REVITALISASI PROFESIONALISME GURU MADRASAH IBTIDAIYAH MULTI AGAMA DI TATELI MINAHASA SULAWESI UTARA
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v8i02.8483Keywords:
Multi-religious Education; Teacher ProfessionalismAbstract
Pendidikan multiagama di MIS Insani Tateli, Minahasa Selatan, Sulawesi Utara, menjadi bagian dari praktik pendidikan multikultural. Penelitian ini bertujuan menganalisis revitalisasi profesionalisme guru dalam mengelola keragaman agama siswa melalui pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, lalu dianalisis dengan reduksi, display, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa revitalisasi dilakukan melalui pembinaan internal oleh ketua yayasan dan kepala madrasah, serta pelatihan dari Kemenag dan Dinas Pendidikan. Guru telah memahami pentingnya moderasi beragama, sehingga pembelajaran menyesuaikan dengan keberagaman siswa Muslim dan Kristen. Pelaksanaan pembelajaran mengacu pada kurikulum yang berlaku, dengan prinsip bahwa materi keislaman bagi siswa Kristen disampaikan sebagai pengetahuan, bukan keyakinan, guna menjaga toleransi dan keberagaman dalam proses belajar
References
Aidin Adlan. 2000. Hubungan Sikap Guru Terhadap Matematika dan Motivasi Berprestasi dengan Kinerja. Matahari
Ace Suryadi dan Wiana Mulyana. 1993 Kerangka Konseptual Mutu Pendidikan dan Pembinaan Kemampuan Profesional Guru. Jakarta: Cardimas Metropole.
Baharuddin Harahap. 1983. Supervisi Pendidikan yang Dilaksanakan oleh Guru, Kepala Sekolah, Penilik dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Damai Jaya
Fremont E. Kast and James E. Rosenzweing, 1985 Organization and Management; A System and Contingency Approach (USA: McGraw Hill Book Company
J.J. Hasibuan. 1986. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Karya
John W. Creswell, 2012 Educational Research:Planning,Conducting,and Evaluating Quantitative and Qualitative Research(New York:Pearson
L.R Gay,Geoffrey E.Mills,Peter Airasian, 2011 Educational Research:Comptetencies for Analysis and Application(New York:Pearson
Matthew B. Miles dan A. Michael Huberman, 1992 Analisis Data Kualitatif, terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi Jakarta: UI-Press,
Tjetjep Rohendi Rohidi Jakarta: UI-Press,Oteng Sutisna. 1985. Administrasi Pendidikan: Dasar Teoritis untuk Praktek Profesional. Bandung: Angkasa
R. Ibrahim. 2002. Kurikulum Pembelajaran. Bandung: Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIB UPI
Sardiman. 2011 Interaksi dan Motivasi belajar mengajar. Cet 19. Jakarta : Rajagrafindo Persada
Sudarwan Danim. 2011 . Pengembangan profesi Guru. Jakarta. Kencana.
Sardiman A.M. 1994 Interaksi dan Motivasi Belaiar Mengaiar . Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sri Yutmini. 1992. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: FKIP UNS
S. Nasution, 1998 Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif.(Bandung:Tarsito
Sugiyono, 2010 Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D (Bandung: Alfabeta
T. Raka Joni. 1984. Pedoman Umum Alat Penilaian Kemampuan Guru. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi Depdikbud.Teoritis dan Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan (Jakarta: Bumi Aksara
Umar H. Malik, 2004. Pendidikan guru berdasarkan pendekatan kompetensi, Jakarta Bumi Aksara
Undang-Undang No 14 Tahu 2005 tentang guru dan Dosen. Bab IV. Pasal 10 ayat 1.
Wina Sanjaya, 2006. Pembelajaran implementasi Kurikulum berbasis Kompetensi. Jakarta, Kencana.
Wirawan. 2000 Profesi dan Standar Evaluasi. Jakarta: Yayasan Bangun Indonesia & UHAMKA Press
Zahara Idris. 1981. Dasa-Dasar Kependidikan. Padang: Angkasa Raya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Usman Ilyas, Samlan Hi. Ahmad, Amran Eku, Julaiha Abubakar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).