MANAJEMEN PENGELOLAAN DANA FILANTROPI PENDIDIKAN YAYASAN ROBET PEDULI BERBASIS MODERASI BERAGAMA UNIVERSITAS HALMAHERA
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v8i01.8151Keywords:
filantropi, pendidikan, moderasi beragamaAbstract
Filantropi pendidikan berbasis moderasi beragama yang dilaksanakan oleh Yayasan Hi. Robet Peduli memberikan pembiayaan pendidikan bagi mahasiswa berprestasi dan mahasiswa tidak mampu tanpa membedakan agama dan suku. Program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan S1 dan S2 di Universitas Halmahera dan Universitas Muhammadiyah Maluku Utara. Tujuannya adalah menciptakan sumber daya manusia yang profesional serta menumbuhkan perdamaian antar umat beragama di Halmahera Utara, yang terdiri dari Islam, Protestan, dan Katolik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan fenomenologi, serta metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh diuji kredibilitasnya melalui triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program beasiswa dan bantuan pendidikan ini telah memberikan manfaat bagi 1264 mahasiswa di 196 perguruan tinggi di Indonesia. Beasiswa yang diberikan mencakup beasiswa prestasi Rp.4.500.000, bantuan pendidikan Rp.3.000.000, dan beasiswa S2 Rp.6.000.000. Nilai moderasi beragama tercermin dalam komitmen untuk mencerdaskan bangsa, toleransi antar umat beragama, serta penghargaan terhadap budaya dan keadilan sosial.
References
Aan Nasrullah, pengelolaan dana filantropi untuk pemberdayaan pendidikan anak Dhuafa( studi kasus BMH Cabang Malang Jawa Timur), hunafa :Jurnal studia Islamika. Vol 12, n0 1
Abd. Aman Assegaf, Desain Riset Sosial-Keagamaan Pendekatan Itegratif-Interkonektif, , (Yogyakarta: CDIE dan Gama Media, 2007)
Ahmad D. Marribah, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, (Cet. 5; Jakarta : Bumi aksara, 1997).
Hilman Latief, Filantropi Dan Pendidikan Islam Di Indonesia, jurnal, Vol. XXVIII No. 1 2013
James A.F Stoner dan R. Edward Freeman. Manajemen , Alih Bahasa Benyamin Molan (Jakarta. Intermedia. 1992).
Lexy J. Maleong, Metode Penelitian Kulitatif (Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2006).
Noeng Muhadjir, Metodologi Penelitian: Edisi VI Pengembangan, (Yogyakarta: Rake Sarasin, 2011).
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitati, Kualitatif,dan R & D, (Bandung: Alfabeta, 2008).
Supriadi, Dedi, Satuan Biaya Pendidikan Dasar dan Menengah, (PT RemajaRosda-Karya, Bandung. 2010)
Dokumen Draf SOP Mekanisme Kerja SP. PT NHM diakses pada tanggal 09 juli 2022
https://uniera.ac.id/sejarah/ diakses pada tanggal 22 juli 2022
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Usman Ilyas, Amanan Soleman Saumur, Buyung Tawary, Muh. Refki Yunus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).