PERENCANAAN PENDIDIKAN ISLAM ANALISIS MODEL PLANNING PROGRAMMING BUDGETING SYSTEM (PPBS) DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN AR RAUDHAH BOGOR

Authors

  • Arif Amirudin Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Endin Mujahidin Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Nesia Andriana Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v8i02.8521

Keywords:

Perencanaan pendidikan Islam, PPBS, Pesantren Tahfidz, pendidikan Al-Qur'an, manajemen pesantren

Abstract

Perencanaan pendidikan memiliki peran krusial dalam mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien, terutama di lembaga pendidikan Islam seperti pesantren. Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi model Planning Programming Budgeting System (PPBS) dalam perencanaan pendidikan Islam di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an (PPTQ) Ar Raudhah Bogor yang berfokus pada program tahfidz Al-Qur'an. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif, mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dengan pengasuh dan bendahara pesantren serta studi dokumentasi terhadap dokumen-dokumen perencanaan, kurikulum, dan laporan keuangan. Keabsahan data dipastikan melalui triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PPTQ Ar Raudhah telah mengimplementasikan model PPBS dengan tujuan pendidikan yang jelas (menghafal Al-Qur'an 30 juz dalam 3 tahun), struktur program yang komprehensif (program tahfidz, pendidikan diniyah, dan pendidikan kesetaraan), serta sistem penganggaran yang transparan. Namun, terdapat beberapa tantangan seperti tingkat kelulusan yang baru mencapai 60%, keterbatasan partisipasi stakeholder eksternal dalam perencanaan, dan ketergantungan pada sumber dana filantropi. Kesimpulannya, implementasi model PPBS di PPTQ Ar Raudhah telah memberikan kerangka sistematis dalam perencanaan pendidikan, namun perlu penyempurnaan dalam aspek seleksi santri, diversifikasi sumber dana melalui pengembangan unit bisnis pesantren, dan digitalisasi sistem perencanaan untuk meningkatkan efektivitas penyelenggaraan pendidikan tahfidz Al-Qur'an.

References

Adrianna Syariefur Rakhmat, Muhammad Hamdan Ainulyaqin, Sarwo Edy, Indra Permana, and Riski Eko Ardianto. “Pengembangan Ekonomi Berbasis Pesantren.” Lentera Pengabdian 1, no. 01 (2023): 72–77. https://doi.org/10.59422/lp.v1i01.10.

Agustiningsih, Ana Faika. “Strategi Pengembangan Program Tahfidz Untuk Meningkatkan Daya Saing Di MDT Anwarul Qur ’ an Jombang” 8, no. 1 (2024): 32–44.

Aziz, Abdul, and Supratman Zakir. “Indonesian Research Journal on Education : Jurnal Ilmu Pendidikan” 2, no. 3 (2022): 1030–37.

Bahiyah, Umamatul, and Septi Gumiandari. Upaya Menumbuhkan Self-Confidence Berbicara Bahasa Arab Melalui Aplikasi Plotagon Pada Mahasiswa Iain Syekh Nurjati Cirebon. General and Specific Research. Vol. 4, 2024. https://adisampublisher.org/index.php/edu/article/view/744/784.

Burhanuddin. Analisis Administrasi Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 1994.

Fahima Rifki Zahara, and Ahmad Shofiyuddin Ichsan. “Pengelolaan Program Tahfiz Dalam Peningkatan Minat Hafal Qur’an Di Mi Miftahul Ulum Waringinsari Barat Lampung.” Mukaddimah: Jurnal Studi Islam 7, no. 2 (2022): 269–91. https://doi.org/10.14421/mjsi.72.3027.

Faqih, Ngabdul. “Integrasi Program Tahfidz Dengan Sekolah Formal Di Pondok Pesantren Anak.” Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan 13, no. 2 (2020): 92. https://doi.org/10.31332/atdbwv13i2.1134.

Fatah, Ahmad. “Dimensi Keberhasilan Pendidikan Islam Program Tahfidz Al-Qur’an.” Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 9, no. 2 (2014): 335–56. https://doi.org/10.21043/edukasia.v9i2.779.

Hariyati, Dian Rosita, Agus Wahyu Irawan, and Shelvyna Rikantasari. “Model Kewirausahaan Sosial Di Pondok Pesantren Miftahul Hikmah Sukorejo Parengan Tuban.” Akademika 16, no. 2 (2022): 56–72. https://doi.org/10.30736/adk.v16i2.1097.

