EFEKTIVITAS SISTEM MANAJEMEN KINERJA STAF TATA USAHA DALAM PENCAPAIAN MUTU LAYANAN ADMINISTRASI SEKOLAH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PERSIAPAN 4 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v8i02.8595Keywords:
Management, Service Quality, Administrative ServicesAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas sistem manajemen kinerja staf tata usaha dalam pencapaian mutu layanan administrasi di madrasah aliyah negeri persiapan 4 Medan. Penelitian ini menggunakan jenis penilitian dengan pendekatan kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwaHasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan ketatausahaan di MANP 4 Medan melibatkan perumusan tugas dan fungsi layanan administrasi, penetapan tujuan, evaluasi pekerjaan, pengalokasian dana, pengadaan sarana dan prasarana, serta pemecahan masalah. Pelaksanaan ketatausahaan dilakukan dengan baik mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengelolaan, hingga pengawasan. Kegiatan ketatausahaan meliputi administrasi kepegawaian, keuangan, data dan informasi, sarana dan prasarana, serta persuratan. Implikasi dari penelitian ini adalah berfungsinya sistem manajemen ketatausahaan, peningkatan mutu pelayanan administrasi sekolah, serta terjalinnya kerja sama antara pengelola, pendidik dan peserta didik dalam mencapai tujuan tersebut.
References
Andi A.,Haslinda,Muhamad R.,Kasmawati.,(2023).," MANAJEMEN KETATAUSAHAAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN ADMINISTRASI ".7(2)
Arikunto, S. (2000). Manajemen penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Diah R.M, dan Hengki P., (2023), "IMPLEMENTASI PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU PAUD MELALUI DIKLAT BERJENJANG", 1(1)
Huzaini, Ahmad. (2021). "Implementasi Kebijakan Permendiknas No 24 Tahun 2008 Tentang
Tenaga Administrasi SMA dan SMK Negeri Kota Pekanbaru," Jurnal Manajemen
Pendidikan, Vol 9, No 2
Hasibuan, M. S. P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Miles, B. M., & Huberman, M. (2014). Qualitative Data Analysis. London: Sage
Publications.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi revisi). Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
Mangkunegara, A. A. Anwar Prabu. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2009). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Nawawi, H. (2003). Administrasi Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.Sulistyorini, R. (2020). "Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pengaruhnya terhadap Kinerja Staf Tata Usaha". Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, Vol. 6, No. 1.
Nurbayan, A. (2018). "Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam Meningkatkan Kinerja Staf Tata Usaha Sekolah". Jurnal Manajer Pendidikan, Vol. 12, No. 1.
Ramayulis. (2017). Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia.
Robbins, S. P., & Coulter, M. (2016). Management. Pearson Education.
Sismawati, S., Hasibuan, L., & Savitri, R. (2021). Manajemen Tata Usaha Di Madrasah Tsanawiyah Laboratorium Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Kota Jambi (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).
Simamora, H. (2016). Manajemen sumber daya manusia (Edisi revisi). Yogyakarta: Andi Publisher.
Siagian, S. P. (2008). Administrasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Siagian, S. P. (2012). Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Subroto, E. (2017). "Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Dampaknya terhadap Kinerja Tenaga Administrasi". Jurnal Kepemimpinan Pendidikan, Vol. 3, No. 2.
Wijayanto, Dian. (2012). Pengantar Manajemen, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Wijaya, A. (2019). "Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Staf Tata Usaha". Jurnal Ilmiah Administrasi Pendidikan, Vol. 10, No. 2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Syafitri Halawa, Nurika Khalila Daulay

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).