Penguatan Karakter Kebangsaan Melalui Pendekatan Integratif pada Mapel Rumpun PAI di Madrasah

Authors

  • Aan Hasanah UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2133

Keywords:

Penguatan Karakter Kebangsaan, Siswa Madrasah, Integratif Holistik Approach

Abstract

Kemajuan teknologi yang sangat masif saat ini  berpengaruh pada hampir semua  aspek kehidupan manusia termasuk aspek berbangsa dan bernegara. Identitas karakter kebangsaan  menjadi  modal sosial yang sangat mendasar dalam pergaulan masyarakat global. Diperlukan upaya yang sistematis untuk memperkuat Karakter Kebangsaan pada generasi muda Indonesia saat ini, supaya Generasi muda Indonesia dapat menjadi warga masyarakat global dengan identitas karakter kebangsaan  yang kokoh. Maka Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya penguatan nilai-nilai Karakter Kebangsaan bagi siswa di Madrasah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dimana teknik pengambilan datanya dilakukan dengan tehnik wawancara dan observasi langsung. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negri 1 Garut dan Madrasah Aliyah Negeri 1 Pangandaran. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya penguatan karakter kebangsaan  siswa di Madrasah  dilaksanakan dengan pendekatan integratif holistik melalui  program insersi dalam mapel  PAI,  proses pembiasaan dalam kegiatan ekskul Madrasah ,  serta peneladanaan oleh civitas Madrasah.

References

Hasanah, Aan, (2011), Pendidkan Karakter Berperspektif Islam, Bandung, Insan Komunika.

Hasanah, Aan, (2016), Nilai-nilai Karakter Sunda, Deepublish, Jogjakarta,

Hasanah, Aan, dkk., (2016) Cultivating Character Education Based on Sundanese

Culture Local Wisdom, Jurnal Pendidikan Islam, Volume 2 Nomor 2, 2016.

Hasanah, Aan, (2015) Al-Qiyam al-ThaqÄfÄ«yah wa ṬÄbi‘ al-Sha‘b li Jayl al-MuslimÄ«n al-` ShubbÄn al-IndÅ«nÄ«sÄ«yÄ«n, Jurnal Studia Islamika, Volume 22, Nomor 3, 20

Hasanah, Aan, (2009), Pendidikan Berbasis Karakter, Jakarta, Media Indonsia, 14/12/2009

Huitt, W., & Vessels, G. (2002), Character education. In J. Guthrie (Ed.), The encyclopedia of education (2nd ed.), New York: Macmillan.

Kesuma, Doni. (2009), Pendidikan Karakter, Jakarta, Kompas Cyber Media. Kementerian Pendidikan Nasional RI, (2010), Grand Desain Pendidikan

Karakter, Jakarta.

Lickona, Thomas, (1991), Educating For Character: How Our Schools Can Teach

Respect And Responsibility. New York: Bantam.

Hasanah, A. (2009). Pendidikan Berbasis Karakter.

Joyce, & Weil. (1996). Models of Teaching.

Mawardi, I. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Life Skills Peserta Didik. Tidak dipublikasikan.

Rusman. (2008). Manajemen Kurikulum: Seri Manajemen Sekolah Bermutu. Mulia Mandiri Press.

Sagala, S. (2010). Konsep dan makna pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Arend, R. 1997. Classroom Instructional Management. New York: The Mc Graw – Hill Company.

Azra, Azyumardi. 1999. Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Buchori, M. 1992. Posisi dan Fungsi Pendidikan Agama Islam Dalam Kurikulum Pendidikan Tinggi Islam. Makalah pada Seminar IKIP Malang. 24 Februari.

Depdiknas, 2002. Pendidikan Berorientasi Kecakapan Hidup (Life Skill) melalui Pendekatan Broad-Based Education (Draft). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Joyce, B.R. & Weil, M. 1980. Models of Teaching. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice–Hall Inc.

Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Jakarta: Puskur Balitbang Kemendiknas.

Krischenbaum, H. 1995. 100 Ways To Enhance Values and Morality in School and Youth Setting. Boston: Allyn anf Bacon.

Mawardi, Imam. 2012. Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Life Skills Peserta Didik. Disertasi UPI Bandung: Tidak dipublikasikan.

Miller, J.P. & Seller, W. 1985. Curriculum: Perspective & Practice. New York: Longman

Muhaimin. 2009. Rekonstruksi Pendidikan Islam: Dari Paradigma Pengembangan, Manajemen Kelembagaan, Kurikulum hingga Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rusman. 2008. Manajemen Kurikulum: Seri Manajemen Sekolah Bermutu. Bandung: Mulia Mandiri Press.

Sagala, Saiful. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Al-fabeta.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Ed. I. Cet. 6. Jakarta: Kencana

Shaleh, A.R. 2005. Pendidikan Agama dan Pembangunan Watak Bangsa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susilana, R., dkk. 2006. Kurikulum dan Pembelajaran. Ed. 2. Bandung: Jurusan Kutekpen FIP UPI.

Zamroni. 2000. Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Bigraf Publishing.

Zuchdi, D. 2008. Humanisasi Pendidikan: Menemukan Kembali Pendidikan yang Manusiawi. Jakarta: Bumi Aksara.

Published

25-02-2022

Citation Check