DESAIN KURIKULUM PROGRAM TAHFIDZ DI PESANTREN TAHFIDZ AL-HIKMAH BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v8i02.8629Keywords:
Design, Curriculum Tahfidz, Boarding SchoolAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain kurikulum Program Tahfidz di Pesantren Tahfidz Al-Hikmah Bogor, baik dari aspek perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi pembelajarannya. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum tahfidz di pesantren ini dirancang secara terpadu dengan mengacu pada target hafalan 30 juz dalam jangka waktu tertentu yang disesuaikan dengan kemampuan santri. Kurikulum ini memuat struktur program, strategi pembelajaran, tahapan setoran hafalan (tahsin dan tahfidz), pembinaan karakter, serta evaluasi yang dilakukan secara berkala melalui ujian sima’an dan munaqasyah. Pendekatan yang digunakan bersifat integratif antara pendekatan tradisional dan sistematik modern yang memadukan aspek akademik, spiritual, dan psikologis. Desain kurikulum ini menjadi model yang efektif dalam mencetak penghafal Al-Qur’an yang tidak hanya kuat hafalan tetapi juga berakhlak mulia.
References
Al-Amin, A., Y., & Sukari, S. (2025). Isu Pendidikan Islam di Era Globalisasi. Hikmah : Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 2(1), 242–250. https://doi.org/10.61132/hikmah.v2i1.598
Al-Lahim, K., A., K. (2019). Mengapa Saya Menghafal Al-Qur’an,. Jakarta: Bumi Aksara.
Al-Munawar, S., A., H. (2005). Aktualisasi Nilai-Nilai Qur’an dalam Sistem Pendidikan Islam. Ciputat: Ciputat Press.
Az-Zawawi, Y., A., F. (2013). Revolusi Menghafal Al-Qur’an. Surakarta: Insan Kamil.
Fatoni, M. H., & Anshory, I. (2023). Problematika manajerial dan kurikulum pesantren. TSAQOFAH, 4(2), 836–844. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i2.2404
Hakim, L., & Khosim, A. (2016). Metode Ilham Menghafal Al-Qur’an Serasa Bermain Game. Bandung: Humaniora
Hamalik, O. (2007). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Huda, N. (2017). Manajemen Pengembangan Kurikulum. AlTanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 52–75
Irsyad, N., Q., D., M. (2016). Metode Cepat Dan Mudah Agar Anak Hafal AlQur’an. Yogyakarta: Semesta Hikmah.
Junita, K., Idi, A., & Rusdi, A. (2022). Pelaksanaan Program Tahsin dan Tahfidz Al-Qur’an dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Muaddib: Islamic Education Journal, 5(2), 107-115. https://doi.org/10.19109/muaddib.v5i2.15242.
Masagus, H., A., & Yayan, F. (2015). Quantum Tahfidz Metode Cepat dan Mudah Menghafal Al-Qur’an,. Jakarta: Emir.
Muhtarom, D. A., Rustanto, J., Yulianto, T., Wasto, W., & Triyantoz, A. (2022). Manajemen Kurikulum Tahfidz Qur’an Di Rumah Qur’an Al-Falaah Yasmin Bogor. Diversity: Jurnal Ilmiah Pascasarjana, 2(2). https://doi.org/10.32832/djip-uika.v2i2.7536.
Qomariah, M., I., N. (2016). Metode Cepat & Mudah agar Anak Hafal Al Qur’an. Yogyakarta: Semesta Hikmah.
Rauf, A., A., A. (2004). Kiat Sukses Menjadi Hafidz Qur’an Da’iya. Bandung: Pt Syaamil Cipta Media.
Saefuallah. (2014). Manajemen Pendidikan. Jawa Barat: CV Pustaka Setia.
Sugiono. (2018). Strategic Planning : Shaping or emerging From Organisations. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 177–184.
Usman, H. (2013). Manajemen, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.
Wahyudin, D. (2014). Manajemen Kurikulum. bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Yunus, M. (1990). Kamus Arab-Indonesia. Jakarta: Hidakarya Agung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Astri Hamidah, Endin Mujahidin, Nesia Andriana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).