KARAKTER EKOLOGIS BERBASIS NILAI ISLAM: IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA DI SMPN 13 MALANG

Authors

  • Laili Farikha Mam’luah Universitas Islam Malang, Indonesia
  • Dwi Fitri Wiyono Universitas Islam Malang, Indonesia
  • Dian Mohammad Hakim Universitas Islam Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v8i02.8583

Keywords:

implementasi, karakter peduli lingkungan, Program adiwiyata

Abstract

Program sekolah hijau (Adiwiyata) merupakan kerjasama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Kementerian Lingkungan Hidup yang diresmikan pada tanggal 21 Februari 2006. Persoalan pengelolaan sampah di SMPN 13 Malang menjadi salah satu tantangan utama yang dihadapi oleh lembaga pendidikan ini. Namun, setelah melaksanakan program Adiwiyata secara konsisten, transformasi dapat dilihat dari sikap dan kepedulian lingkungan dari peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan program Adiwiyata berbasis nilai-nilai agama Islam di SMP Negeri 13 Malang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi primer. Analisis data melalui pengumpulan data, kondensasi data, display, dan penarikan simpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan program Adiwiyata melalui proses pemahaman konsep lingkungan, integrasi nilai-nilai Islam dalam program Adiwiyata, lingkungan sekolah yang mendukung, dan pada akhirnya akan berdampak pada pembentukan karakter peduli lingkungan siswa. Dampak yang timbul adalah penguatan tanggung jawab siswa, peningkatan kepedulian terhadap lingkungan, pola hidup berkelanjutan, serta penguatan karakter religius dan jiwa sosial siswa.

References

Adila, M., & Hs, E. F. (2024). Implementasi Program Adiwiyata Di Sekolah ( Studi Perilaku Siswa Peduli Lingkungan Kelas IV Di UPT SPF SD Inpres Antang 1 Kota Makassar ). 8(2), 230–236. doi: https://doi.org/10.29408/kpj.v8i2.21481

Adiwiyata, T. (2011). Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. 1–5.

Aini, S. Q., & Syamwil, F. (2020). Konstruksi Pendidikan Karakter Siswa Melalui Keteladanan Guru Di Sekolah. MANAGERE : Indonesian Journal of Educational Management, 2(2), 149–156. doi: 10.52627/ijeam.v2i2.34

Al-anwari, A. M. (2014). STRATEGI PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH ADIWIYATA MANDIRI. XIX(02), 227–252.

Anastya, Z., Shobihah, A., & Fadhil, A. (2022). Peranan Lingkungan Sekolah Terhadap Penguatan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Sman 111 Jakarta. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 13(2), 835. doi: 10.26418/j-psh.v13i2.54803

Augustina, A., & Setiawan, A. C. (2024). Implementasi Program ADIWIYATA Dalam Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan ( Studi Kasus di MTs Negeri 7 Kediri). Journal Edu Learning, 3(1), 17–25.

Herlina, R. (2021). Implementasi Program Adiwiyata terhadap Penanaman Sikap Peduli Siswa pada Lingkungan Di SMK Negeri 1 Jaro. Langsat, Jurnal Pendidikan Dan Sosial, 8(1), 38–41. Retrieved from https://rumahjurnal.net/langsat/article/view/1040

Indonesia Environment and Energi Center (IEC). Retrieved from https://environment-indonesia.com/?s=10+masalah+besar+lingkungan+di+indonesia+

Ithof, M. (2019). Artikel peduli lingkungan. Jurnal Ilmu Lingkungan, 2(11), 0–9.

Lickona, T. (2009). Educating for Character. New York: Random House Publishing Group;Bantam Books.

Mamonto, M., & Pd, S. I. (2023). Implementasi Gaya Hidup Berkelanjutan Untuk Mewujudkan Sekolah Produktif Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di SD Negeri 1 Pinonobatuan. 2, 323–332.

Medina, J. B. (2023). Description of Environmental Care Analysis of Students in Elementary Schools. Journal Evaluation in Education (JEE), 4(3), 95–103. doi: 10.37251/jee.v4i3.335

Miles, M. M. H. (1994). Qualitative Data Analysis. In Sage publications, Inc (Vol. 1304, p. 352).

Nainggolan, M., Sitanggang, B., Sitohang, D., Siahaan, E., Sinaga, E., Siahaan, F., Hutasoit, K., Malau, S., & Tamba, W. (2024). Analisis Pengaruh Pendidikan Agama Terhadap Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan. Journal on Education, 6(4), 20962–20977. doi: 10.31004/joe.v6i4.6237

Nasr, S. H. (2010). Islam and the Environmental Crisis. Harvard University Press.

Rosela, & Gunansyah, G. (2022). Peran Guru Dalam Penanaman Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(5), 1450–1461.

Safitri, D., Putra, Fauzan, F., & Marini, A. (2020). Ekolabel dan Pendidikan Lingkungan Hidup. In Pustaka Mandiri (p. 129).

Sagala, A. H., Orlando, G., Syawaluddin, F. A., & ... (2024). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kepedulian Terhadap Pelestarian Lingkungan pada Generasi Muda. Jurnal Sains …, 14(April), 488–498. Retrieved from http://journal.unigha.ac.id/index.php/JSR/article/view/2473%0Ahttps://journal.unigha.ac.id/index.php/JSR/article/download/2473/1808

Sahrodin. (2022). KONSEP LINGKUNGAN DAN SARANA PENDIDIKAN PERSEPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Mubtadiin, 8(1), 150–151.

Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Wibowo, M. Z. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Mampu Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI), 1(1), 76–83.

Zainul Hakim, & Hakim, D. M. (2022). KONSEP MANUSIA DALAM PANDANGAN AL-QUR’AN. Jurnal Ilmiah Ahwal Syakhshiyyah (JAS), 4(2), 249–264. doi: 10.33474/jas.v4i2.19162

Published

2025-07-25

How to Cite

Mam’luah, L. F., Wiyono, D. F., & Hakim, D. M. (2025). KARAKTER EKOLOGIS BERBASIS NILAI ISLAM: IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA DI SMPN 13 MALANG. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(02). https://doi.org/10.30868/im.v8i02.8583

Citation Check