HADIS TARBIYAH SEBAGAI INSPIRASI PENGGUNAAN PANTUN DAN UNGKAPAN UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN LINGUISTIK ANAK USIA DINI

Authors

  • Desi Elita Pasca Sarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Abas Mansur Tamam Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Abdul Hayyie Al Kattani Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Nesia Andriana Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Imas Kania Rahman Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v8i01.8106

Keywords:

Hadis tarbiyah, pantun, ungkapan, kecerdasan linguistik

Abstract

Angka literasi di Indonesia yang masih memprihatinkan, membutuhkan perhatian semua pihak untuk berusaha keras meningkatkan kecerdasan liguistik sejak dini. Kecerdasan linguistic dan literasi berhubungan sangat erat. Kecerdasan linguistik meliputi kemampuan berbahasa jelas dan santun, minat baca serta menulis. Pantun, peribahasa, ungkapan dan gaya bahasa adalah khazanah Bahasa Indonesia yang hampir dilupakan oleh generasi milenial padahal sangat potensial sebagai sarana pembelajaran anak usia dini untuk meningkatkan kemampuan linguistik. Penelitian ini hasil inspirasi dari Hadis-hadis Tarbiyah tentang keutamaan menjaga lisan, berbahasa santun dan lembut dan berakhlak mulia. Tujuan penelitian adalah mengembangkan modul pendidikan dengan mengenalkan pantun dan ungkapan peribahasa untuk meningkatkan kecerdasan linguistic anak usia dini. Metode penelitian study pustaka dengan pendekatan kualitatif deskriptif data hasil wawancara dan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kecerdasan linguistic siswa di TK Al Isry dengan indikasi meningkatnya perbendaharaan kata, pemahaman tentang ungkapan dan konteks, peminatan terhadap cerita dan pantun.

References

Adhy, A.W, Taman, Abas M., Rahman, Imas K. (2023). “Amanah Orang Tua Terhadap Perkembangan dan Pendidikan Anak Prenatal dalam Perspektif Islam Jurnal”. Tarbawi Vol. 08 (2), 147-165.

Alwi, Hasan, dkk. 1993. Bahasa Indonesia. Tata Bahasa Baku. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Amstrong, Thomas. 2013. Kecerdasan Multipel didalam Kelas. Jakarta : indeks.

Arief, Z. A. (2015). Landasan Teknologi Pendidikan. Bogor: UIKA Pres

Anwar, Ilham. 2010. Pengembangan Bahan Ajar. Bahan Kuliah Online. Bandung: Direktori UPI.

badanbahasa.kemdikbud.go.id. (2023). Keterampilan Berbahasa Anak Usia Dini. https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/artikel-detail/3963/keterampilan-berbahasa-anak-usia-dini

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Belawati, Tian, dkk. (2003). Pengembangan Bahan Ajar . Jakarta: Pusat Penerbitan UT

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: SpringerCenter on Developing Child. (2007).

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Research Methods in Education (8th ed.). London: Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315456539

Daryanto. (2014). Menyusun Modul Bahan Ajar Untuk Persiapan Pendidik Dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas.2003. Pedoman Penyelenggaraan Program Kecakapan Hidup (life skill) Pendidikan Luar Sekolah. Jakarta.

Dewi, R., Wahyuningsih, S., Nurjanah, N. E. (2019). “Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia 4-5 Tahun.” Kumara Cendikia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 7 (4): DOI:10.20961/kc.v7i4.32092

Dick, W., Lou, C., & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instruction. New York: Longman Inc

Harvardcenter. The Science of Early Childhood Development. Cambridge: Harvard University. Updated 2017.

https://harvardcenter.wpenginepowered.com/wp-content/uploads/2007/03/InBrief-The-Science-of-Early-Childhood-Development2.pdf

Hanifah, Tisna Umi. (2014). “Pemanfaatan Media Pop-Up Book Berbasis Tematik Untuk Meningkatkan Kecerdasan Verbal-Linguistik Anak Usia 4-5 Tahun (Studi Eksperimen di TK Negeri Pembina Bulu Temanggung).” Early Childood Education Papers, Vol. 3 (2), doi 10.15294/BELIA.V3I2.3727

Hibana, S Rahman. (2002). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.

Yogyakarta: PGTKI Pres.

Hopson, Barrie dan Scally, Mike. (1981). Lifeskills Teaching. McGraw-Hill. Book Company (UK) Limite

Iskandar. 2012. Psikologi Pendidikan (Sebuah Orientasi Baru). Jakarta : Referensi.

Kemendikbud. (2014) Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini

Kamus Besar Bahasa Indonesia (2022)

Kemendikbudristek. (2024). Pengertian Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/id/articles/30194934594585-Pengertian-Projek-Penguatan-Profil-Pelajar-Pancasila

-------. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, jenjang Pendidikan Dasar, dan jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kepala Standar Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi

-------. (2021). Anak-anak Indonesia Perlu Dilatih Kecakapan Hidup Abad 21. 3 Juli 2021. Jakarta: Direktorat Sekolah Dasar.

https://ditpsd.kemdikbud.go.id

-------. (t.t.a). Komponen Modul Ajar. https://pusatinformasi.kolaborasi.kemdikbud.go.id/ hc/en- us/articles/5010596304153-Prinsip-dan-Prosedur-Pengembangan-Modul-Ajar

-------. (t.t.b). Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. https://kurikulum.kemdikbud.go.id

-------. (t.t.c). Prinsip dan Prosedur Pengembangan Modul Ajar. Merdeka Mengajar-Ruang Kolaborasi.

https://pusatinformasi.kolaborasi.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/5010596304153-Prinsip-dan-Prosedur-Pengembangan-Modul-Ajar

WHO. (1997). Life Skills Education for Children and Adolescents In Schools: Introduction and Guidelines to Facilitate The development and Implementation of Life Skills Programmes (WHO/MNH/PSF/93.7A.Rev.2). World Health Organization

Prastowo, 2015.

Rumaysyo.com

Rahayu, Sri. 2017. Pengembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Yogyakarta: Kalimedia.

Rujiah, Rahman, Imas K., dan Sa’diyah, M.. (2023). Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru. Vol 8(2), 238-246. DOI : https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.491

Rusydiana, Dinar. (2024, April 26). Pentingnya Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) Pada Anak Usia Dini.

https://www.rri.co.id/daerah/655692/pentingnya-pendidikan-kecakapan-hidup-life-skill-pada-usia-dini

Rukni Setyawati. Bahasa Sebagai Sarana Belajar Dan Berpikir. publikasiilmiah.ums.ac.id. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/bitstream/handle/11617/3331/17_Bahasa%20Sebagai%20Sarana%20Belajar%20Dan%20Berpikir.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta

-------. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhendi, Enjang T. 2017. “Berbahasa, Berpikir, Dan Peran Pendidikan Bahasa” The 1st Education and Language International Conference (ELIC 2017) Proceedings. Center for International Language Development of Unissula: 298-305

Published

2025-02-03

How to Cite

Elita, D., Tamam, A. M., Al Kattani, A. H., Andriana, N., & Rahman, I. K. (2025). HADIS TARBIYAH SEBAGAI INSPIRASI PENGGUNAAN PANTUN DAN UNGKAPAN UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN LINGUISTIK ANAK USIA DINI. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(01), 261–270. https://doi.org/10.30868/im.v8i01.8106

Citation Check