REVITALISASI PROFESIONALISME GURU MADRASAH IBTIDAIYAH MULTI AGAMA DI TATELI MINAHASA SULAWESI UTARA

Authors

  • Usman Ilyas Institut Agama Islam Negeri Ternate, Indonesia
  • Samlan Hi. Ahmad Institut Agama Islam Negeri Ternate, Indonesia
  • Amran Eku Institut Agama Islam Negeri Ternate , Indonesia
  • Julaiha Abubakar Institut Agama Islam Negeri Ternate, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v8i02.8483

Keywords:

Multi-religious Education; Teacher Professionalism

Abstract

Pendidikan multiagama di MIS Insani Tateli, Minahasa Selatan, Sulawesi Utara, menjadi bagian dari praktik pendidikan multikultural. Penelitian ini bertujuan menganalisis revitalisasi profesionalisme guru dalam mengelola keragaman agama siswa melalui pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, lalu dianalisis dengan reduksi, display, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa revitalisasi dilakukan melalui pembinaan internal oleh ketua yayasan dan kepala madrasah, serta pelatihan dari Kemenag dan Dinas Pendidikan. Guru telah memahami pentingnya moderasi beragama, sehingga pembelajaran menyesuaikan dengan keberagaman siswa Muslim dan Kristen. Pelaksanaan pembelajaran mengacu pada kurikulum yang berlaku, dengan prinsip bahwa materi keislaman bagi siswa Kristen disampaikan sebagai pengetahuan, bukan keyakinan, guna menjaga toleransi dan keberagaman dalam proses belajar

References

Aidin Adlan. 2000. Hubungan Sikap Guru Terhadap Matematika dan Motivasi Berprestasi dengan Kinerja. Matahari

Ace Suryadi dan Wiana Mulyana. 1993 Kerangka Konseptual Mutu Pendidikan dan Pembinaan Kemampuan Profesional Guru. Jakarta: Cardimas Metropole.

Baharuddin Harahap. 1983. Supervisi Pendidikan yang Dilaksanakan oleh Guru, Kepala Sekolah, Penilik dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Damai Jaya

Fremont E. Kast and James E. Rosenzweing, 1985 Organization and Management; A System and Contingency Approach (USA: McGraw Hill Book Company

J.J. Hasibuan. 1986. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Karya

John W. Creswell, 2012 Educational Research:Planning,Conducting,and Evaluating Quantitative and Qualitative Research(New York:Pearson

L.R Gay,Geoffrey E.Mills,Peter Airasian, 2011 Educational Research:Comptetencies for Analysis and Application(New York:Pearson

Matthew B. Miles dan A. Michael Huberman, 1992 Analisis Data Kualitatif, terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi Jakarta: UI-Press,

Tjetjep Rohendi Rohidi Jakarta: UI-Press,Oteng Sutisna. 1985. Administrasi Pendidikan: Dasar Teoritis untuk Praktek Profesional. Bandung: Angkasa

R. Ibrahim. 2002. Kurikulum Pembelajaran. Bandung: Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIB UPI

Sardiman. 2011 Interaksi dan Motivasi belajar mengajar. Cet 19. Jakarta : Rajagrafindo Persada

Sudarwan Danim. 2011 . Pengembangan profesi Guru. Jakarta. Kencana.

Sardiman A.M. 1994 Interaksi dan Motivasi Belaiar Mengaiar . Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sri Yutmini. 1992. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: FKIP UNS

S. Nasution, 1998 Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif.(Bandung:Tarsito

Sugiyono, 2010 Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D (Bandung: Alfabeta

T. Raka Joni. 1984. Pedoman Umum Alat Penilaian Kemampuan Guru. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi Depdikbud.Teoritis dan Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan (Jakarta: Bumi Aksara

Umar H. Malik, 2004. Pendidikan guru berdasarkan pendekatan kompetensi, Jakarta Bumi Aksara

Undang-Undang No 14 Tahu 2005 tentang guru dan Dosen. Bab IV. Pasal 10 ayat 1.

Wina Sanjaya, 2006. Pembelajaran implementasi Kurikulum berbasis Kompetensi. Jakarta, Kencana.

Wirawan. 2000 Profesi dan Standar Evaluasi. Jakarta: Yayasan Bangun Indonesia & UHAMKA Press

Zahara Idris. 1981. Dasa-Dasar Kependidikan. Padang: Angkasa Raya

Published

2025-07-27

How to Cite

Ilyas, U., Hi. Ahmad, S., Eku, A., & Abubakar, J. (2025). REVITALISASI PROFESIONALISME GURU MADRASAH IBTIDAIYAH MULTI AGAMA DI TATELI MINAHASA SULAWESI UTARA. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(02). https://doi.org/10.30868/im.v8i02.8483

Citation Check