PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR, MEDIA SOSIAL, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP SISWA SISWI MADRASAH ALIYAH SWASTA AL-WASHLIYAH 22 TEMBUNG
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v8i02.8462Keywords:
Influence, Learning Environment, Social Media, Learning MotivationAbstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk menganalisis pengaruh lingkungan belajar, penggunaan sosial, dan motivasi belajar terhadap pembentukan karakter siswa di Madrasah Aliyah Swasta Al-Washliyah 22 Tembung. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif. Penentuan jumlah sampel berdasarkan tabel Krejcie dan Morgan, dari total populasi sebanyak 140 siswa, diperoleh 103 responden sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen angket. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa variabel lingkungan belajar secara signifikan memengaruhi karakter siswa, yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,009 dan nilai t-statistik 2,606. Sementara itu, variabel media sosial dan motivasi belajar tidak menunjukkan pengaruh yang bermakna secara statistik terhadap karakter siswa. Nilai R-square sebesar 0,337 menunjukkan bahwa ketiga variabel independen secara bersama-sama mampu menjelaskan 33,7% dari variasi karakter siswa. Hal ini menunjukkan bahwa lingkungan belajar menjadi faktor penting dalam pembentukan karakter peserta didik. Temuan ini menegaskan perlunya peran aktif lingkungan, baik di rumah, sekolah, maupun masyarakat, dalam menanamkan nilai-nilai moral dan sosial kepada siswa sebagai dasar penguatan karakter.
References
Ardiansyah, Risnita, dan M. Syahran Jailani. 2023. “Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif.” Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam 1 (2): 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57.
Asrulla, Risnita, M. S Jailani, dan Firdaus Jeka. 2023. “Populasi dan Sampling (Kuantitatif), Serta Pemilihan Informan Kunci (Kualitatif) dalam Pendekatan Praktis.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7 (3): 26320–32.
Candra Susanto, Primadi, Dewi Ulfah Arini, Lily Yuntina, Josua Panatap Soehaditama, dan Nuraeni Nuraeni. 2024. “Konsep Penelitian Kuantitatif: Populasi, Sampel, dan Analisis Data (Sebuah Tinjauan Pustaka).” Jurnal Ilmu Multidisplin 3 (1): 1–12. https://doi.org/10.38035/jim.v3i1.504.
Diandaru, Bambang Haris. 2023. “Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika di MTs Negeri 2 Kota Semarang.” Jurnal Pendidkan Widyatama 2 (2): 185–96. https://jurnal.bbpmpjateng.id/index.php/jpw/article/view/17/20.
Elvira, Neni Z, Dkk. 2022. “Studi Literatur: Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran.” Jurnal Literasi Pendidikan 1 (2): 350–59. https://journal.citradharma.org/index.php/eductum/indexDOI:https://doi.org/10.56480/eductum.v1i2.767%0Ahttps://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.
Fitria Oktrisa, Melisya Anniva Putri, Adrias Adrias, Aissy Putri Zulkarnaini. 2025. “Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas Tinggi Sekolah Dasar.” Diniyah: Jurnal Pendidikan Dasar 4 (1): 1. https://doi.org/10.31332/dy.v4i1.5508.
Fitriyah. 2019. “HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DI SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR IPS DI SMP,” 1–23.
Hasan Baharun, Rojab Muhammad Al-Idrisi Al-Hasani, Hilalah Tamami Nabila Sari. 2019. “STUDENT BEHAVIOUR MANAGEMENT: AN EFFECT OF SOCIAL MEDIA ON BUILDING CHARACTER Hasan.” Sustainability (Switzerland) 11 (1): 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI.
Hidayat, Nur, dan Rosyidah Dzunur. 2024. “Impact of Social Media on Adolescent Mental Health and Ethical Development : A Qualitative Study on Early Character Formation in Sarolangun Regency” 16: 3938–47. https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i3.5620.
Isri, Saifullah. 2023. “Etika Pengelolaan Manajemen Pendidikan Islam.” Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 13 (4): 491. https://doi.org/10.22373/jm.v13i4.22212.
Masni, Harbeng. 2015. “Strategi meningkatkan motivasi belajar mahasiswa.” Dikdaya 5 (1): 34–45.
