PERENCANAAN PROSES PEMBELAJARAN PAI DENGAN PENDEKATAN PAIKEM PADA MATERI KETENTUAN PERNIKAHAN DALAM ISLAM DI SMA NEGERI 1 JONGGOL
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v8i02.8597Keywords:
Perencanaan, Proses Pembelajaran, PAI, PAIKEM, Ketentuan Pernikahan, IslamAbstract
Ketentuan tentang pernikahan dalam Islam adalah salah satu materi penting dalam kurikulum PAI. Ketentuan ini bersifat teoretis, aplikasi, dan berdampak sosial yang luas. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan perncanaan proses pembelajaran PAI materi ketentuan pernikahan dalam Islam dengan pendekatan PAIKEM di SMA Negeri 1 Jonggol , penelitian ini menngunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menggambarkan perencanaan proses pembelajaran PAI dengan pendekatan PAIKEM dilakukan dengan menganalisis kurikulum dan menyusun modul ajar, memilih metode dan media pembelajaran Inovatif, mengembangkan materi berbasis konteks siswa, menggunakan strategi yang berorientasi pada proses dan hasil, penguatan peran guru sebagai fasilitator,integrasi nilai karakter dengan life skills, adaptasi teknologi dan sumber belajar. Perencanaan pembelajaran PAI dengan pendekatan PAIKEM pada materi ketentuan pernikahan Islam membutuhkan integrasi kurikulum, metodologi, media, dan evaluasi holistik. Metode ini membantu siswa memahami hukum syariat dan memahami nilai-nilai pernikahan, sebuah institusi suci yang membentuk sifat mulia. Setelah implementasi yang konsisten, lulusan akan siap menjalani kehidupan berumah tangga yang sesuai dengan prinsip Islam dan bertanggung jawab
References
Ahmad, F. Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Fikih Kontemporer. Jakarta: Prenadamedia Group, 2023.
Amani, M. Strategi Pembelajaran Inovatif di Era Digital. Jakarta: Prenadamedia Group, 2016.
Asmani, Jamal Ma'mur. Tips Menjadi Guru Inspiratif. Yogyakarta: Diva Press, 2016.
Frandani, Muhammad, Endin Mujahidin, Nesia Andriana, and Abas Mansur Tamam. 2025. “Perencanaan Proses Pembelajaran Pendidikan Islam Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Islam 11 (1): 206–20.
Hartono, R. Model Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Rineka Cipta, 2014.
Hidayat, T., and Asyafah, A. 2023. “Konsep Dasar Evaluasi dan Implikasinya dalam Evaluasi Pembelajaran PAI di Sekolah.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 14 (1): 1–19.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Panduan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA/SMK. Jakarta: Kemendikbud, 2023.
Nashir, H. Fikih Kontemporer: Respons Terhadap Dinamika Kehidupan Modern. Surakarta: Muhammadiyah University Press, 2023.
Rahman, A. 2024. “Efektivitas Strategi Pembelajaran Aktif dalam Pembelajaran PAI di SMA.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 11 (1): 75–92.
Rahmatullah, A. S., and Azhar, M. 2024. “Pendekatan PAIKEM dalam Pembelajaran PAI: Tantangan dan Peluang.” Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam 29 (1): 22–37.
Rosyada, Dede. Pendidikan Islam dalam Paradigma Integratif-Interkonektif. Jakarta: Kencana, 2016.
Sadiah, H. E., and Endin Mujahidin. 2023. “Perencanaan Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di STP Khoiru Ummah Bogor.” no. 13: 183–90.
Saebani, B. A. Fiqh Munakahat: Kajian Fiqh Nikah Lengkap. Bandung: Pustaka Setia, 2024.
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. n.p.: Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, t.t. https://opac.perpusnas.go.id.
Sawyer, James. Creative Teaching in Islamic Education. London: Routledge, 2019.
Siadari, Ulian Burju, and Priyono Sudarsono. Pembelajaran Berbasis PAIKEM: Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (Tinjauan Pendidikan Dasar, Menengah dan Pendidikan Tinggi). Malang: Literasi Nusantara Abadi Grup, t.t.
Sudarsana, I. Ketut, Suhardi, and G. N. Putra. Pendidikan Inovatif untuk Generasi Milenial. Denpasar: Lembaga Penelitian Undiksha, 2019.
Sudarsana, I. K., et al. 2023. “Technology Application in Education and Learning Process.” Journal of Physics: Conference Series 1363 (1).
Suprijono, Agus. Strategi Pembelajaran Aktif di Era Digitalisasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2024.
Suprijono, Agus. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2024.
Suyadi. Revolusi Pendidikan Islam di Era Industri 4.0. Bandung: Rosda Karya, 2020.
Umms, A., and T. Kvan. Pedagogical Innovation in Islamic Teaching. Kuala Lumpur: IIUM Press, 2021.
Wood. The Spread the Happiness Approach: Happy Teachers, Happy Classrooms, Better Education. New York: Routledge, 2021.
Wright, and Khoo. Pedagogy and Partnerships in Innovative Learning Environments (Case Studies From New Zealand Contexts). Singapore: Springer, 2021.
Zain, Muhammad Irfan, Endin Mujahidin, Nesia Andriana, I. T. Al, Binaa Bekasi, Universitas Ibn, and Khaldun Bogor. 2023. “Metode Perencanaan Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Islam 9 (1): 347–61.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Nana Mardiana, Endin Mujahidin, Nesia Andriana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).