ANALISIS STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH UNGGUL DI SMP AL-AZHAR SYIFA BUDI SOLO
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v8i01.7781Keywords:
Sekolah Unggul, Strategi, Kepala SekolahAbstract
Strategi seorang kepala sekolah menjadi hal yang sangat krusial dalam setiap tahap pengembangan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi kepala sekolah dalam mewujudkan sekolah unggul dan solusi yang dilakukan dalam menghadapi tantangan-tantangan yang dapat menghambat pengembangan sekolah di SMP Al-Azhar Syifa Budi Solo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan studi dokumen. Untuk meningkatkan kredibilitas temuan, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun analisis data dilakukan dengan mengikuti model dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah SMP Al-Azhar Syifa Budi Solo memiliki strategi khusus untuk mewujudkan sekolah yang dipimpinnya menjadi sekolah unggul. Strategi yang dilakukan diantaranya adalah merumuskan visi yang jelas dan sesuai dengan kebutuhan siswa, berkomunikasi aktif, memberdayakan sumber daya, menetapkan program unggulan, meningkatkan mutu pembelajaran, dan mengidentifikasi peluang. Dalam implementasinya, kepala sekolah juga harus memiliki strategi dalam menghasilkan solusi untuk menghadapi segala tantangan internal maupun eksternal yang menghambat upaya pengembangan sekolah.
References
Ali, M dan Istanto. (2018). Manajemen Sekolah Islam. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Bakhruddin, M. (2021). Peran Kepala Sekolah dalam Memberdayakan Tenaga Pendidik. EL-Islam: Jurnal Education, Learning, and Islamic, 3(2), 1–32.
Hasanah, N., & Mustofa, T. A. (2024). Inovasi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Sekolah Unggul di SMP Al-Qolam Gemolong. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 2951–2962.
Huda, M. (2020). Perkembangan Pendidikan Islam di Indonesia dan Upaya Penguatannya dalam Sistem Pendidikan Nasional. Journal of Islamic Education Research, 1(02), 39–53. https://doi.org/10.35719/jier.v1i02.24
Iqbal, O. M. (2021). KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM UPAYA PENGEMBANGAN SEKOLAH / MADRASAH. 10(3), 119–129.
Irawati, M. (2024, 6 Juni & 18 November). Wawancara pribadi. [Wawancara tatap muka selama kurang lebih 1 jam 30 menit di ruang kerja kepala sekolah SMP Al-Azhar Syifa Budi Solo].
Istanto, I., & Pertiwi, P. (2022). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP Muhammadiyah Darul Arqom Karanganyar. Proceeding Annual Conference on …, 2(April), 517–528.
Komara, E., Mulyanto, A., Miladiah, S. S., Sugandi, N., & A. Suganda, A. S. (2023). Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan di SMK Bina Warga Bandung. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3), 1552–1558. https://doi.org/10.58258/jime.v9i3.5194
Komarudin, T. S., & Shofiyyah, N. A. (2023). Model Pengembangan Sekolah Unggul. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 3814–3824.
Nanus, Burt. (1992). Visionary Leadership: Creating a Compelling Sense of Direction for Your Organization.
Nurul Hidayat, F., & Rugaiyah. (2023). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 1–15. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i1.2142
Rodhiyana, M., Nurul Izzatun Nabillah, Nurul Janah, & Nur Bayyiti Hanifah. (2024). Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Islamic Education Studies, 2(2), 122–130. https://doi.org/10.58569/jies.v2i2.792
Satriawan, W., Santika, I. D., & Naim, A. (2021). Guru Penggerak dan Transformasi Sekolah dalam Kerangka Inkuiri Apresiatif. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam Volume, 11(1), 1–12.
Suryani, I. (2021). Implementasi kebijakan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 6(1), 65–82. http://online-journal.unja.ac.id/index.php/gentala
Susanti, S., Fakhrul Uman, A., Aida fitriyah Ridwan, S., & Maf’ulah, S. (2023). Manajemen Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Impresi Indonesia, 2(6), 574–581. https://doi.org/10.58344/jii.v2i6.2916
Tanjung, R., Supriani, Y., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29. https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1481
Taqiyya, W., & Ali Mustofa, T. (2023). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membentuk Sekolah Berkualitas Di Mts Negeri 1 Surakarta. Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam, 4(2), 47–60. https://doi.org/10.51672/jbpi.v4i2.201
Tinggi, S., Islam, A., Purworejo, A.-N., & Subhan, A. Z. (2020). Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Adi Wibowo. Indonesian Journal of Islamic Education Management, 3(2), 108–116.
Waston, W., & Taryanto, T. (2019). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Muhammadiyah Jumapolo Karanganyar. Profetika: Jurnal Studi Islam, 61–70. https://doi.org/10.23917/profetika.v0i0.8949
Wicaksana, F. A., & Inayati, N. L. (2023). Inovasi kepala sekolah dalam mengembangkan sekolah berkemajuan di SMK Negeri 2 Surakarta. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 5(001), 147–155. https://doi.org/10.51468/jpi.v5i001.263
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Ghany Lailatul Jannah, Nurul Latifatul Inayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).