah: Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan, 3(1 SE-Articles), 37–51. https://doi.org/10.47766/idarah.v3i1.495

Ritonga, M. A., & Prasetyo, M. A. M. (2020). Peningkatan Kinerja Guru Pesantren Melalui Sistem Reward dan Punishment. Idarah : Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan, 3(1), 37–51. https://doi.org/10.47766/idarah.v3i1.611

Ruslina, R. (2023). Penerapan Reward Dan Punishment Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Di Sdn 1 Selat Dalam Tahun Pelajaran 2020/2021. Anterior Jurnal, 22(3), 71–79.

Saad, A. (2017). Hubungan Antara Pemberian Reward Dengan Kinerja Guru Di SD Hikmatul Fadhillah Medan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 91–98.

Sabri, S., & Kamaruddin, K. (2023). Analisis Kinerja guru berdasarkan aspek Kompensasi, Punishment dan Budaya Kerja di SDIT Assalam Islamic School Juenieb Kabupaten Bireuen. Peusangan (Almuslim Journal of Education Management), 1(2), 61–69.

Safitri, B., & Asmanita. (2022). Pengaruh Reward dan Punishment terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara pada Balai Bahasa Sumatera Selatan. SEIKO: Journal of Management & Business, 4(3), 141–149. https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i3.2412

Sarah, D. M., Vika, A. I. V., Hasibuan, N., Sipahutar, M. S., & Simamora, F. E. M. (2022). Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(01), 210–219.

Sd, K., & Pomahan, N. (2022). SICEDU : Science and Education Journal Meningkatkan Kinerja Guru Dalam Mengajar Melalui Reward Dan Punishment Di SDN III Pomahan. 1(2), 2022.

Sihombing, S. R. (2024). Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Tahfidzh Melalui Punishment di SD IT Deli Serdang. 2(1), 1–6.

Simanjorang, G., Berliani, T., & Nugroho, Pi. J. (2020). Pembinaan Etos Kerja Guru Di Smas Golden Christian School Palangka Raya. Equity In Education Journal, 2(1), 29–38. https://doi.org/10.37304/eej.v2i1.1683

Sinaga, E. D. (2021). Efektivitas Pemberian Reward Organisasi dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Perguruan Tamansiswa Kota Pematangsiantar. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 5(2), 285–292. https://doi.org/10.30743/mkd.v5i2.4367

Siregar, B., & Siregar, S. (2022). Manajemen Reward Dan Punishment Dalam Pendidikan Islam Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Anak Studi Literatur Hadist Shahih. Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 11(1 SE-Articles). https://doi.org/10.46781/kreatifitas.v11i1.521

Solehudin, S., Qosim, N., & Fillah, M. M. (2024). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Sd Al Barokah Mojolegi Gading Probolinggo. Edumanajerial: Journal of Educational Management, 2(2), 100–107.

Sopwandin, I., & Pribadi, L. A. (2023). Sistem Kesejahteraan Sumber Daya Manusia di Sekolah Menengah Pertama Negeri 31 Bandung. Jurnal Tata Kelola Pendidikan, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.17509/jtkp.v5i1.61443

Srisiska, Ahyani, N., & Missriani. (2021). Effect of discipline and job motivation on the teachers performance of the State Junior High Sschool of Kecamatan Prabumulih Utara. Multiplier Effect, 5(1), 1456–1465.

Sugianingrat, I. A. P., Sarmawa, & Wardana. (2024). Teori Dan Studi Empiris Manajemen Sumber Daya Manusia. CV. Intelektual Manifes Media.

Susanto, H. (2020). Profesi Keguruan. Penerbit Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP ULM.

Syahron Al Rosyid, dkk. (2022). MPOT: Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit NEM.

Wijaya, C., Ramadhani, M. L., & Jatmiko, E. (2020). Persepsi Guru Tentang Reward and Punishment Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Di Man Ii Model Medan. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 121–137.

Wijaya, L. F. (2021). Sistem Reward Dan Punishment Sebagai Pemicu Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan. Journal MISSY (Management and Business Strategy), 2(2), 25–28. https://doi.org/10.24929/missy.v2i2.1681

Published

2024-11-30

How to Cite

Ihya, S., Firdaos, R., & Bachtiar, M. (2024). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: Penerapan sistem pemberian Reward dan Punishment Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(001), 145–164. https://doi.org/10.30868/im.v7i001.7613

Citation Check