ANALISIS STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH UNGGUL DI SMP AL-AZHAR SYIFA BUDI SOLO

Authors

  • Ghany Lailatul Jannah Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Nurul Latifatul Inayati Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v8i01.7781

Keywords:

Sekolah Unggul, Strategi, Kepala Sekolah

Abstract

Strategi seorang kepala sekolah menjadi hal yang sangat krusial dalam setiap tahap pengembangan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi kepala sekolah dalam mewujudkan sekolah unggul dan solusi yang dilakukan dalam menghadapi tantangan-tantangan yang dapat menghambat pengembangan sekolah di SMP Al-Azhar Syifa Budi Solo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan studi dokumen. Untuk meningkatkan kredibilitas temuan, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun analisis data dilakukan dengan mengikuti model dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah SMP Al-Azhar Syifa Budi Solo memiliki strategi khusus untuk mewujudkan sekolah yang dipimpinnya menjadi sekolah unggul. Strategi yang dilakukan diantaranya adalah merumuskan visi yang jelas dan sesuai dengan kebutuhan siswa, berkomunikasi aktif, memberdayakan sumber daya, menetapkan program unggulan, meningkatkan mutu pembelajaran, dan mengidentifikasi peluang. Dalam implementasinya, kepala sekolah juga harus memiliki strategi dalam menghasilkan solusi untuk menghadapi segala tantangan internal maupun eksternal yang menghambat upaya pengembangan sekolah.

References

Ali, M dan Istanto. (2018). Manajemen Sekolah Islam. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Bakhruddin, M. (2021). Peran Kepala Sekolah dalam Memberdayakan Tenaga Pendidik. EL-Islam: Jurnal Education, Learning, and Islamic, 3(2), 1–32.

Hasanah, N., & Mustofa, T. A. (2024). Inovasi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Sekolah Unggul di SMP Al-Qolam Gemolong. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 2951–2962.

Huda, M. (2020). Perkembangan Pendidikan Islam di Indonesia dan Upaya Penguatannya dalam Sistem Pendidikan Nasional. Journal of Islamic Education Research, 1(02), 39–53. https://doi.org/10.35719/jier.v1i02.24

Iqbal, O. M. (2021). KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM UPAYA PENGEMBANGAN SEKOLAH / MADRASAH. 10(3), 119–129.

Irawati, M. (2024, 6 Juni & 18 November). Wawancara pribadi. [Wawancara tatap muka selama kurang lebih 1 jam 30 menit di ruang kerja kepala sekolah SMP Al-Azhar Syifa Budi Solo].

Istanto, I., & Pertiwi, P. (2022). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP Muhammadiyah Darul Arqom Karanganyar. Proceeding Annual Conference on …, 2(April), 517–528.

Komara, E., Mulyanto, A., Miladiah, S. S., Sugandi, N., & A. Suganda, A. S. (2023). Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan di SMK Bina Warga Bandung. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3), 1552–1558. https://doi.org/10.58258/jime.v9i3.5194

Komarudin, T. S., & Shofiyyah, N. A. (2023). Model Pengembangan Sekolah Unggul. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 3814–3824.

Nanus, Burt. (1992). Visionary Leadership: Creating a Compelling Sense of Direction for Your Organization.

Nurul Hidayat, F., & Rugaiyah. (2023). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 1–15. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i1.2142

Rodhiyana, M., Nurul Izzatun Nabillah, Nurul Janah, & Nur Bayyiti Hanifah. (2024). Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Islamic Education Studies, 2(2), 122–130. https://doi.org/10.58569/jies.v2i2.792

Satriawan, W., Santika, I. D., & Naim, A. (2021). Guru Penggerak dan Transformasi Sekolah dalam Kerangka Inkuiri Apresiatif. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam Volume, 11(1), 1–12.

Suryani, I. (2021). Implementasi kebijakan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 6(1), 65–82. http://online-journal.unja.ac.id/index.php/gentala

Susanti, S., Fakhrul Uman, A., Aida fitriyah Ridwan, S., & Maf’ulah, S. (2023). Manajemen Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Impresi Indonesia, 2(6), 574–581. https://doi.org/10.58344/jii.v2i6.2916

Tanjung, R., Supriani, Y., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29. https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1481

Taqiyya, W., & Ali Mustofa, T. (2023). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membentuk Sekolah Berkualitas Di Mts Negeri 1 Surakarta. Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam, 4(2), 47–60. https://doi.org/10.51672/jbpi.v4i2.201

Tinggi, S., Islam, A., Purworejo, A.-N., & Subhan, A. Z. (2020). Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Adi Wibowo. Indonesian Journal of Islamic Education Management, 3(2), 108–116.

Waston, W., & Taryanto, T. (2019). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Muhammadiyah Jumapolo Karanganyar. Profetika: Jurnal Studi Islam, 61–70. https://doi.org/10.23917/profetika.v0i0.8949

Wicaksana, F. A., & Inayati, N. L. (2023). Inovasi kepala sekolah dalam mengembangkan sekolah berkemajuan di SMK Negeri 2 Surakarta. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 5(001), 147–155. https://doi.org/10.51468/jpi.v5i001.263

Published

2025-01-31

How to Cite

Lailatul Jannah, G., & Inayati, N. L. (2025). ANALISIS STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH UNGGUL DI SMP AL-AZHAR SYIFA BUDI SOLO. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(01), 337–350. https://doi.org/10.30868/im.v8i01.7781

Citation Check