PENERAPAN METODE PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU

Authors

  • Irnie Victorynie Universitas Islam 45 Bekasi, Indonesia
  • Siti Maesaroh Universitas Islam 45 Bekasi, Indonesia
  • Hilaliyah Sayuthi Universitas Islam 45 Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v8i01.7766

Keywords:

kompetensi guru, Metode, pengembangan sumber daya manusia

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penerapan metode pengembangan sumber daya manusia dalam meningkatkan kompetensi guru. Lokasi penelitian pada salah satu sekolah di Kabupaten Bekasi yang sudah menerapkan metode pengembangan SDM melalui sistem magang, rotasi kerja, dan studi banding. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan SDM di sekolah bertujuan meningkatkan kompetensi guru untuk mengembangkan tanggung jawab yang lebih tinggi di masa yang akan datang. Pelaksanaan pengembangan SDM harus mempunyai tujuan dan sasaran yang tepat, menggunakan metode yang sesuai dengan kebutuhan sekolah, terstruktur dan terencana. Strategi dan metode magang, rotasi kerja, dan studi banding mampu meningkatkan kemampuan, pengetahuan, keterampilan, dan sikap guru.  Guru mendapat kesempatan untuk mengembangkan dan meningkatkan kompetensi yang relevan dengan pekerjaannya.

References

Andayani, Tsalis Baiti Nur, T.B., & Hirawati, H. (2021). Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan SDM terhadap Kinerja Karyawan PT Pos Indonesia Cabang Kota Magelang. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 3(2): 11. DOI: https://doi.org/10.31599/jmu.v3i2.982.

Creswell, J.W. (2000). Research Design., United Kingdom: SAGE Publications.

Dessler, G. (2017). Manajemen Personalia. Penerjemah: Dharma, A. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Gustiana, Riska, Hidayat, T., & Fauzi, A. (2022). Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Suatu Kajian Literatur Review Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia ). Jemsi, 3 (6), 657–66.

Hasibuan, M. S. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Hatta, H., dkk. (2023). Model-model pelatihan dan pengembangan SDM. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Kamiranti, Husnurrofiq, & Santi, A. (2023). Analisis Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Peningkatan Kinerja Dealer Surya Prima Trisakti Banjarmasin. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Tahun 2023 (SENASEKON 2023) Kontribusi Manajemen Sumber Daya Manusia (Msdm) Dalam Menyokong Pembangunan Berkelanjutan Era Revolusi Industri 4.0 Universitas Islam Kalimantan.

Kasmir. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia(Teori dan Praktik). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mubarak, B., Arif, Sanisah, S., & Anhar. (2024). Upaya Pengembangan Sumber Daya Manusia Guru SMP IT Nurul Khalifah Bima Berbasis Kompetensi Profesional. IJI Publication. 4(3), 76-82.

Muhaimin, E.F. (2017). Pengembangan Sumber Daya manusia Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kroya Cilacap. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto.

Mujahidin, E. & Salamun, A. (2022). Peran Metode On Job Training untuk Meningkatkan Kompetensi Amil. Jurnal Pendidikan Islam Ta’dibuna. 11(2), 208.

Mulyasa, E. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Rosda Karya.

Nugroho, Y.A.B. (2019). Pelatihan dan Pengembangan SDM: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Penerbit Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Peraturan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 2626/B/Hk.04.01/2023 tentang Model Kompetensi Guru.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2018 tentang Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru

Reynaldi, M., Pangemanan, S., & Sumampouw, I. (2018). Pengembangan Sumber Daya Aparatur Sipil Negara dalam Meningkatkan Kinerja di Kecamatan Kota Ternate Selatan. Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi, 1(1).

Riofita, H., Effendi, D.R., Herlita,D., Ermanita, Pratama, R. (2023). Pelatihan dan Pengembangan SDM. Neraca Manajemen, Ekonomi. 2(12). DOI: 10.8734/mnmae.v1i2.359.

Robert, M., Jackson, L. & John, H. Human Resource Management, Manajemen Sumber Daya Manusia. terj. Diana Angelica, Jakarta: Salemba Empat, 2004.

Siregar(2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Manajemen Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) dalam Upaya Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).” Jurnal Dinamika Pendidikan 11 (2), 153. DOI: https://doi.org/10.33541/jdp.v11i2.812.

Suparyadi. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia, Menciptakan Keunggulan Bersaing Berbasis Kompetensi SDM. Yogyakarta: Andi.

Suryani, I.R. & Hidayatulloh. (2023). Systematic Literature Review (SLR): Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. PERISAI: Jurnal Pendidikan dan Riset Ilmu Sains, 2(3), 363-370. DOI: https://doi.org/10.32672/perisai.v2i3.154

Sutiawan, Sony, & Fauzan, A. (2021). Pengembangan Sumber Daya Manusia di Sekolah Alam Lampung. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam 11(1): 39–49. DOI: http://103.88.229.8/index.php/idaroh/article/view/8806

Siagian, S. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia., Jakarta: Bumi Aksara.

Sukmadinata, N.S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Usman, M.U. (2010). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosda Karya.

Wulandari & Asri, N.K.A (2024) Pengaruh Pelatihan Kerja, Lingkungan Kerja dan Pemberdayaan SDM terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Masterdata Bali Denpasar. Other Thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Published

2025-02-03

How to Cite

Victorynie, I., Maesaroh, S., & Sayuthi, H. (2025). PENERAPAN METODE PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(01), 283–296. https://doi.org/10.30868/im.v8i01.7766

Citation Check