PERENCANAAN SARANA PRASARANA LEMBAGA PENDIDIKAN DI SDIT PUTRA PAKUAN BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v8i02.8661Keywords:
Planning 1; Facilities and Infrastructur 2; Islamic Education 3.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan sarana dan prasarana pendidikan di SDIT Putra Pakuan guna mendukung proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan (field research) dan kajian kepustakaan (library research). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses perencanaan dilakukan secara sistematis melalui rapat koordinasi internal, identifikasi kebutuhan prioritas seperti pembangunan masjid baru, pemeliharaan rutin, penghapusan barang usang, serta inventarisasi dan pelaporan. Perencanaan ini disusun berdasarkan visi dan misi sekolah yang berlandaskan nilai-nilai Islam dan melibatkan seluruh pemangku kepentingan sekolah. Ditemukan bahwa keberhasilan pengelolaan sarana dan prasarana sangat bergantung pada kejelasan perencanaan, kecukupan pendanaan, serta kolaborasi antar pihak sekolah
References
Alivia, T., Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, U., Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda Jl HAM Rifatddin, U., Loajanan illir, K., samarinda, K., & Timur, K. (2023). Manajemen Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. In Tolis Ilmiah Jurnal Penelitian (Vol. 5, Issue 2).
Ananda, R., & Banurea, K. O. (2017). Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan.
Arifudin, M., Sholeha, F. Z., & Umami, L. F. (2021). Planing (Perencanaan) Dalam Manajemen Pendidikan Islam. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 2.
Aris. (2022). Ilmu Pendidikan Islam. Penerbit Yayasan Wiyata Bestari Samasta. http://wbs-indonesia.com/
Astuti, M., Suryana, I., Novita, D., Sari, L., & Oktapiani, R. (2023). Perencanaan Sarana Dan Prasarana Pada Lembaga Pendidikan. Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, 1(4).
Aulia, I., Sormin, R., & Sirozi, M. (2024). Prinsip-Prinsip Perencanaan Pengembangan Sarana dan Prasarana Pendidikan Islam. http://journal.ainarapress.org/index.php/jiepp
Bararah, I. (2020). Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. 10(2). https://doi.org/10.22373/jm.v10i2.7842
Basirin, Santoso, Sahroni, M., & Asror, M. (2023). Konsep Perencanaan Dalam Perspektif Al-Qur’an dan Al Hadits.
Dewi, S. U. (2018). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Budaya Sekolah Di Smpn 1 Prambon Kabupaten Nganjuk. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 8(1).
Engkana Mario Andi Afdhal, Munandar, A., Syahbana, K. M., Sagita, L., Annisa, S., Samsidar Novi, Agustin, S. V., Najwa, H., & Adilla, R. (2024). Manajemen Perencanaan Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Luar Biasa Negeri Prof.Dr.Sri Soedewi Masichun Sofwan,Sh. (Vol. 4, Issue 4). https://jurnalp4i.com/index.php/manajerialhttp://agustinveronika744gmail.com/
Hidayat Ginanjar, M., Rahman, & Jundullah, M. (2023). Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran Di Sma Al-Minhaj Bogor. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. https://doi.org/10.30868/im.v4i02.3693
Machali, I., & Hamid, N. (2017). Pengantar Manajemen Pendidikan Islam.
Muchlis, S. M. (2011). MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI STAIN PAMEKASAN.
Mustakim, S., Isnaini, R. L., Mulyawan, A., & Fitria, F. M. (2023). Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(4), 928–939. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i4.2240
Nurdin, A. (2019). Perencaan Pendidikan Sebagai Fungsi Managemen. www.rajagrafindo.co.id
Sahid, D. R., & Rachlan, E. R. (2019). Pengelolaan Fasilitas Pembelajaran Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, 3. https://doi.org/10.4321/ijemar.v3i1.2945
Samanhudi. (2021). Perencanaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Islami di Lembaga Pendidikan. Rayah Al-Islam.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Siti Khumayroh, Endin Mujahidin, Nesia Andriana, Muhamad Royhan Kamal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).