Ilyas, Usman, Amanan Soleman Saumur, and Buyung Tawary. “Manajemen Pengelolaan Dana Filantropi Pendidikan Yayasan Robet Peduli Berbasis Moderasi Beragama Universitas Halmahera,” 2025, 439–50. https://doi.org/10.30868/im.v7i02.8151.

Lukito, Daniel, Amiruddin Qadaar, Budi Mardikawati, and Melly Susanti. “Penganggaran Berbasis Kinerja Dan Akuntabilitas Kinerja Pada Lembaga Pemerintah.” Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen) 11, no. 1 (2024): 1–11. https://doi.org/10.36987/ecobi.v11i1.5253.

M. Shafwan, Ach. Nurholis Majid. “PESANTREN BERBASIS PARTISIPASI MASYARAKAT DI PONDOK PESANTREN NURUL IHSAN DESA SENTOL DAYA PRAGAAN SUMENEP.” Αγαη 15, no. 1 (2024): 37–48.

Mi’raj. “Implementasi Metode Dan Evaluasi Pembelajaran Di Pondok Pesantren Jareqje Pambusuang Kabupaten Polewali Mandar” 16 (2024): 355–73.

Nurcholiq, Mochamad. “PERENCANAAN STRATEGIS LEMBAGA PENDIDIKAN (Studi Kasus Pembelajaran Mandiri Integratif Di Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang).” Leadership:Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam 4, no. 2 (2023): 196–211. https://doi.org/10.32478/leadership.v4i2.1798.

Pebpriza, Regina, Iswantir M, Wedra Aprison, and Arman Husni. “Penerapan Metode Tahfidz Al-Qur ’ an Di Pondok Pesantren Modern I ’ Aanatuth Thalibiin Perawang , Kec . Tualang , Kab . Siak , Provinsi Riau.” Jurnal Pendidikan Tambusa 6, no. 2 (2022): 8584.

Riza, Hilmi, Maufur Maufur, and Basukiyatno Basukiyatno. “Evaluasi Progam Tahfid Al Quran Sebagai Unggulan Pondok Pesantren Nurul Hayah Ketanggungan.” Journal of Education Research 5, no. 3 (2024): 3055–71. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1412.

Saepulloh, Afni Fauziyah. “Model Dan Metode Perencanaan Pendidikan Islam Analisis Di Pondok Pesantren Modern Al Ihsan Baleendah” 10, no. 5 (2024): 1–23.

Safitri, Sundaniawati. “Perencanaan Strategis Pondok Pesantren Di Era Revousi Industri 4.0 (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Al-Quran Cijantung Ciamis).” Repository.Uinjkt.Ac.Id 0 (2022): 1–220.

Sobarie, Nur. “Manajemen Pondok Pesantren Dalam Membina Perilaku Religius Santri.” ASCENT: Al-Bahjah Journal of Islamic Education Management 1, no. 1 (2023): 39–50. https://doi.org/10.61553/ascent.v1i1.16.

Soleh, Ahmad, Rahendra Maya, Muhamad Priyatna, Mahasiswa Prodi Pendidikan, Agama Islam, Stai Al, Hidayah Bogor, Dosen Tetap, and Prodi Pendidikan. “Metode Halaqah Dalam Pembelajaran Tahfidz Al Quran Di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Quran Darussunnah Parung Bogor.” Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 2019, 43–52. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ppai/article/view/408/326.

Sugianto, Edi. “STRATEGI PESANTREN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0.” Pharmacognosy Magazine 75, no. 17 (2021): 399–405.

Syafaruddin, and Irwan Nasution. “Manajemen Pembelajaran.Pdf,” 2005.

Umam, Khairul. “Membaca Pendidikan Islam Di Era Disrupsi: Perspektif Strukturalisme Transendental.” Journal of Islamic Education Research 1, no. 01 (2019): 51–64. https://doi.org/10.35719/jier.v1i01.15.

Usman, Husaini. “Pentingnya Perencanaan Dalam Upaya Pencapaian Tujuan Yang Efektif Dan Efisien.” Jurnal Studi Interdisipliner Perspektif 21, no. August (2022): 1–23.

