PERENCANAAN PROSES PEMBELAJARAN PAI DENGAN PENDEKATAN PAIKEM PADA MATERI KETENTUAN PERNIKAHAN DALAM ISLAM DI SMA NEGERI 1 JONGGOL

Authors

  • Nana Mardiana Universitas Ibnu Khaldun Bogor, Indonesia
  • Endin Mujahidin Universitas Ibnu Khaldun Bogor, Indonesia
  • Nesia Andriana Universitas Ibnu Khaldun Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v8i02.8597

Keywords:

Perencanaan, Proses Pembelajaran, PAI, PAIKEM, Ketentuan Pernikahan, Islam

Abstract

Ketentuan tentang pernikahan dalam Islam adalah salah satu materi penting dalam kurikulum PAI. Ketentuan ini bersifat teoretis, aplikasi, dan berdampak sosial yang luas. Tujuan penelitian ini  mendeskripsikan perncanaan proses pembelajaran PAI materi ketentuan pernikahan dalam Islam dengan pendekatan PAIKEM di SMA Negeri 1 Jonggol ,   penelitian ini menngunakan metode  kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menggambarkan  perencanaan proses pembelajaran PAI dengan pendekatan PAIKEM dilakukan dengan menganalisis kurikulum dan menyusun modul ajar, memilih metode dan media pembelajaran Inovatif, mengembangkan materi berbasis konteks siswa, menggunakan strategi yang berorientasi pada proses dan hasil, penguatan peran guru sebagai fasilitator,integrasi nilai karakter dengan life skills, adaptasi teknologi dan sumber belajar. Perencanaan pembelajaran PAI dengan pendekatan PAIKEM pada materi ketentuan pernikahan Islam membutuhkan integrasi kurikulum, metodologi, media, dan evaluasi holistik. Metode ini membantu siswa memahami hukum syariat dan memahami nilai-nilai pernikahan, sebuah institusi suci yang membentuk sifat mulia. Setelah implementasi yang konsisten, lulusan akan siap menjalani kehidupan berumah tangga yang sesuai dengan prinsip Islam dan bertanggung jawab

References

Ahmad, F. Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Fikih Kontemporer. Jakarta: Prenadamedia Group, 2023.

Amani, M. Strategi Pembelajaran Inovatif di Era Digital. Jakarta: Prenadamedia Group, 2016.

Asmani, Jamal Ma'mur. Tips Menjadi Guru Inspiratif. Yogyakarta: Diva Press, 2016.

Frandani, Muhammad, Endin Mujahidin, Nesia Andriana, and Abas Mansur Tamam. 2025. “Perencanaan Proses Pembelajaran Pendidikan Islam Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Islam 11 (1): 206–20.

Hartono, R. Model Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Rineka Cipta, 2014.

Hidayat, T., and Asyafah, A. 2023. “Konsep Dasar Evaluasi dan Implikasinya dalam Evaluasi Pembelajaran PAI di Sekolah.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 14 (1): 1–19.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Panduan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA/SMK. Jakarta: Kemendikbud, 2023.

Nashir, H. Fikih Kontemporer: Respons Terhadap Dinamika Kehidupan Modern. Surakarta: Muhammadiyah University Press, 2023.

Rahman, A. 2024. “Efektivitas Strategi Pembelajaran Aktif dalam Pembelajaran PAI di SMA.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 11 (1): 75–92.

Rahmatullah, A. S., and Azhar, M. 2024. “Pendekatan PAIKEM dalam Pembelajaran PAI: Tantangan dan Peluang.” Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam 29 (1): 22–37.

Rosyada, Dede. Pendidikan Islam dalam Paradigma Integratif-Interkonektif. Jakarta: Kencana, 2016.

Sadiah, H. E., and Endin Mujahidin. 2023. “Perencanaan Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di STP Khoiru Ummah Bogor.” no. 13: 183–90.

Saebani, B. A. Fiqh Munakahat: Kajian Fiqh Nikah Lengkap. Bandung: Pustaka Setia, 2024.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. n.p.: Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, t.t. https://opac.perpusnas.go.id.

Sawyer, James. Creative Teaching in Islamic Education. London: Routledge, 2019.

Siadari, Ulian Burju, and Priyono Sudarsono. Pembelajaran Berbasis PAIKEM: Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (Tinjauan Pendidikan Dasar, Menengah dan Pendidikan Tinggi). Malang: Literasi Nusantara Abadi Grup, t.t.

Sudarsana, I. Ketut, Suhardi, and G. N. Putra. Pendidikan Inovatif untuk Generasi Milenial. Denpasar: Lembaga Penelitian Undiksha, 2019.

Sudarsana, I. K., et al. 2023. “Technology Application in Education and Learning Process.” Journal of Physics: Conference Series 1363 (1).

Suprijono, Agus. Strategi Pembelajaran Aktif di Era Digitalisasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2024.

Suprijono, Agus. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2024.

Suyadi. Revolusi Pendidikan Islam di Era Industri 4.0. Bandung: Rosda Karya, 2020.

Umms, A., and T. Kvan. Pedagogical Innovation in Islamic Teaching. Kuala Lumpur: IIUM Press, 2021.

Wood. The Spread the Happiness Approach: Happy Teachers, Happy Classrooms, Better Education. New York: Routledge, 2021.

Wright, and Khoo. Pedagogy and Partnerships in Innovative Learning Environments (Case Studies From New Zealand Contexts). Singapore: Springer, 2021.

Zain, Muhammad Irfan, Endin Mujahidin, Nesia Andriana, I. T. Al, Binaa Bekasi, Universitas Ibn, and Khaldun Bogor. 2023. “Metode Perencanaan Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Islam 9 (1): 347–61.

Published

2025-07-27

How to Cite

Mardiana, N., Mujahidin, E., & Andriana, N. (2025). PERENCANAAN PROSES PEMBELAJARAN PAI DENGAN PENDEKATAN PAIKEM PADA MATERI KETENTUAN PERNIKAHAN DALAM ISLAM DI SMA NEGERI 1 JONGGOL. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(02). https://doi.org/10.30868/im.v8i02.8597

Citation Check