KARAKTER EKOLOGIS BERBASIS NILAI ISLAM: IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA DI SMPN 13 MALANG
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v8i02.8583Keywords:
implementasi, karakter peduli lingkungan, Program adiwiyataAbstract
Program sekolah hijau (Adiwiyata) merupakan kerjasama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Kementerian Lingkungan Hidup yang diresmikan pada tanggal 21 Februari 2006. Persoalan pengelolaan sampah di SMPN 13 Malang menjadi salah satu tantangan utama yang dihadapi oleh lembaga pendidikan ini. Namun, setelah melaksanakan program Adiwiyata secara konsisten, transformasi dapat dilihat dari sikap dan kepedulian lingkungan dari peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan program Adiwiyata berbasis nilai-nilai agama Islam di SMP Negeri 13 Malang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi primer. Analisis data melalui pengumpulan data, kondensasi data, display, dan penarikan simpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan program Adiwiyata melalui proses pemahaman konsep lingkungan, integrasi nilai-nilai Islam dalam program Adiwiyata, lingkungan sekolah yang mendukung, dan pada akhirnya akan berdampak pada pembentukan karakter peduli lingkungan siswa. Dampak yang timbul adalah penguatan tanggung jawab siswa, peningkatan kepedulian terhadap lingkungan, pola hidup berkelanjutan, serta penguatan karakter religius dan jiwa sosial siswa.
References
Adila, M., & Hs, E. F. (2024). Implementasi Program Adiwiyata Di Sekolah ( Studi Perilaku Siswa Peduli Lingkungan Kelas IV Di UPT SPF SD Inpres Antang 1 Kota Makassar ). 8(2), 230–236. doi: https://doi.org/10.29408/kpj.v8i2.21481
Adiwiyata, T. (2011). Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. 1–5.
Aini, S. Q., & Syamwil, F. (2020). Konstruksi Pendidikan Karakter Siswa Melalui Keteladanan Guru Di Sekolah. MANAGERE : Indonesian Journal of Educational Management, 2(2), 149–156. doi: 10.52627/ijeam.v2i2.34
Al-anwari, A. M. (2014). STRATEGI PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH ADIWIYATA MANDIRI. XIX(02), 227–252.
Anastya, Z., Shobihah, A., & Fadhil, A. (2022). Peranan Lingkungan Sekolah Terhadap Penguatan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Sman 111 Jakarta. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 13(2), 835. doi: 10.26418/j-psh.v13i2.54803
Augustina, A., & Setiawan, A. C. (2024). Implementasi Program ADIWIYATA Dalam Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan ( Studi Kasus di MTs Negeri 7 Kediri). Journal Edu Learning, 3(1), 17–25.
Herlina, R. (2021). Implementasi Program Adiwiyata terhadap Penanaman Sikap Peduli Siswa pada Lingkungan Di SMK Negeri 1 Jaro. Langsat, Jurnal Pendidikan Dan Sosial, 8(1), 38–41. Retrieved from https://rumahjurnal.net/langsat/article/view/1040
Indonesia Environment and Energi Center (IEC). Retrieved from https://environment-indonesia.com/?s=10+masalah+besar+lingkungan+di+indonesia+
Ithof, M. (2019). Artikel peduli lingkungan. Jurnal Ilmu Lingkungan, 2(11), 0–9.
Lickona, T. (2009). Educating for Character. New York: Random House Publishing Group;Bantam Books.
Mamonto, M., & Pd, S. I. (2023). Implementasi Gaya Hidup Berkelanjutan Untuk Mewujudkan Sekolah Produktif Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di SD Negeri 1 Pinonobatuan. 2, 323–332.
Medina, J. B. (2023). Description of Environmental Care Analysis of Students in Elementary Schools. Journal Evaluation in Education (JEE), 4(3), 95–103. doi: 10.37251/jee.v4i3.335
Miles, M. M. H. (1994). Qualitative Data Analysis. In Sage publications, Inc (Vol. 1304, p. 352).
Nainggolan, M., Sitanggang, B., Sitohang, D., Siahaan, E., Sinaga, E., Siahaan, F., Hutasoit, K., Malau, S., & Tamba, W. (2024). Analisis Pengaruh Pendidikan Agama Terhadap Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan. Journal on Education, 6(4), 20962–20977. doi: 10.31004/joe.v6i4.6237
Nasr, S. H. (2010). Islam and the Environmental Crisis. Harvard University Press.
Rosela, & Gunansyah, G. (2022). Peran Guru Dalam Penanaman Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(5), 1450–1461.
Safitri, D., Putra, Fauzan, F., & Marini, A. (2020). Ekolabel dan Pendidikan Lingkungan Hidup. In Pustaka Mandiri (p. 129).
Sagala, A. H., Orlando, G., Syawaluddin, F. A., & ... (2024). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kepedulian Terhadap Pelestarian Lingkungan pada Generasi Muda. Jurnal Sains …, 14(April), 488–498. Retrieved from http://journal.unigha.ac.id/index.php/JSR/article/view/2473%0Ahttps://journal.unigha.ac.id/index.php/JSR/article/download/2473/1808
Sahrodin. (2022). KONSEP LINGKUNGAN DAN SARANA PENDIDIKAN PERSEPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Mubtadiin, 8(1), 150–151.
Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Wibowo, M. Z. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Mampu Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI), 1(1), 76–83.
Zainul Hakim, & Hakim, D. M. (2022). KONSEP MANUSIA DALAM PANDANGAN AL-QUR’AN. Jurnal Ilmiah Ahwal Syakhshiyyah (JAS), 4(2), 249–264. doi: 10.33474/jas.v4i2.19162
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Laili Farikha Mam’luah, Dwi Fitri Wiyono, Dian Mohammad Hakim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).