Melina, Monika, dan Wina Diana Sari. 2025. “Room of Civil Society Development Penguatan Literasi Digital Remaja melalui Program Penyuluhan Dampak Media Sosial di SMK Multi Mekanik Masmur” 4 (2): 351–58.
Munandar, Aris, Mayyada Cahyarani, Refky Arianto, Rero Ramadhana, dan Ahmad Ghazali. 2025. “Analisis Faktor Internal dan Eksternal yang Mempengaruhi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Muaro Jambi” 5 (1): 313–20.
Nurhasanah, Ana, Reksa Adya Pribadi, dan Siti Sukriah. 2022. “Memanfaatkan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar.” Jurnal Ilmiah Telaah 7 (1): 66. https://doi.org/10.31764/telaah.v7i1.6618.
Nuri Novianti Afidah, Syihabuddin, Khoerotun Nisa Liswati, dan Mochamad Whilky Rizkyanfi. 2022. “Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendas 8 (4): 1526–36. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2717.
Putri, Aulia Gustia, dan Khairi Budayawan. 2022. “Analisis Jalur (Path Analysis) Terhadap Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa TKJ SMK Negeri 5 Padang.” Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika) 10 (4): 61. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v10i4.119832.
Rahim, Abdul, dan Muhammad Yusnan. 2022. “Pengaruh Kemandirian Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pendidikan Karakter Di Madrasah Ibtidaiyah Al Ikhlas Uwemagari Kabupaten Buton Selatan.” Jurnal Pendidikan Rokania 7 (1): 103. https://doi.org/10.37728/jpr.v7i1.556.
Ramadanis, Fitri, Wira Solina, dan Rila Rahma Mulyani. 2023. “Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik di Kelas XI SMK Negeri 1 Tanjung Raya Kabupaten Agam.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 8 (4): 2587–93. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1606.
Ratu, Yoel Mawa, Mesta Limbong, dan Dameria Sinaga. 2022. “TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMK” 22 (3): 273–81.
Santosa, Dwi Tri, dan Tawardjono Us. 2016. “Faktor-Faktor penyebab rendahnya motivasi belajar dan solusi penanganan pada siswa kelas XI jurusan Teknik Sepeda Motor.” Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif 13 (2): 14–21. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/otomotif-s1/article/view/2896.
Sharfina Febriany. 2019. “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN GORIDE SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Pada Pelanggan Goride di Kemayoran Jakarta Pusat),” 22–29. http://repository.stei.ac.id/id/eprint/4364%0Ahttp://repository.stei.ac.id/4364/5/BAB II.pdf.
Shoumi, Putri Nur, dan Evicenna Yuris. 2024. “Peran Lingkungan Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Siswa di SD Al Washilyah 15 Medan” 2 (September): 84–88.
Siregar, Hotrun. 2022. “Analisis Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Sosialisasi Pancasila.” Pancasila: Jurnal Keindonesiaan, no. 1: 71–82. https://doi.org/10.52738/pjk.v2i1.102.
Sofyani, Hafiez. 2023. “Penentuan Jumlah Sampel pada Penelitian Akuntansi dan Bisnis Berpendekatan Kuantitatif.” Reviu Akuntansi dan Bisnis Indonesia 7 (2): 311–19. https://doi.org/10.18196/rabin.v7i2.19031.
Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif.
Tebi Hariyadi Purna, Candra Viamita Prakoso, dan Ratna Sari Dewi. 2023. “Pentingnya Karakter Untuk Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Era Digital.” Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa 2 (1): 192–202. https://doi.org/10.58192/populer.v2i1.614.
Yogi Fernando, Popi Andriani, dan Hidayani Syam. 2024. “Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan 2 (3): 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843.
Yuliani, Arinda. 2017. “PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017 HALAMAN.” Jurnal Akuntansi 11.
Yusuf, Faidah, Hardianto Rahman, Sitti Rahmi, dan Angri Lismayani. 2023. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi, Informasi, Dan Dokumentasi: Pendidikan Di Majelis Taklim Annur Sejahtera.” JHP2M: Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat 2: 1–8.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Ardin Rizky Andre Sagala, Muhammad Fadhli

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).