KETERLIBATAN KOMITE SEKOLAH DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN TENTANG MUTU PENDIDIKAN DI SMP NEGRI 26 MEDAN

Authors

  • Nurroyian Nurroyian Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Rustam Rustam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v8i02.8675

Keywords:

Keterlibatan, Komite, Sekolah

Abstract

Komite sekolah memiliki peran penting dalam mendukung peningkatan mutu pendidikan, namun implementasi perannya di lapangan masih sering menghadapi tantangan. Salah satu kendala utama adalah keterbatasan waktu dan kurangnya komunikasi antara sekolah, komite, dan wali murid. Hal ini menghambat efektivitas komite dalam pengambilan keputusan. Kondisi ini juga menyebabkan rendahnya partisipasi dalam evaluasi dan perencanaan kebijakan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterlibatan komite sekolah dalam pengambilan keputusan terkait mutu pendidikan di SMP Negeri 26. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komite sekolah terlibat dalam tahap perencanaan, namun peran tersebut belum maksimal pada tahap pelaksanaan dan evaluasi. Faktor internal seperti kesibukan anggota dan minimnya koordinasi menjadi penghambat utama. Selain itu, kurangnya kejelasan tugas komite juga berdampak pada efektivitasnya dalam mendukung mutu pendidikan. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan sinergi antara pihak sekolah dan komite melalui komunikasi yang lebih intensif dan sistem koordinasi yang terstruktur

References

Basith, A., & Rahmawati, I. (2020). Pengaruh Komite Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Sarana Prasarana Pendidikan. J-Mpi, 5(1), 14–25. https://doi.org/10.18860/jmpi.v5i1.8611

Bisri, A. M. (2020). Studi Analisis Komite Sekolah/Madrasah dalam Mengawal Kualitas Pendidikan. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 51–64. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i1.31

Hasbullah.(2006).Otonomi Pendidikan,Kebijakan Otonomi Daerah, dan implikasinya terhadap Penyelengaraan Pendidikan.Jakarta:Rajawali Pers.

Irawan, E., Nurhadi, N., & Yuhastina, Y. (2021). Peran komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan: Studi pada SMP Negeri 1 Surakarta. Jipsindo, 8(1), 15–28. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i1.38533

Miles Matthew B.Hubermen Michael A.1992.Qualitative Data Analysis:A Sourcebook of New Methods.Beverly Hills:Sage Publicatin

Mulyasa, E.2017. Manejemen Berbasis Sekolah:Konsep,Strategi,dan Implementasi Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.

Muhyadi, M. (2015). Teknik Pengambilan Keputusan. Efisiensi - Kajian Ilmu Administrasi, 3(2). https://doi.org/10.21831/efisiensi.v3i2.3796

Nursanti, R., Dwikurnaningsih, Y., & Mawardi, M. (2020). Evaluasi Kinerja Komite Sekolah di Sekolah Dasar Negeri. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 73–85. https://doi.org/10.24246/j.jk.2020.v7.i1.p73-85

Pandoyo, R., & Wuradji, W. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru, Komite Sekolah Terhadap Keefektifan Sdn Se-Kecamatan Mlati. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 250–263. https://doi.org/10.21831/amp.v3i2.6341

Pasolong, D. H. (2023). Teori Pengmbilan Keputusan. In Penerbit Alfabeta, Bandung

Rohmatul Fitri. (2015). Pengambilan Keputusan. http://etheses.uin- malang.ac.id/id/eprint/597

Rosnani, L. (2021). Peran dan Keterlibatan Komite Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMA Tamansiswa Pematangsiantar. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 5(2), 293–300. https://doi.org/10.30743/mkd.v5i2.4368

Septiana, D. N., Bafadal, I., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Pelibatan Komite Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 293–301. https://doi.org/10.17977/um027v1i32018p293

Sriyono, D. M., & SE, H. M. K. (2020). Buku Ajar Mata Kuliah. In Umsida Press Sidoarjo Universitas (Vol. 1, Issue 1).

Suryana, A. (2023). Partisipasi Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Sekolah. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 3(2), 337–349. https://doi.org/10.47467/edui.v3i2.3639

Suryana, N., Mumuh, M., & Hilman, C. (2022). Konsep Dasar dan Teori Partisipasi Pendidikan. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(2), 61–67. https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i2.219

Sugiono.(2012).Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D Bandung:Alfabeta

Ummah,M.S(2019) Teknik Pengambilan Keputusan.In Sustainability (Switzerland).Vol.11,No 1

Zamroni.(2007).Meningkatkan Mutu Sekolah,Teori Strategi dan Prosedur. Jakarta:PSAP Muhammadiyah.

Published

2025-07-25

How to Cite

Nurroyian, N., & Rustam, R. (2025). KETERLIBATAN KOMITE SEKOLAH DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN TENTANG MUTU PENDIDIKAN DI SMP NEGRI 26 MEDAN. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(02). https://doi.org/10.30868/im.v8i02.8675

Citation Check