Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa PAI

Authors

  • Zulkifli Zulkifli Universitas Muhammadiyah Tangerang, Indonesia
  • J. Anhar Rabi Hamsah Tis'ah Universitas Muhammadiyah Tangerang, Indonesia
  • Sri Damayanti Universitas Muhammadiyah Tangerang, Indonesia
  • Nasrulloh Nasrulloh Universitas Muhammadiyah Tangerang, Indonesia
  • Muhammad Bustomi Universitas Muhammadiyah Tangerang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2139

Keywords:

Improved online learning, increase students activeness in Islamic Education lesson

Abstract

Pendidikan sangat penting dalam kehidupan dan tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia itu sendiri, karena tanpa pendidikan manusia tidak dapat tumbuh dan berkembang secara baik. Oleh sebab itu pendidikanlah yang akan mengantarkan manusia pada derajat  yang tinggi, yaitu orang-orang yang berilmu. Pemerintah melalui kemendikbud mengeluarkan surat edaran no. 4 tahun 2020 yang isinya adalah untuk melaksanakan pembelajaran secara daring, tentunya hal ini bertujuan untuk menghentikan penyebaran virus covid-19 akibat dari kerumunan yang ditimbulkan dari proses belajar mengajar disekolah. Namun pembelajaran daring masih tergolong baru dalam lembaga pendidikan di Indonesa, masih banyak guru, maupun siswa yang belum mengetahui tentang bagaimana melaksanakan pembelajaran secara daring. Akibatnya terjadi perubahan terhadap keaktifan siswa dalam peroses pembelajaran kususnya dalam mata pelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran daring dalam keaktifan siswa mata pelajaran PAI kelas XI di SMAN 11 Kab. Tangerang Tangerang, 2) mengetahui upaya Peningkatan Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Mata Pelajaran PAI Kelas XI di SMAN 11 Kab. Tangerang, Adapun metode yang dipakai pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Terjadi penurunan keaktifan siswa dalam pembelajaran daring yang diakibatkan berbagai kendala seperti, gangguan jarring internet, metode belajar yang monoton, beban biaya paket kuota, Kurangnya pengetahuan tentang teknologi informasi dan pengoprasian aplikasi serta kurangnya komunikasi sosial guru dan siswa. 2) Adapun upaya peningkata pembelajaran dalam meningkatkan keaktifan siswa terdiri dari berberapa faktor yaitu melakukan pelatihan guru, metode belajar yang inovatif serta Pelayanan jaringan internet dan subsidi kuota yang maksimal

References

Albert effendi pohan, Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah, Purwodadi : CV, Sarnu Untung, 2020

Abd.Rahim Mansyur,Dampak COVID-19 Terhadap Pembelajaran di Indonesia, Vo , 1 ,No. 2, Juli 2020,Universitas Muslim Indonesia

Albi Anggito dan Johan Setiawan, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Sukabumi: CV Jejak, 2018)

Dapartemen Agama RI, Al-Quran Dan Terjemahannya Edisi tahun 2002, Jakarta : CV Darus sunah 2016

Dosen Pendidikan, Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli artikel diakses 25 mei 2021 dari http://www.dosenpendidikan.co.id/pengertian- pembelajaran-menurut-para-ahli/

Mawardi, Ilmu Pendidikan (Teori,praktik dan Isu-isu kritis),Cengkareng : Yayasan Mitqot Ilmial Al-Itqon,2016

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods), (Bandung: Alfabeta, 2016)

Suharsini Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: Rineka Cipta)

Siti saadah, Peningkatan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran PKn melalui penerapan metode kerja kelompok di kelas V SDN pisangan 03, (Skripsi S1, Prodi Pendidikan Agama Islam UIN Jakarta,2015)

Wahidmurni, Cara Mudah Menulis Pkroposal dan Laporan Penelitian Lapangan Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif: Skripsi Tesis dan Disertasi, (Jember: UM Press, 2008),

Yeni Ayu Lestari,Implementasi pembelajaran daring terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik kelas IV SD IT Ar-rahman jati agung lampung selatan (Skripsi S1,Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidayah, UIN Raden Intan Lampung,2020).

Additional Files

Published

28-02-2022

Citation Check