TEORI BELAJAR BEHAVIORISME DALAM PROSES PEMBELAJARAN: TINJAUAN PENDIDIKAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v8i01.8020Keywords:
learning theory, behaviorism, islamic educationAbstract
Teori belajar behaviorisme adalah salah satu teori yang diterapkan dalam melaksanakan proses pembelajaran. Teori-teori para ahli dalam behaviorisme merupakan kesimpulan dari hasil percobaan yang dilakukan terhadap hewan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan teori behaviorisme, implementasi, dan relevansinya dengan pembelajaran dalam pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan literature review (studi pustaka). Penelitian studi pustaka dilakukan dengan cara mengumpulkan data berupa referensi yang relevan, mengklasifikasi, dan menganalisis data yang telah dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi teori belajar behaviorisme memiliki relevansi dalam pendidikan Islam dan berpotensi untuk dikembangkan dalam pembelajaran pendidikan Islam lebih lanjut.
References
Anfasyah, S., Warisno, A., & Hartati, S. (2022). Implementasi Teori Belajar Behavioristik Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2021/2022. Unisan Journal, 1(4):28–35. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/650
Damayanti, E., Siraj, A., Rosmini, Ramli. (2021). Behavioristic dalam Pembelajaran: Tinjauan Pendidikan Islam. Al Asma: Journal of Islamic Education, 3(1):121-133. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/alasma/article/download/21076/pdf/
Djaali. (2011). Psikologi Pendidikan. Malang: PT. Bumi Aksara.
Erfan, Y. (2018). Teori-teori Belajar Matematika. In Diktat. Jember: Universitas Jember.
Fadhilah, N. (2016). Model Bimbingan Belajar Behavioristik dan Pandangannya dalam Perspektif Islam. HIKMATUNA: Journal for Integrative Islamic Studies, 2(2), 235–260. https://doi.org/ 10.28918/hikmatuna.v2i2.961
Hadi, A., & Sari, I. (2022). Implementasi Teori Belajar Behavioristik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Muaddib: Islamic Education Journal, 5(2):100–106. https://doi.org/10.19109/ muaddib.v5i2.15145
Huda, M. (2023). Kontrol diri dan Tawakal terhadap Quarter-Life Crisis pada Santri di Pesantren. Journal of Indonesian Psychological Science (JIPS), 3(1):284-297. https://doi.org/10.18860/jips. v3i1.20649
Isti’adah, N. F. (2020). Teori-teori Belajar dalam Pendidikan. Bandung: Edu Publisher.
Lefudin. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Majid, M. F. A. F., & Suyadi, S. (2020). Penerapan Teori Belajar Behavioristik dalam Pembelajaran PAI di SDN Nogopuro Yogyakarta. Jurnal PAI Raden Fatah, 2(2):148-155. https://jurnal. radenfatah.ac.id/index.php/pairf/article/view/4443/3033
Mardiyani, K. (2022). Tujuan dan Penerapan Teori Behaviorisme dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal (JIPKL), 2(5):260–271. https://www.jipkl.com/index.php/ JIPKL/article/download/30/33
Mirzaqon, T. A., Purwoko, B. (2017). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling Expressive Writing. Jurnal BK Unesa, 8(1):1-8. https://ejournal.unesa.ac.id/index. php/jurnal-bk-unesa/article/view/22037
Muktar, M. (2019). Pendidikan behavioristik dan aktualisasinya. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 14–30. https://doi.org/10.29138/tabyin.v1i1.4
Nafisah, N., Wahyuni, EN. (2023). Pengembangan Metodologi PAI dengan Pendekatan Teori Behavioristic dan Teori Kognitif. Intelegensia: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1):59-73. https://ejournal.unisnu.ac.id/JI/article/view/4827
Nahar, N. I. (2016). Penerapan teori belajar behavioristik dalam proses pembelajaran. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1):64–74. http://jurnal.umtapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/ view/94
Pratama, Y. (2019). Relevansi Teori Belajar Behaviorisme terhadap Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 4(1):38-49. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019. vol4(1).2718
Puspitasari, R. Y., & Airlanda, G. S. (2021). Meta-Analisis Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1094-1103. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.878
Rufaedah, Evi Aeni. (2018). Teori Belajar Behavioristik Menurut Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 4(1):13-30. https://doi.org/10.31943/ jurnal_risalah.v4i1.60
Rusuli, I. (2014). Refleksi Teori Belajar Behavioristik dalam Perspektif. Jurnal Pencerahan, 8(1):38-54. https://core.ac.uk/download/pdf/289863395.pdf
Rozi, M. A. F. (2017). Strategi Memperkokoh Jantung Pendidikan Islam. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1):161-180. https://dx.doi.org/10.21274/taalum.2017.5.1.161-180
Sudirman, P., Burhanuddin, Fitriani. (2024). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran “Neurosains dan Multiple Intelligence”. Banyumas: PT Pena Persada Kerta Utama.
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Erna Rooslyna Affandi, Imas Kania Rahman, Nesia Andriana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).