TEORI BELAJAR BEHAVIORISME DALAM PROSES PEMBELAJARAN: TINJAUAN PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Erna Rooslyna Affandi Magister Pendidikan Agama Islam, Indonesia
  • Imas Kania Rahman Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Nesia Andriana Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v8i01.8020

Keywords:

learning theory, behaviorism, islamic education

Abstract

Teori belajar behaviorisme adalah salah satu teori yang diterapkan dalam melaksanakan proses pembelajaran. Teori-teori para ahli dalam behaviorisme merupakan kesimpulan dari hasil percobaan yang dilakukan terhadap hewan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan teori behaviorisme, implementasi, dan relevansinya dengan pembelajaran dalam pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan literature review (studi pustaka). Penelitian studi pustaka dilakukan dengan cara mengumpulkan data berupa referensi yang relevan, mengklasifikasi, dan menganalisis data yang telah dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi teori belajar behaviorisme memiliki relevansi dalam pendidikan Islam dan berpotensi untuk dikembangkan dalam pembelajaran pendidikan Islam lebih lanjut.

References

Anfasyah, S., Warisno, A., & Hartati, S. (2022). Implementasi Teori Belajar Behavioristik Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2021/2022. Unisan Journal, 1(4):28–35. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/650

Damayanti, E., Siraj, A., Rosmini, Ramli. (2021). Behavioristic dalam Pembelajaran: Tinjauan Pendidikan Islam. Al Asma: Journal of Islamic Education, 3(1):121-133. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/alasma/article/download/21076/pdf/

Djaali. (2011). Psikologi Pendidikan. Malang: PT. Bumi Aksara.

Erfan, Y. (2018). Teori-teori Belajar Matematika. In Diktat. Jember: Universitas Jember.

Fadhilah, N. (2016). Model Bimbingan Belajar Behavioristik dan Pandangannya dalam Perspektif Islam. HIKMATUNA: Journal for Integrative Islamic Studies, 2(2), 235–260. https://doi.org/ 10.28918/hikmatuna.v2i2.961

Hadi, A., & Sari, I. (2022). Implementasi Teori Belajar Behavioristik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Muaddib: Islamic Education Journal, 5(2):100–106. https://doi.org/10.19109/ muaddib.v5i2.15145

Huda, M. (2023). Kontrol diri dan Tawakal terhadap Quarter-Life Crisis pada Santri di Pesantren. Journal of Indonesian Psychological Science (JIPS), 3(1):284-297. https://doi.org/10.18860/jips. v3i1.20649

Isti’adah, N. F. (2020). Teori-teori Belajar dalam Pendidikan. Bandung: Edu Publisher.

Lefudin. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Majid, M. F. A. F., & Suyadi, S. (2020). Penerapan Teori Belajar Behavioristik dalam Pembelajaran PAI di SDN Nogopuro Yogyakarta. Jurnal PAI Raden Fatah, 2(2):148-155. https://jurnal. radenfatah.ac.id/index.php/pairf/article/view/4443/3033

Mardiyani, K. (2022). Tujuan dan Penerapan Teori Behaviorisme dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal (JIPKL), 2(5):260–271. https://www.jipkl.com/index.php/ JIPKL/article/download/30/33

Mirzaqon, T. A., Purwoko, B. (2017). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling Expressive Writing. Jurnal BK Unesa, 8(1):1-8. https://ejournal.unesa.ac.id/index. php/jurnal-bk-unesa/article/view/22037

Muktar, M. (2019). Pendidikan behavioristik dan aktualisasinya. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 14–30. https://doi.org/10.29138/tabyin.v1i1.4

Nafisah, N., Wahyuni, EN. (2023). Pengembangan Metodologi PAI dengan Pendekatan Teori Behavioristic dan Teori Kognitif. Intelegensia: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1):59-73. https://ejournal.unisnu.ac.id/JI/article/view/4827

Nahar, N. I. (2016). Penerapan teori belajar behavioristik dalam proses pembelajaran. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1):64–74. http://jurnal.umtapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/ view/94

Pratama, Y. (2019). Relevansi Teori Belajar Behaviorisme terhadap Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 4(1):38-49. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019. vol4(1).2718

Puspitasari, R. Y., & Airlanda, G. S. (2021). Meta-Analisis Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1094-1103. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.878

Rufaedah, Evi Aeni. (2018). Teori Belajar Behavioristik Menurut Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 4(1):13-30. https://doi.org/10.31943/ jurnal_risalah.v4i1.60

Rusuli, I. (2014). Refleksi Teori Belajar Behavioristik dalam Perspektif. Jurnal Pencerahan, 8(1):38-54. https://core.ac.uk/download/pdf/289863395.pdf

Rozi, M. A. F. (2017). Strategi Memperkokoh Jantung Pendidikan Islam. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1):161-180. https://dx.doi.org/10.21274/taalum.2017.5.1.161-180

Sudirman, P., Burhanuddin, Fitriani. (2024). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran “Neurosains dan Multiple Intelligence”. Banyumas: PT Pena Persada Kerta Utama.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabeta.

Published

2025-01-31

How to Cite

Erna Rooslyna Affandi, Rahman, I. K., & Andriana, N. (2025). TEORI BELAJAR BEHAVIORISME DALAM PROSES PEMBELAJARAN: TINJAUAN PENDIDIKAN ISLAM. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(01), 271–282. https://doi.org/10.30868/im.v8i01.8020

Citation Check