PENGELOLAAN EKSTRAKURIKULER PASKIBRA DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN SISWA MADRASAH ALIYAH PEMBANGUNAN UIN JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v8i02.7626Keywords:
Management, Extracurricular, DisciplineAbstract
Penelitian tentang pengelolaan ekstrakurikuler paskibra di Madrasah Aliyah Pembangunan UIN Jakarta penting dilakukan mengingat peran penting pendidikan karakter, khususnya kedisiplinan, dalam pembentukan pribadi siswa yang unggul. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pengelolaan ekstrakurikuler paskibra dapat membantu siswa Madrasah Aliyah Pembangunan UIN Jakarta menjadi lebih disipliner. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan tinjauan dokumen. Data dianalisis menggunakan teknik pengurangan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta memastikan keabsahan data melalui triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan ekstrakurikuler paskibra telah dilakukan dengan baik melalui tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi. Dengan demikian, pengelolaan ekstrakurikuler paskibra di Madrasah Aliyah Pembangunan UIN Jakarta terbukti efektif dalam membina kedisiplinan siswa, khususnya dalam hal disiplin waktu dan disiplin belajar, yang merupakan komponen penting dalam pengembangan karakter siswa di era pendidikan saat ini.
References
Anwar, Sudirman. 2015. Management of Student Develoment Perspektif Al-Qur’an Dan As-Sunnah. 1st ed. Riau: Yayasan Indragiri.
Budi, Cahyo. 2018. Manajemen Pembelajaran. 1st ed. Semarang: Unner Press.
Darna, I Wayan. 2023. Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Siapa. Bali: Nilacakra.
Hidayati, Nurul. 2017. “Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Menumbuhkan Kedisiplinan Siswa Di SMA Negeri 5 Tangerang.” UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Imron, Ali. 2016. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. 4th ed. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Jalil, Jasman. 2018. Pendidikan Karakter: Implementasi Oleh Guru, Kurikulum, Pemerintah Dan Sumber Daya Manusia. 1st ed. Sukabumi: CV Jejak.
Julyani, Popi Haryanti. 2015. “Peranan Kegiatan Ekstrakurikuler Pasukan Pengibar Bendera Dalam Menumbuhkan Sikap Nasionalisme Siswa.” Universitas Pasundan Bandung. 2015. “Peranan Kegiatan Ekstrakurikuler Pasukan Pengibar Bendera Dalam Menumbuhkan Sikap Nasionalisme Siswa.” Universitas Pasundan Bandung.
KEMENDIKBUD. 2018. “Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2018 Tentang Pedoman Upacara Bendera Di Sekolah,” 4–6.
Khilmiyah, Akif. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. 1st ed. Yogyakarta: Samudra Biru.
Machali, Imam, and Ara Hidayat. 2019. The Hadbook Of Education Manajemen, Teori Dan Praktek Pengelolaan Sekolah Madrasah Di Indonesia. Jakarta: Prenamedia.
Mamonto, Samuel, Darto Wahidin, Itsna Noor Laila, I Putu Dicky Merta Pratama, Achmad Tavip Junaedi, M Sahrawi Saimima, Nur Wyafi’ah Khotim, et al. 2023. Disiplin Dalam Pendidikan. Malang: PT. Literasi Nusantara Abadi Group.
Manshur, Ahmad. 2019. “Strategi Pengembangan Kedisiplinan Siswa.” Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam Volume 4 Nomor I, Edisi Januari – Juni 2019 STRATEGI 4 (1): 16–28.
Maryani, Siti, Maryuni, Nina Sri, Herlina Simanjuntak, Rahmi Fitria, Lyliana Endang Setianingsih, Hajar Nur Fathur Rohmah, and Yuni Suliatiawati. 2023. Perilaku Dan Softskill Kesehatan. 1st ed. Padang: PT Global Eksekutif Teknologi.
Mentari, Eca Gesang, and Mutia Rahayu. 2020. Manajemen Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hijaz Pustaka Mandiri.
Musbikin, Imam. 2021. Pendidikan Karakter Disiplin. Bandung: Nusa Media.
Pebriyanti, Nevi. 2022. “Identifikasi Penyebab Siswa Tidak Disiplin Dalam Menaati Tata Tertib Sekolah Di SMA Negeri 10 Kota Jambi.” https://repository.unja.ac.id/43775/6/SKRIPSI_NEVI PEBRIYANI.pdf.
Prihatin, Eka. 2011. Manajemen Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.
Puspitasari. 2023. Managemen Ekstrakurikuler Pramuka. Semarang: Cahya Ghani Recovery.
Rahayu, Mutiya. 2020. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Hizas Pustaka Mandiri.
Sobri, Muhammad. 2020. Kontrubusi Kemandirian Dan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar. Bogor: Guepedia.
Sugiarto, Ahmad Pujo, Tri Suyati, and Padmi Dhyah Yulianti. 2019. “Faktor Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Kelas X Smk Larenda Brebes.” Mimbar Ilmu 24 (2): 232. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21279.
Suhardi, Muhamad. 2022. Buku Ajar Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. 1st ed. Lombok: Pusat Pengembangan dan Penelitian Indonesia.
Suharyat, Yayat. 2022. Model Pengembangan Karya Ilmiah Bidang Pendidikan Islam. 1st ed. Klaten: Lakeisha.
Sulistyo, Dian Bayu, Yosaphat Haris Nusarastriya, and Nani Mediatati. 2018. “Implementasi Program Kerja Ekstrakurikuler Paskibra Dalam Mengembangkan Sikap Kepemimpinan Siswa Kelas XI SMK Tahun Pembelajaran 2017-2018.” Jurnal Pendidikan Indonesia 4 (2): 134. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:150043509.
Supardi, Supardi, and Sri Puji Rahayu. 2015. “Eksistensi Kegiatan Ekstra Kurikuler Paskibra Dalam Membina Kedisiplinan Belajar Siswa Di Sman 7 Mataram.” Jurnal Jurusan Pendidikan IPS Ekonomi 6 (1): 33–34. https://doi.org/10.20414/society.v6i1.1463.
Sutirna. 2013. Perkembangan Dan Pertumbuhan Peserta Didik. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Tania, Aditya Lupi. 2021. Usaha Pemberian Layanan Yang Optimal Guru BK Pada Masa Pandemi Covid -19. 1st ed. Yogyakarta: UAD Press.
Tarigan, Ernita. 2018. “Meningkatkan Kedisiplinana Siswa Dalam Proses Belajar Mengajar Melalui Layanan Konseling Kelompok Pada Siswa Kelas VII-3 SMP Negeri 1 Gebang Tahun 2017-2018.” Jurnal Tabularasa PPS UNIMED 15 (3): 272–82. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/tabularasa.
TNI RI. 2014. “Peraturan Panglima Tentara Nasional Indonesia No.46 Tahun 2014 Tentang Peraturan Baris-Berbaris,” 2.
Zulkarnain, Wildan. 2018. Manajemen Layanan Khusus Di Sekolah. 1st ed. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Mu'arif Mu'arif, Muhamad Syukur, Amal Ma’rup Nasution, Salsabila Azahra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).