KETERLIBATAN KOMITE SEKOLAH DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN TENTANG MUTU PENDIDIKAN DI SMP NEGRI 26 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v8i02.8675Keywords:
Keterlibatan, Komite, SekolahAbstract
Komite sekolah memiliki peran penting dalam mendukung peningkatan mutu pendidikan, namun implementasi perannya di lapangan masih sering menghadapi tantangan. Salah satu kendala utama adalah keterbatasan waktu dan kurangnya komunikasi antara sekolah, komite, dan wali murid. Hal ini menghambat efektivitas komite dalam pengambilan keputusan. Kondisi ini juga menyebabkan rendahnya partisipasi dalam evaluasi dan perencanaan kebijakan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterlibatan komite sekolah dalam pengambilan keputusan terkait mutu pendidikan di SMP Negeri 26. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komite sekolah terlibat dalam tahap perencanaan, namun peran tersebut belum maksimal pada tahap pelaksanaan dan evaluasi. Faktor internal seperti kesibukan anggota dan minimnya koordinasi menjadi penghambat utama. Selain itu, kurangnya kejelasan tugas komite juga berdampak pada efektivitasnya dalam mendukung mutu pendidikan. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan sinergi antara pihak sekolah dan komite melalui komunikasi yang lebih intensif dan sistem koordinasi yang terstruktur
References
Basith, A., & Rahmawati, I. (2020). Pengaruh Komite Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Sarana Prasarana Pendidikan. J-Mpi, 5(1), 14–25. https://doi.org/10.18860/jmpi.v5i1.8611
Bisri, A. M. (2020). Studi Analisis Komite Sekolah/Madrasah dalam Mengawal Kualitas Pendidikan. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 51–64. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i1.31
Hasbullah.(2006).Otonomi Pendidikan,Kebijakan Otonomi Daerah, dan implikasinya terhadap Penyelengaraan Pendidikan.Jakarta:Rajawali Pers.
Irawan, E., Nurhadi, N., & Yuhastina, Y. (2021). Peran komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan: Studi pada SMP Negeri 1 Surakarta. Jipsindo, 8(1), 15–28. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i1.38533
Miles Matthew B.Hubermen Michael A.1992.Qualitative Data Analysis:A Sourcebook of New Methods.Beverly Hills:Sage Publicatin
Mulyasa, E.2017. Manejemen Berbasis Sekolah:Konsep,Strategi,dan Implementasi Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.
Muhyadi, M. (2015). Teknik Pengambilan Keputusan. Efisiensi - Kajian Ilmu Administrasi, 3(2). https://doi.org/10.21831/efisiensi.v3i2.3796
Nursanti, R., Dwikurnaningsih, Y., & Mawardi, M. (2020). Evaluasi Kinerja Komite Sekolah di Sekolah Dasar Negeri. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 73–85. https://doi.org/10.24246/j.jk.2020.v7.i1.p73-85
Pandoyo, R., & Wuradji, W. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru, Komite Sekolah Terhadap Keefektifan Sdn Se-Kecamatan Mlati. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 250–263. https://doi.org/10.21831/amp.v3i2.6341
Pasolong, D. H. (2023). Teori Pengmbilan Keputusan. In Penerbit Alfabeta, Bandung
Rohmatul Fitri. (2015). Pengambilan Keputusan. http://etheses.uin- malang.ac.id/id/eprint/597
Rosnani, L. (2021). Peran dan Keterlibatan Komite Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMA Tamansiswa Pematangsiantar. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 5(2), 293–300. https://doi.org/10.30743/mkd.v5i2.4368
Septiana, D. N., Bafadal, I., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Pelibatan Komite Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 293–301. https://doi.org/10.17977/um027v1i32018p293
Sriyono, D. M., & SE, H. M. K. (2020). Buku Ajar Mata Kuliah. In Umsida Press Sidoarjo Universitas (Vol. 1, Issue 1).
Suryana, A. (2023). Partisipasi Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Sekolah. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 3(2), 337–349. https://doi.org/10.47467/edui.v3i2.3639
Suryana, N., Mumuh, M., & Hilman, C. (2022). Konsep Dasar dan Teori Partisipasi Pendidikan. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(2), 61–67. https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i2.219
Sugiono.(2012).Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D Bandung:Alfabeta
Ummah,M.S(2019) Teknik Pengambilan Keputusan.In Sustainability (Switzerland).Vol.11,No 1
Zamroni.(2007).Meningkatkan Mutu Sekolah,Teori Strategi dan Prosedur. Jakarta:PSAP Muhammadiyah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Nurroyian Nurroyian, Rustam Rustam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).