GLOBALISASI PENDIDIKAN PESANTREN: STUDI KASUS PROGRAM OVERSEAS DAN UMRAH EDUKATIF SANTRI PONDOK PESANTREN AS-SYIFA SAGALAHERANG SUBANG KE TIMUR TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v8i02.8611Keywords:
Globalisasi Pendidikan, Internasionalisasi Pesantren, Program Overseas SantriAbstract
Globalisasi telah membawa tantangan baru bagi lembaga pendidikan Islam, termasuk pesantren, untuk beradaptasi dalam meningkatkan daya saing global tanpa menghilangkan identitas keislamannya. Salah satu strategi adaptif yang diterapkan adalah program overseas dan umrah edukatif bagi santri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas dan tantangan implementasi program internasionalisasi pendidikan di Pondok Pesantren As-Syifa Sagalaherang Subang. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan desain studi kasus, didukung oleh teori experiential learning (Kolb, 2000) dan tinjauan literatur terkait transformasi pendidikan pesantren dalam konteks global. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ini berhasil meningkatkan kompetensi global santri melalui penguatan kemampuan bahasa, hafalan Al-Quran dan pemahaman lintas budaya, serta penanaman nilai spiritual dan kepemimpinan. Tantangan yang muncul berupa perbedaan bahasa, adaptasi lingkungan, dan tekanan psikologis berhasil diatasi melalui pola pembinaan adaptif berbasis nilai pesantren. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa pesantren memiliki potensi besar untuk menjadi aktor utama dalam globalisasi pendidikan Islam, asalkan didukung dengan desain program yang kontekstual, berkelanjutan, dan terintegrasi dengan nilai-nilai lokal.
References
Anisatussholihah, Nur, Nurul Ulfatin, and Juharyanto Juharyanto. 2024. “Strategi Kerja Sama Sekolah Dengan Lembaga Luar Negeri Untuk Mengoptimalkan Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Asing Di SMA.” JAMP : Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan 7 (1): 17. https://doi.org/10.17977/um027v7i12024p17.
Asyari, Abul Hasan Al. 2022. “Tantangan Sistem Pendidikan Pesantren Di Era Modern.” Risalatuna: Journal of Pesantren Studies 2 (1): 127. https://doi.org/10.54471/rjps.v2i1.1572.
Badri, Rania Alvita Rahma, Kismiyati El Karimah, and Yuliani Dewi Risanti Sunarya. 2024. “Adaptasi Lintas Budaya Mahasiswa Indonesia Di Lingkungan Perguruan Tinggi Taiwan Negeri Semarang Yang Menjadi Awardee Dari Indonesian International Student Mobility Awards ( IISMA ) Vokasi Di National Yunlin University of Science and Technology , Yunlin ,.” Jurnal Filosofi: Publikasi Ilmu Komunikasi, Desain, Seni Budaya 1 (4): 01–15. https://journal.asdkvi.or.id/index.php/Filosofi%0AAdaptasi.
Daeng, Nurhalimah Sulaiman. 2024. “Strategi Santri Pondok Pesantren Bustanul Mansuriyah Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi” 1: 23–29.
Erihadiana, Mohamad, Feri Rustandi, Cucu Munawaroh, Ali Roswan Pauzi, Universitas Islam, Negeri Sunan, and Gunung Djati. 2024. “ISLAMIC EDUCATION ADAPTATION TO SOCIOCULTURAL CHANGES IN THE GLOBALIZATION ERA” 6 (3): 396–408. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v6i3.6749.
Ghani, Abdul. 2023. “Membangun Sinergi Global : Upaya IAI Almuslim Aceh Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Kerja Sama Internasional Dalam Era Globalisasi , Kolaborasi Internasional Telah Menjadi Strategi Yang Dan Relevansi Di Tingkat Global . Internasionalisasi Dal” 2 (2): 119–28.
Hidayati, Inayah. 2023. “Breaking Barriers to Global Education: Investigating the Experiences of Middle-Income Students in Study Abroad Programs.” Global and Policy Journal of International Relations 11 (02): 209–18. https://doi.org/10.33005/jgp.v11i02.4140.
KOLB, D. 2000. “The Process of Experiential Learning.” Strategic Learning in a Knowledge Economy, no. 1984: 313–31. https://doi.org/10.1016/b978-0-7506-7223-8.50017-4.
Kusumaputri, Erika Setyanti, Hanifah Latif Muslimah, Adib Ahmad, and Mayreyna Nurwardani. 2021. “Positioning Indonesian Islamic Higher-Education Vis-a-Vis Globalisation: Organisational-Resilience Dynamics.” Cakrawala Pendidikan 40 (2): 413–27. https://doi.org/10.21831/cp.v40i2.39357.
Lisdaleni, Lisdaleni, Dwi Noviani, Paizaluddin Paizaluddin, and Belly Harisandi. 2022. “Problematika Pendidikan Islam Di Pesantren Dan Madrasah Di Era Globalisasi.” PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan 2 (4): 190–205. https://doi.org/10.56910/pustaka.v2i4.359.
Meliani, Fitre, Aji Muhamad Iqbal, Uus Ruswandi, and Mohamad Eriadiana. 2020. “Konsep Moderasi Islam Dalam Pendidikan Global Dan Multikultural Di Indonesia.” Eduprof : Islamic Education Journal 2 (2): 261–77.
Mujahid, Imam. 2021. “Islamic Orthodoxy-Based Character Education: Creating Moderate Muslim in a Modern Pesantren in Indonesia.” Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies 11 (2): 185–212. https://doi.org/10.18326/ijims.v11i2.185-212.
NAZIR, NORSYAHIDA MAT, NUR ZAHIRAH MOHD SHUKRI, SYED LAMSAH SYED CHEAR, and YANTI PASMAWATI. 2023. “Pengalaman Pembelajaran Pelajar Antarabangsa Di Universiti Swasta Negeri.” Quantum Journal of Social Sciences and Humanities 4 (2): 82–92. https://doi.org/10.55197/qjssh.v4i2.219.
Nurmanita, Tiara Sevi, Gunawan Wiradharma, Mario Aditya Prasetyo, Khaerul Anam, and Wardah Mazidatur Rohmah. 2024. “PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MENGUATKAN IDENTITAS NASIONAL SISWA DI LUAR NEGERI : PERSPEKTIF GURU DAN SISWA DI” 6356: 329–39.
Rohman, Abdul, Siti Muhtamiroh, Ali Imron, and Noor Miyono. 2023. “Integrating Traditional-Modern Education in Madrasa to Promote Competitive Graduates in the Globalization Era.” Cogent Education 10 (2). https://doi.org/10.1080/2331186X.2023.2268456.
Sriwahyuni, Emi. 2022. “Peranan Pondok Pesantren Terhadap Pembentukan Karakter Anak Didik Di Zaman Globalisasi.” Hikamia: Jurnal Pemikiran Tasawuf Dan Peradaban Islam 2 (1): 12–18. https://doi.org/10.58572/hkm.v2i1.8.
Subkhi Mahmasani. 2020. “View Metadata, Citation and Similar Papers at Core.Ac.Uk,” 274–82.
Triono, Andit, Annisatul Maghfiroh, Maratus Salimah, and Rohman Huda. 2022. “Transformasi Pendidikan Pesantren Di Era Globalisasi: Adaptasi Kurikulum Yang Berwawasan Global.” Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam 7 (1): 72. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v7i1.10405.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Feri Rustandi, Cucu Munawaroh, Ali Roswan Pauzi, Uus Ruswandi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).