METODE PENGAJARAN ILMU WARIS DI SEKOLAH TINGGI ILMU AL QUR`AN (STIQ) AR-RAHMAN BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v8i02.8341Keywords:
Metode, Pengajaran, WarisAbstract
Ilmu waris merupakan salah satu mata kuliah yang diajarkan di Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Ar-Rahman Bogor. Ilmu ini membutuhkan konsentrasi dalam memahaminya, karena ada rumusan-rumusan tertentu dalam menetapkan hak setiap ahli waris. Untuk itu perlu adanya penelitian beberapa buku ilmu waris dan menemukan metode pengajaran agar mudah dipahami dan diaplikasikan dalam penyelesaian masalah waris. Ada lima metode pengajaran ilmu waris secara garis besar, yaitu: 1) Menyajikan penjelasan ilmu waris dalam bentuk syair, 2) Penjelasan perjudul; ashhabul fururdh, al ‘ashabah dan al hijb, 3) Penjelasan per-bagian, 4) Memaparkan dengan cara memberikan contoh-contoh permasalahan yang ada di waris, 5) Menjabarkan ilmu waris dengan cara tanya-jawab. Adapun penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mengelaborasi metode-metode pengajaran ilmu waris yang diterapkan di STIQ Ar-Rahman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pengajaran ilmu waris di STIQ Ar-Rahman adalah menguasai skema kewarisan dengan memahami urutan ahli waris pada skema tersebut. Dengan metode tersebut, ilmu waris dapat dipahami dengan mudah oleh mahasiswa.
References
Abdulmun’im: Hamdi. (1989). Ar Raid fi Ilmi Al Faraid. Mesir: Maktabah Ibn Sina.
Al Hamsh, A. (1996). Al Faraidh Al Mubassath ‘ala Al Madzhab Asy Syafi’I. Maktabah Al Ghazali.
Aqib, Z. (2013). Model-model Media, dan Strategi Pembelajaran Konstekstual (Inovatif). Bandung : Yrama Widya
Basyir, A.A. (2001). Hukum Waris Islam. Jogjakarta: UII Press.
Maghribi, A.M. (1904). Al Manhal Al Faidh fi ‘Ilmi Al Faraidh. Libanon: Daar Al Fikr.
Namr, A.M. (1989). Al Mirats fi Asy Syari’ah Al Islamiyyah. Mesi: Maktabah Al Iman.
Syakur, A.B. (2015). Panduan Lengkap Mudah Memahami Hukum Waris Islam. Jakarta: Transmedia Pustaka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Haris Renaldi, Hendra Hudaya, Hidayati Hidayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).