PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN METODE UMMI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Authors

  • Raden Afwah Dimas Manaafi Universitas Islam Jakarta, Indonesia
  • Marhamah Marhamah Islamic Universty of Jakarta, Indonesia
  • Salman Al Farisi Islamic Universty of Jakarta, Indonesia
  • Luluk Dwi Ratandari Islamic Universty of Jakarta, Indonesia
  • Achmad Sauri Islamic Universty of Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v8i02.8679

Keywords:

Bahasa inggris, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya hasil belajar siswa yang tidak mencapai target dalam pembelajaran al-Qur'an. Kegiatan pembelajaran melibatkan banyak hal, seperti guru, siswa, tujuan pembelajaran, isi pelajaran, metode pembelajaran, media, dan evaluasi. Salah satu tujuan pembelajaran adalah agar siswa memperoleh hasil belajar yang baik dan positif setelah kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang kompetensi guru dan metode ummi terhadap hasil belajar siswa di SDI Ar-Riyadh Insan Cendekia Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Jumlah populasi mencapai 104 siswa dari kelas 5 & 6. Sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 83 siswa dari populasi terjangkau. Teknik pengambilan sampel dengan Simple Random Sampling. Hasil penelitian adalah: 1) Kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa, pengaruh sebesar 43,8%, 2) Metode ummi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa, pengaruh sebesar 5,1%, 3) Kompetensi guru dan metode ummi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa, pengaruh sebesar 52%.

References

Azzahra, Bunga Shafira, et al. "Pembelajaran Metode Ummi bagi Guru sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional." Universitas Singaperbangsa Karawang, 2023.

Fuadiah, Risydah, et al. "Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Program Unggulan Tahfizh dengan Menggunakan Metode Ummi." MI Lil-Muqorrobien Al-Islami Siak Riau, 2024.

Hidayatulloh, Mochammad Shofwan. "Peningkatan Hasil Belajar pada Materi Tajwid Mata Pelajaran BTQ (Baca Tulis al-Qur’an) dengan Metode Ummi." SD Negeri Kepuh Kiriman 1 Waru, Kabupaten Sidoarjo, 2022.

Meliani. Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Hasil Belajar Murid SDN Gugus 2 Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba. Master’s thesis, Universitas Muhammadiyah Makassar, 2022.

Pondok Pesantren Gontor. Biografi K.H. Imam Zarkasyi. Cet. 1. Ponorogo: Gontor Press, 1996.

Rajab, La, and M. Sahrawi Saimima. Metode Ummi dan Pembelajarannya. Maluku: LP2M IAIN Ambon, 2019.

Rosyada, Dede. Madrasah dan Profesionalisme Guru. Jakarta: Kencana, 2017.

Rosyid, M. Z. Prestasi Belajar. 2nd ed. Malang: Literasi Nusantara, 2020.

Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010.

Sugiarto, Adam, et al. "Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Penggunaan Metode Ummi terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa." Universitas Pamulang, 2020.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Jakarta: PT Rosda Karya Remaja, 2007.

Titu, Maria Anita, et al. "Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri I Adonara Barat Tahun Ajaran 2022/2023." Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka Indonesia, 2023.

Zahro, Fatimatuz, and Iskandar Yusuf. "Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran al-Qur’an di SD Patra Dharma 1 Balikpapan." Sekolah Tinggi Agama Islam Balikpapan, 2024.

Zulkifli. Manajemen Kearsipan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2011.

Published

2025-07-25

How to Cite

Manaafi, R. A. D., Marhamah, M., Al Farisi, S., Ratandari, L. D., & Sauri, A. (2025). PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN METODE UMMI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(02). https://doi.org/10.30868/im.v8i02.8679

Citation Check