PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN METODE UMMI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v8i02.8679Keywords:
Bahasa inggris, Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya hasil belajar siswa yang tidak mencapai target dalam pembelajaran al-Qur'an. Kegiatan pembelajaran melibatkan banyak hal, seperti guru, siswa, tujuan pembelajaran, isi pelajaran, metode pembelajaran, media, dan evaluasi. Salah satu tujuan pembelajaran adalah agar siswa memperoleh hasil belajar yang baik dan positif setelah kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang kompetensi guru dan metode ummi terhadap hasil belajar siswa di SDI Ar-Riyadh Insan Cendekia Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Jumlah populasi mencapai 104 siswa dari kelas 5 & 6. Sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 83 siswa dari populasi terjangkau. Teknik pengambilan sampel dengan Simple Random Sampling. Hasil penelitian adalah: 1) Kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa, pengaruh sebesar 43,8%, 2) Metode ummi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa, pengaruh sebesar 5,1%, 3) Kompetensi guru dan metode ummi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa, pengaruh sebesar 52%.
References
Azzahra, Bunga Shafira, et al. "Pembelajaran Metode Ummi bagi Guru sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional." Universitas Singaperbangsa Karawang, 2023.
Fuadiah, Risydah, et al. "Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Program Unggulan Tahfizh dengan Menggunakan Metode Ummi." MI Lil-Muqorrobien Al-Islami Siak Riau, 2024.
Hidayatulloh, Mochammad Shofwan. "Peningkatan Hasil Belajar pada Materi Tajwid Mata Pelajaran BTQ (Baca Tulis al-Qur’an) dengan Metode Ummi." SD Negeri Kepuh Kiriman 1 Waru, Kabupaten Sidoarjo, 2022.
Meliani. Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Hasil Belajar Murid SDN Gugus 2 Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba. Master’s thesis, Universitas Muhammadiyah Makassar, 2022.
Pondok Pesantren Gontor. Biografi K.H. Imam Zarkasyi. Cet. 1. Ponorogo: Gontor Press, 1996.
Rajab, La, and M. Sahrawi Saimima. Metode Ummi dan Pembelajarannya. Maluku: LP2M IAIN Ambon, 2019.
Rosyada, Dede. Madrasah dan Profesionalisme Guru. Jakarta: Kencana, 2017.
Rosyid, M. Z. Prestasi Belajar. 2nd ed. Malang: Literasi Nusantara, 2020.
Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010.
Sugiarto, Adam, et al. "Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Penggunaan Metode Ummi terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa." Universitas Pamulang, 2020.
Sukmadinata, Nana Syaodih. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Jakarta: PT Rosda Karya Remaja, 2007.
Titu, Maria Anita, et al. "Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri I Adonara Barat Tahun Ajaran 2022/2023." Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka Indonesia, 2023.
Zahro, Fatimatuz, and Iskandar Yusuf. "Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran al-Qur’an di SD Patra Dharma 1 Balikpapan." Sekolah Tinggi Agama Islam Balikpapan, 2024.
Zulkifli. Manajemen Kearsipan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2011.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Raden Afwah Dimas Manaafi, Marhamah Marhamah, Salman Al Farisi, Luluk Dwi Ratandari, Achmad Sauri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).