Kuliah Daring: Tingkat Stres Akademik pada Mahasiswa dan Faktor yang Mempengaruhinya
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.1869Keywords:
Academic Stress, Online Lectures.Abstract
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah tingkat stres akademik pada mahasiswa belum teridentifkasi berada dalam kategori apa selama perkuliahan daring. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi tingkat stres akademik dan faktor-faktor yang mempengaruhinya pada mahasiswa IAIN Batusangkar selama kuliah daring. Gabungan penelitian kuantitatif dan kualitaif digunakan dalam penelitian ini. Sebagai sampel dalam penelitian ini, 585 orang mahasiswa IAIN Batusangkar dipilih secara random, di mana skala stres akademik  diisi oleh meraka. Untuk memperkaya data kuantitafif, 6 orang informan diwawancarai. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan statistik deskriptif untuk data kuantitatif dan teknik analisis data Miles, Huberman dan Saldana untuk data kualitatif. Untuk memastikan keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa IAIN Batusangkar mengalami stress akademik pada kategori sedang dengan presentase sebesar 53,50 %. Selanjutnya, berdasarkan hasil wawacara, diketahui bahwa faktor yang mempengaruhi stres akademik selama kuliah daring adalah: 1) Prokrastinasi. 2) Rendahnya efikasi diri mahasiswa. 3) Kualitas jaringan yang buruk atau lemah. 4) Buruknya pemahaman mahasiswa terhadap materi kuliah. 5) Banyaknya biaya yang harus dikeluarkan untuk kuliah daring. 6) Banyaknya tuntutan tugas akademik.
References
Aini, K. 2021. “Analisis Proses Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19.†Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran 4 (1): 218–28.
Alhogbi, Basma G. 2020. “Persepsi Mahasiswa Pgmi Uin Ar-Raniry Terhadap Sistem Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19.†Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan 4 (1): 29–30. http://www.elsevier.com/locate/scp.
Anonymous, Covid-19 Di Masa Pandemi. 2021. “Cause Factors, Stress Level and Academic Stress Impact in Students Due to Online Learning Systems the Covid-19 Pandemic†11: 625–34.
Asmita, Wenda. 2021. “Faktor Yang Mempengaruhi Stres Akademik Menghadapi Kuliah Daring Pada Mahasiswa IAIN Batusangkar.†IAIN Batusangkar.
Barseli, Mufadhal, and Ifdil Ifdil. 2017. “Konsep Stres Akademik Siswa.†Jurnal Konseling Dan Pendidikan 5 (3): 143. https://doi.org/10.29210/119800.
Barusi, Atikah Rahmania El. 2020. “Exploring Islamic Characters Ad Akademic Stress in Learning during COVID-19 Pandemic.†Batusangkar International Conference V 2020: 227–38. http://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/proceedings/article/view/2907.
Desmita, Desmita. 2014. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Dewi, Erika Untari. 2020. “Pengaruh Kecemasan Saat Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Stikes William Surabaya.†Jurnal Keperawatan. https://doi.org/10.47560/kep.v9i1.210.
Fatima, Yashinta Meyliana, Ainun Nafisah, Theresia Vivi Lusiana, Sinta Sukma Dewi, and Sri Marmoah. 2021. “Efikasi Diri Mahasiswa Peserta Kegiatan Pertukaran Pelajar Melalui Perkuliahan Jarak Jauh.†Perspektif Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.21009/pip.351.3.
Fitria Rochimah. 2020. “Dampak Kuliah Daring Terhadap Kesehatan Mental Mahasiswa Ditinjau Dari Aspek Psikologi.†PsyArXiv Preprints.
Handayani, Septian, and Ni’matush Sholikhah. 2021. “Pengaruh Antara Self Efficacy Dan Self Regulated Learning Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring.†Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan.
Kartika, Rira. 2020. “Analisis Faktor Munculnya Gejala Stres Pada Mahasiswa Akibat Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19.†Edukasi Dan Teknologi.
Lubis, Hairani, Ayunda Ramadhani, and Miranti Rasyid. 2021. “Stres Akademik Mahasiswa Dalam Melaksanakan Kuliah Daring Selama Masa Pandemi Covid 19.†Psikostudia : Jurnal Psikologi 10 (1): 31. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v10i1.5454.
Mustofa, Mokhamad Iklil, Muhammad Chodzirin, Lina Sayekti, and Roman Fauzan. 2019. “Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi.†Walisongo Journal of Information Technology 1 (2): 151. https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067.
Pascoe, Michaela C., Sarah E. Hetrick, and Alexandra G. Parker. 2020. “The Impact of Stress on Students in Secondary School and Higher Education.†International Journal of Adolescence and Youth 25 (1): 104–12. https://doi.org/10.1080/02673843.2019.1596823.
Peraturan Pemerintah (PP). 2012. “No Title طرق تدريس اللغة العربية.†Ðкономика Региона, 32.
Putri, Nanda Mellenia Amin, and Ika Kurniasari. 2020. “Pengaruh Kecemasan Matematika Dan Motivasi Belajar Terhadap Prokrastinasi Akademik.†Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains. https://doi.org/10.26740/jppms.v3n1.p42-45.
Safitri, Selviana, and Erlia Utami Panjaitan. 2021. “Analisis Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Biologi Di SMA N 2 Rantau Selatan.†Jurnal Edu-Bio:Education and Biology 03 (02): 8–14.
Subekt, Hasan, Mohammad Taufiq, Herawati Susilo, Ibrohim Ibrohim, and Hadi Suwono. 2017. “Mengembangkan Literasi Informasi Melalui Belajar Berbasis Kehidupan Terintegrasi Stem Untuk Menyiapkan Calon Guru Sains Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0: Revieu Literatur.†Education and Human Development Journal 3 (1): 81–90. https://doi.org/10.33086/ehdj.v3i1.90.
Sugiyono, Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Uyun, Muhamad, And Idi Warsah. 2021. “Iain Curup Students ’ Self -Endurance And Problems In Online Learning During The Covid-19 Pandemic Ketahanan Diri Dan Kendala Mahasiswa Iain Curup Selama Belajar Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Universitas Islam Negeri ( UIN ) Raden Fatah Palembang Instit.†Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 10 (01): 395–412.
Yusuf, Nur Mawakhira, and Jannatul Ma’wa Yusuf. 2020. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Stres Akademik.†Psyche 165 Journal. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v13i2.84.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).