TRACER STUDY ALUMNI STAI AL-HIDAYAH BOGOR

Authors

  • Erna Rooslyna Affandi Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Endin Mujahidin Universitas Ibn Khaldun Bogor , Indonesia
  • Nesia Andriana Universitas Ibn Khaldun Bogor , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v8i02.8568

Keywords:

Alumni, STAI Al-Hidayah, Tracer Study

Abstract

Tracer study merupakan upaya ilmiah yang diselenggarakan untuk memastikan bahwa program pengembangan alumni yang direncanakan telah sesuai dengan kebutuhan perguruan tinggi dan alumni itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan secara jelas terkait pelaksanaan Tracer Study Alumni di STAI Al-Hidayah Bogor sebagai upaya pengembangan alumni di perguruan tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder yang dikumpulkan melalui dokumen-dokumen yang berasal dari STAI Al-Hidayah Bogor serta sumber lainnya yang relevan seperti publikasi ilmiah dan artikel-artikel daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tracer Study STAI Al-Hidayah Bogor memegang peran yang penting sebagai langkah awal dalam pengembangan alumni, baik untuk kepentingan internal maupun eksternal lembaga. Khususnya secara internal, Tracer Study memberikan gambaran bahwa Prodi IAT STAI Al-Hidayah Bogor telah berhasil dalam mempersiapkan para lulusannya agar dapat diterima kerja pada waktu yang relatif singkat.

References

Alumni. (2016). [Diakses: 19 Mei, 2025]. Tersedia: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/alumni.

Arianto, I. (2017). Pengelolaan Alumni Universitas Gadjah Mada (UGM) dalam Perspektif Konsep Customer Relationship Management (CRM) (Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, Indonesia). Tersedia: http://etheses.uinmalang.ac.id/id/eprint/11544.

Deni, I. F., & Salamuddin. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Alumni PTKI: Analisis Alumni Prodi di Pengembangan Masyarakat Islam UINSU di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Mukadimah: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial, 3(1), 19-24. DOI: https://doi.org/10.30743/mkd.v3i1.999.

Mulyono, P., Haryati, T. (2023). Konsep dan Penerapan Fungsi Manajemen Pendidikan. Jurnal Pendidikan Terintegrasi, 4 (1), 82-91. Tersedia: https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpt/article/view/23768

Nuryasin, M., & Mitrohardjono, M. (2019). Strategi Perencanaan Pengembangan Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 77-84. DOI: 10.24853/tahdzibi.4.2.77-84.

Para Pejuang di Perang Badar. (n.d.). [Diakses: 19 Mei, 2025]. Tersedia: https://almanhaj.or.id/2596-para-pejuang-di-perang-badar.html.

Perang Hunain (Bagian-1). (n.d.). [Diakses: 19 Mei, 2025]. Tersedia: https://almanhaj.or.id/5501-perang-hunain-bagian1.html.

Perencanaan. (2016). [Diakses: 19 Mei, 2025]. Tersedia: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/perencanaan.

Priyanto, D. (2018). Pengembangan Perencanaan Pendidikan Islam (Konsep Strategi Pengembangan Di Indonesia). INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 16(3), 294-307. DOI: https://doi.org/10.24090/insania.v16i3.1594.

Rahayu, A. M., Mujahidin, E., Handrianto, B. (2021). Perencanaan Pengembangan Alumni Perguruan Tinggi dalam Perspektif Islam. Idarah Tarbawiyah Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2 (2), 76-90. DOI: https://doi.org/10.32832/itjmie.v2i2.4654

Rahman, K. (2021). Menyoal Peran Alumni (Analisis Manajemen Pembedayaan Alumni UIN Khas Jember). Fenomena, 20 (2), 189-208. DOI: 10.35719/fenomena. v20i2.59

Romdoni, M. D. & Sa’diyah, M. (2024). Perencanaan Pengembangan Alumni di Pondok Pesantren (Studi di Pesantren Darul Muttaqien Bogor). JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 5 (3), 413-420. Diakses: https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/jpg/index

Sadikin, S., Sujana, D., Ariyani, E. D. (2023). Studi Penelusuran (Tracer Studi) Alumni sebagai Sarana Pemantauan Serapan Lulusan di Politeknik Manufaktur Bandung. Jurnal Ilmiah MEA, 7(1), 90-99. DOI: https://doi.org/10.31955/mea.v7i1.2850

Saipuddin. (2021). Perencanaan Pengembangan Alumni Pendidikan Islam di Ma’had Bina Tahfidz Indonesia. Rayah Al-Islami: Jurnal Ilmu Islam, 5 (2), 550-556. DOI: https://doi.org/10.37274/rais.v5i02.484

Setyo Pamuji, Y., Indrayanto, H., Bandung, H. (2017). Laporan Tracer Study 2017

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surikno, H., Novianty, S. N., Miska, R. (2022). Hakikat Pendidikan Islam: Telaah Makna, Dasar, dan Tujuan Pendidikan Islam di Indonesia. Al Mau’izhah, 12 (1). Diakses: https://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/mauizhah/article/download/95/85

Widjaja, S. & Hadiwidjaja, E. P. (2023). Pengembangan Sistem Pelacakan Alumni (Tracer Study) Menggunakan Metode Prototipe Berbasis Website. Dinamik, 28 (2), 61-70. DOI: https://doi.org/10.35315/dinamik.v28i2.9325

Winarti, E. (2018). Perencanaan Manajemen Sumber Daya Manusia Lembaga Pendidikan. Jurnal Tarbiyatuna, 3(1), 1-26. Diakses: http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/tarbiyatuna/article/view/3434.

Published

2025-07-27

How to Cite

Affandi, E. R., Mujahidin, E., & Andriana, N. (2025). TRACER STUDY ALUMNI STAI AL-HIDAYAH BOGOR. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(02). https://doi.org/10.30868/im.v8i02.8568

Citation Check