MANAJEMEN PEMBIAYAAN MADRASAH REGULER DAN BOARDING SCHOOL DI MI KEBON CINTA CIREBON
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v8i02.8656Keywords:
Manajemen Pembiayaan, Madrasah Ibtidaiyah, Sistem Reguler, Boarding SchoolAbstract
Madrasah Ibtidaiyah (MI) memegang peranan strategis dalam pembentukan karakter, spiritualitas, dan kompetensi dasar anak-anak Muslim sejak dini. Keunikan MI terletak pada integrasi antara fungsi akademik dan keagamaan dalam satu sistem pendidikan. Namun, penyelenggaraan layanan pendidikan yang berkualitas, khususnya dalam dua model yaitu reguler dan boarding school, menghadirkan tantangan besar dalam hal manajemen pembiayaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen pembiayaan pada dua sistem pendidikan yang diterapkan di MI Kebon Cinta Cirebon, yaitu sistem reguler dan boarding school. Fokus kajian meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan pembiayaan pada masing-masing sistem. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MI Kebon Cinta menerapkan strategi pembiayaan yang berbeda pada masing-masing sistem untuk menyesuaikan kebutuhan operasional, fasilitas, serta pelayanan pendidikan. Pada sistem reguler, pembiayaan lebih sederhana dengan sumber utama dari dana BOS dan yayasan, sedangkan pada sistem boarding school, pembiayaan mencakup kebutuhan asrama, konsumsi, dan kegiatan pembinaan karakter yang bersumber dari iuran bulanan santri serta subsidi yayasan. Meskipun menghadapi tantangan dalam pengelolaan keuangan, pihak madrasah mampu menjaga efisiensi dan transparansi melalui sistem pencatatan dan pengawasan yang cukup baik. Temuan ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan model manajemen pembiayaan yang adaptif dan kontekstual pada madrasah dengan sistem ganda.
References
Akdon, Dkk. 2017. Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Al-Fauzi, Ahmad. 2020. Pengelolaan Keuangan Pendidikan Islam. Semarang: RaSAIL Media Group.
Arifin, M. Zainul. 2014. Filsafat Pendidikan Islam: Integrasi, Interkoneksi, dan Aplikasi dalam Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Azzet, A. M. 2020. Manajemen Keuangan Madrasah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Bray, Mark. 1996. Community Financing of Education: Issues and Policy Implications in Less Developed Countries. Oxford: Pergamon Press.
Bush & Bell. 2002. The Principles and Practice of Educational Management. London: SAGE.
Bush, Tony, and Les Bell. 2002. The Principles and Practice of Educational Management. London: SAGE Publications.
Creswell, John W. 2012. Educational Research Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Boston: Pearson.
Creswell, John W. 2014. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches, 4th ed. Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
Egar, W. 2011. Educational Financial Management. London: Routledge.
Fatah, Nanang. 2006. Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Fayol, Henri. 1949. General and Industrial Management. London: Pitman Publishing.
Ghozali, Imam. 2019. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hadi, Sutrisno. 2020. Akuntabilitas dalam Pengelolaan Dana Pendidikan Islam. Jurnal Al-Tafkir, Vol. 11, No. 1, hal. 101–117.
Hasan, Said. 2018. Manajemen Keuangan dalam Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.
Ismail, Mohd Nasir. 2021. School Financial Management Practices and Accountability: Malaysian Principal’s Perspective. International Journal of Educational Management, Vol. 35, No. 3, hal. 677–691.
Kadarman dan Udaya Jusuf, Manajemen Keuangan Sekolah (Jakarta: Gramedia, 2005)
Kementerian Agama Republik Indonesia. 2023. Laporan Kinerja Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Tahun 2023. Jakarta: Kemenag RI.
Kementerian Agama RI. 2019. Pedoman Penyelenggaraan Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.
Khoiruddin. 2022. Penerapan Good Governance dalam Pengelolaan Keuangan Madrasah. Jurnal Madrasah, Vol. 7, No. 2, hal. 85–96.
Lexy J. Moleong. 2019. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Lubis, M. 2020. Pengaruh Transparansi dan Akuntabilitas terhadap Efektivitas Penggunaan Dana BOS di Madrasah. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 5, No. 1, hal. 49–60.
Lukman. 2018. Model Pendidikan Karakter di Madrasah Boarding School, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 6, No. 2,
Ma’arif, Syamsul. 2021. Kepemimpinan Pendidikan dan Manajemen Keuangan Sekolah. Malang: Literasi Nusantara.
Mardiasmo. 2018. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: Andi.
Matthew B. Miles, A. Michael Huberman, Johnny Saldana. 2014. Qualitative Data Analysis A Method Sourcebook (3rd ed.). America: SAGE Publications.
Mulyasa, E. 2012. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Nata, Abuddin. 2011. Pendidikan Islam di Indonesia: Sejarah dan Perkembangannya. Jakarta: Kencana.
Nawawi, Hadari. 2009. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nugroho, Tri. 2021. Strategi Pembiayaan Pendidikan pada Lembaga Madrasah Swasta. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 9, No. 2, hal. 145–163.
Nurdin, M. 2020. Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Dana BOS di Sekolah. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, Vol. 17, No. 1, hal. 44–52.
Nurlaili, Siti. 2019. Evaluasi Pengelolaan Keuangan Madrasah dalam Perspektif Good Governance. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 5, No. 2, hal. 148–158.
Ramli, Muhammad. 2019. Evaluasi Sistem Pengelolaan Keuangan Sekolah Berbasis Kinerja. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 7, No. 2, hal. 120–132.
Ruslan, Undang. 2021. Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Sleman: CV Budi Utomo.
Ruyatnasih, Yaya dan Liya Megawati. 2017. Manajemen Teori, Fungsi dan Kasus. Yogyakarta: CV. Absolute Media.
S. Nasution. 2007. Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara.
Salam, Burhanuddin. 2018. Pembiayaan Pendidikan: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Deepublish.
Siswanto. 2019. Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Stufflebeam, Daniel L., and Anthony J. Shinkfield. 2007. Evaluation Theory, Models, and Applications. San Francisco: Jossey-Bass.
Sudarman. 2010. Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriadi, Dedi. 2003. Mengelola Pendidikan Secara Efektif. Jakarta: Grasindo.
Susanti, R. 2021. Transparansi Pengelolaan Keuangan Sekolah dan Literasi Keuangan Wali Murid. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, Vol. 9, No. 1,
Susanti, Rina. 2021. Transparansi Pengelolaan Keuangan Sekolah dan Literasi Keuangan Wali Murid. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, Vol. 9, No. 1, hal. 75–84.
Sutisna, Dadang. 2016. Partisipasi Stakeholder dalam Perencanaan Anggaran Sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 22, no. 1, hal. 53–60.
Syafruddin, Dedi. 2018. Manajemen Dana BOS di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol. 25, No. 1, hal. 61–70.
Tilaar, H. A. R. 2014. Manajemen Pendidikan Nasional: Kajian Strategis Kebijakan Pendidikan Nasional dalam Kerangka Otonomi Daerah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tjandra, W.R. 2012. Manajemen Keuangan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
UNESCO. 2010. Guidebook for Planning Education in Emergencies and Reconstruction. Paris: UNESCO.
Yusuf, M. Amin. 2023. Model Akuntabilitas Sosial dalam Pengelolaan Keuangan Sekolah Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 10, No. 1, hal. 34–47.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Mohammad Fikri Rafsanjani, Saepul Mukti, Nenden Haprilwanti, Badrudin Badrudin, Qiqi Yuliati Zaqiah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).