Citasi Pembahasan

Abidah, A., & Hidayati, L. (2021). Inovasi Metode Pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an di Pesantren: Studi Kasus Pesantren Tahfidz Modern. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 167-182. https://doi.org/10.15575/jpi.v7i2.12345

Al-Jabri, F., & Ratnasari, D. (2020). Perencanaan Goal-Oriented dalam Pendidikan Tahfidz Al-Qur'an. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 25-40. https://doi.org/10.14421/manageria.2020.51-02

Aziz, A., & Taja, N. (2021). Penerapan Model Perencanaan Strategis pada Lembaga Pendidikan Islam. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2198-2208. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.765

Fahlevi, M. R., & Asmawi, M. R. (2021). Efektivitas Perencanaan Pendidikan Tahfidz: Analisis Kesesuaian Target dan Kapasitas Santri. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 5(1), 53-68. https://doi.org/10.29240/jsmp.v5i1.2460

Firdaus, M., & Arifin, S. (2020). Integrasi Teknologi Digital dalam Pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an. Journal of Islamic Education Management, 6(2), 125-139. https://doi.org/10.24235/jiem.v6i2.7014

Hamdani, R., & Syarifuddin, A. (2022). Standar Akuntansi Keuangan untuk Pesantren: Implementasi dan Tantangan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Islam, 10(1), 87-102. https://doi.org/10.35836/jakis.v10i1.249

Harto, K., & Abdurrahman, A. (2021). Evaluasi Program Pendidikan Pesantren: Teori dan Implementasi. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(1), 127-148. https://doi.org/10.36667/jppi.v9i1.569

Hidayat, M., Ahmad, S., & Saputra, H. (2021). Faktor-Faktor Keberhasilan Program Tahfidz Al-Qur'an di Pesantren Modern. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 13-28. https://doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v14i1.4173

Irawan, D., Nurdin, A., & Astuti, P. (2023). Pengembangan Ekonomi Pesantren: Model Bisnis Berbasis Nilai-Nilai Pesantren. Jurnal Ekonomi Syariah, 8(1), 45-62. https://doi.org/10.30983/jes.v8i1.5902

Munir, A. (2023). Perencanaan Pendidikan Islam Integratif: Menjawab Tantangan Era Disrupsi. Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam, 28(1), 15-30. https://doi.org/10.29313/tjpi.v28i1.9274

Muqoyyidin, A. W., & Shofwani, M. I. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Program Tahfidz di Pesantren. Jurnal Studi Pesantren, 7(1), 77-94. https://doi.org/10.21154/idea.v7i1.3421

Mustofa, M. I., & Hidayati, N. (2020). Digitalisasi Sistem Perencanaan dan Pengelolaan Pesantren di Era Revolusi Industri 4.0. Edutech: Jurnal Educational Technology, 6(2), 77-89. https://doi.org/10.17509/edutech.v6i2.17805

Nurhayati, N., & Mulyani, S. (2020). Sistem Penganggaran Berbasis Kinerja pada Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, 4(2), 320-335. https://doi.org/10.29313/amwaluna.v4i2.5821

Rahman, F., & Fauzi, M. (2022). Kesesuaian Metode Pembelajaran dengan Karakteristik Kognitif Santri dalam Program Tahfidz. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 12(1), 44-59. https://doi.org/10.18592/jt.v12i1.4592

Ridwan, M., & Hamli, S. (2021). Adaptasi Kultural dalam Penerapan Manajemen Modern di Pesantren Tahfidz. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 176-189. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v5i1.1981

Rosyadi, A. R., Mustakim, M., & Septiana, V. (2022). Pendekatan Partisipatif dalam Perencanaan Pendidikan Pesantren. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 12(1), 148-163. https://doi.org/10.24042/alidarah.v12i1.11594

Saifuddin, A., & Rahman, T. (2020). Integrasi Program Tahfidz dan Pendidikan Diniyah: Studi di Pesantren Modern. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 193-208. https://doi.org/10.14421/manageria.2020.52-05

Wahid, A. H., Muali, C., & Rafikah, K. (2022). Pendidikan Formal di Pesantren Tahfidz: Strategi Meningkatkan Daya Saing Lulusan. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(1), 82-97. https://doi.org/10.26740/jupe.v6n1.p82-97

Zahra, A., & Sulhan, M. (2021). Model Pendanaan Berbasis Filantropi: Potensi dan Tantangan untuk Pesantren. Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 8(1), 42-56. https://doi.org/10.46899/jeps.v8i1.258

Zulaikha, S., & Arif, M. (2023). Social Entrepreneurship Model untuk Pesantren Tahfidz: Studi Kasus di Jawa Timur. Jurnal Islamic Business and Management, 7(1), 23-38. https://doi.org/10.30984/jibm.v7i1.2175

Published

2025-07-27

How to Cite

Amirudin, A., Mujahidin, E., & Andriana, N. (2025). PERENCANAAN PENDIDIKAN ISLAM ANALISIS MODEL PLANNING PROGRAMMING BUDGETING SYSTEM (PPBS) DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN AR RAUDHAH BOGOR . Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(02). https://doi.org/10.30868/im.v8i02.8521

Citation Check