DESAIN KURIKULUM PROGRAM TAHFIDZ DI PESANTREN TAHFIDZ AL-HIKMAH BOGOR

Authors

  • Astri Hamidah Universitas Ibnu Khaldun, Indonesia
  • Endin Mujahidin Universitas Ibnu Khaldun, Indonesia
  • Nesia Andriana Universitas Ibnu Khaldun Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v8i02.8629

Keywords:

Design, Curriculum Tahfidz, Boarding School

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain kurikulum Program Tahfidz di Pesantren Tahfidz Al-Hikmah Bogor, baik dari aspek perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi pembelajarannya. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum tahfidz di pesantren ini dirancang secara terpadu dengan mengacu pada target hafalan 30 juz dalam jangka waktu tertentu yang disesuaikan dengan kemampuan santri. Kurikulum ini memuat struktur program, strategi pembelajaran, tahapan setoran hafalan (tahsin dan tahfidz), pembinaan karakter, serta evaluasi yang dilakukan secara berkala melalui ujian sima’an dan munaqasyah. Pendekatan yang digunakan bersifat integratif antara pendekatan tradisional dan sistematik modern yang memadukan aspek akademik, spiritual, dan psikologis. Desain kurikulum ini menjadi model yang efektif dalam mencetak penghafal Al-Qur’an yang tidak hanya kuat hafalan tetapi juga berakhlak mulia.

References

Al-Amin, A., Y., & Sukari, S. (2025). Isu Pendidikan Islam di Era Globalisasi. Hikmah : Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 2(1), 242–250. https://doi.org/10.61132/hikmah.v2i1.598

Al-Lahim, K., A., K. (2019). Mengapa Saya Menghafal Al-Qur’an,. Jakarta: Bumi Aksara.

Al-Munawar, S., A., H. (2005). Aktualisasi Nilai-Nilai Qur’an dalam Sistem Pendidikan Islam. Ciputat: Ciputat Press.

Az-Zawawi, Y., A., F. (2013). Revolusi Menghafal Al-Qur’an. Surakarta: Insan Kamil.

Fatoni, M. H., & Anshory, I. (2023). Problematika manajerial dan kurikulum pesantren. TSAQOFAH, 4(2), 836–844. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i2.2404

Hakim, L., & Khosim, A. (2016). Metode Ilham Menghafal Al-Qur’an Serasa Bermain Game. Bandung: Humaniora

Hamalik, O. (2007). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Huda, N. (2017). Manajemen Pengembangan Kurikulum. AlTanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 52–75

Irsyad, N., Q., D., M. (2016). Metode Cepat Dan Mudah Agar Anak Hafal AlQur’an. Yogyakarta: Semesta Hikmah.

Junita, K., Idi, A., & Rusdi, A. (2022). Pelaksanaan Program Tahsin dan Tahfidz Al-Qur’an dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Muaddib: Islamic Education Journal, 5(2), 107-115. https://doi.org/10.19109/muaddib.v5i2.15242.

Masagus, H., A., & Yayan, F. (2015). Quantum Tahfidz Metode Cepat dan Mudah Menghafal Al-Qur’an,. Jakarta: Emir.

Muhtarom, D. A., Rustanto, J., Yulianto, T., Wasto, W., & Triyantoz, A. (2022). Manajemen Kurikulum Tahfidz Qur’an Di Rumah Qur’an Al-Falaah Yasmin Bogor. Diversity: Jurnal Ilmiah Pascasarjana, 2(2). https://doi.org/10.32832/djip-uika.v2i2.7536.

Qomariah, M., I., N. (2016). Metode Cepat & Mudah agar Anak Hafal Al Qur’an. Yogyakarta: Semesta Hikmah.

Rauf, A., A., A. (2004). Kiat Sukses Menjadi Hafidz Qur’an Da’iya. Bandung: Pt Syaamil Cipta Media.

Saefuallah. (2014). Manajemen Pendidikan. Jawa Barat: CV Pustaka Setia.

Sugiono. (2018). Strategic Planning : Shaping or emerging From Organisations. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 177–184.

Usman, H. (2013). Manajemen, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.

Wahyudin, D. (2014). Manajemen Kurikulum. bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yunus, M. (1990). Kamus Arab-Indonesia. Jakarta: Hidakarya Agung.

Published

2025-07-27

How to Cite

Hamidah, A., Mujahidin, E., & Andriana, N. (2025). DESAIN KURIKULUM PROGRAM TAHFIDZ DI PESANTREN TAHFIDZ AL-HIKMAH BOGOR. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(02). https://doi.org/10.30868/im.v8i02.8629

Citation Check