TRACER STUDY ALUMNI STAI AL-HIDAYAH BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v8i02.8568Keywords:
Alumni, STAI Al-Hidayah, Tracer StudyAbstract
Tracer study merupakan upaya ilmiah yang diselenggarakan untuk memastikan bahwa program pengembangan alumni yang direncanakan telah sesuai dengan kebutuhan perguruan tinggi dan alumni itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan secara jelas terkait pelaksanaan Tracer Study Alumni di STAI Al-Hidayah Bogor sebagai upaya pengembangan alumni di perguruan tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder yang dikumpulkan melalui dokumen-dokumen yang berasal dari STAI Al-Hidayah Bogor serta sumber lainnya yang relevan seperti publikasi ilmiah dan artikel-artikel daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tracer Study STAI Al-Hidayah Bogor memegang peran yang penting sebagai langkah awal dalam pengembangan alumni, baik untuk kepentingan internal maupun eksternal lembaga. Khususnya secara internal, Tracer Study memberikan gambaran bahwa Prodi IAT STAI Al-Hidayah Bogor telah berhasil dalam mempersiapkan para lulusannya agar dapat diterima kerja pada waktu yang relatif singkat.
References
Alumni. (2016). [Diakses: 19 Mei, 2025]. Tersedia: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/alumni.
Arianto, I. (2017). Pengelolaan Alumni Universitas Gadjah Mada (UGM) dalam Perspektif Konsep Customer Relationship Management (CRM) (Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, Indonesia). Tersedia: http://etheses.uinmalang.ac.id/id/eprint/11544.
Deni, I. F., & Salamuddin. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Alumni PTKI: Analisis Alumni Prodi di Pengembangan Masyarakat Islam UINSU di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Mukadimah: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial, 3(1), 19-24. DOI: https://doi.org/10.30743/mkd.v3i1.999.
Mulyono, P., Haryati, T. (2023). Konsep dan Penerapan Fungsi Manajemen Pendidikan. Jurnal Pendidikan Terintegrasi, 4 (1), 82-91. Tersedia: https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpt/article/view/23768
Nuryasin, M., & Mitrohardjono, M. (2019). Strategi Perencanaan Pengembangan Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 77-84. DOI: 10.24853/tahdzibi.4.2.77-84.
Para Pejuang di Perang Badar. (n.d.). [Diakses: 19 Mei, 2025]. Tersedia: https://almanhaj.or.id/2596-para-pejuang-di-perang-badar.html.
Perang Hunain (Bagian-1). (n.d.). [Diakses: 19 Mei, 2025]. Tersedia: https://almanhaj.or.id/5501-perang-hunain-bagian1.html.
Perencanaan. (2016). [Diakses: 19 Mei, 2025]. Tersedia: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/perencanaan.
Priyanto, D. (2018). Pengembangan Perencanaan Pendidikan Islam (Konsep Strategi Pengembangan Di Indonesia). INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 16(3), 294-307. DOI: https://doi.org/10.24090/insania.v16i3.1594.
Rahayu, A. M., Mujahidin, E., Handrianto, B. (2021). Perencanaan Pengembangan Alumni Perguruan Tinggi dalam Perspektif Islam. Idarah Tarbawiyah Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2 (2), 76-90. DOI: https://doi.org/10.32832/itjmie.v2i2.4654
Rahman, K. (2021). Menyoal Peran Alumni (Analisis Manajemen Pembedayaan Alumni UIN Khas Jember). Fenomena, 20 (2), 189-208. DOI: 10.35719/fenomena. v20i2.59
Romdoni, M. D. & Sa’diyah, M. (2024). Perencanaan Pengembangan Alumni di Pondok Pesantren (Studi di Pesantren Darul Muttaqien Bogor). JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 5 (3), 413-420. Diakses: https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/jpg/index
Sadikin, S., Sujana, D., Ariyani, E. D. (2023). Studi Penelusuran (Tracer Studi) Alumni sebagai Sarana Pemantauan Serapan Lulusan di Politeknik Manufaktur Bandung. Jurnal Ilmiah MEA, 7(1), 90-99. DOI: https://doi.org/10.31955/mea.v7i1.2850
Saipuddin. (2021). Perencanaan Pengembangan Alumni Pendidikan Islam di Ma’had Bina Tahfidz Indonesia. Rayah Al-Islami: Jurnal Ilmu Islam, 5 (2), 550-556. DOI: https://doi.org/10.37274/rais.v5i02.484
Setyo Pamuji, Y., Indrayanto, H., Bandung, H. (2017). Laporan Tracer Study 2017
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surikno, H., Novianty, S. N., Miska, R. (2022). Hakikat Pendidikan Islam: Telaah Makna, Dasar, dan Tujuan Pendidikan Islam di Indonesia. Al Mau’izhah, 12 (1). Diakses: https://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/mauizhah/article/download/95/85
Widjaja, S. & Hadiwidjaja, E. P. (2023). Pengembangan Sistem Pelacakan Alumni (Tracer Study) Menggunakan Metode Prototipe Berbasis Website. Dinamik, 28 (2), 61-70. DOI: https://doi.org/10.35315/dinamik.v28i2.9325
Winarti, E. (2018). Perencanaan Manajemen Sumber Daya Manusia Lembaga Pendidikan. Jurnal Tarbiyatuna, 3(1), 1-26. Diakses: http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/tarbiyatuna/article/view/3434.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Erna Rooslyna Affandi, Endin Mujahidin, Nesia Andriana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).