Pendidikan Akhlak Sufi Buya Hamka: Solusi Pembangunan Karakter bagi Generasi Z.

Authors

  • Husnul Qodim UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2178

Keywords:

Kata Kunci, Akhlak, Buya Hamka, Generasi Z, Moral.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas problem dalam pendidikan akhlak sufi Buya Hamka dalam membangun karakter bagi Generasi Z. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pendidikan akhlak perspektif buya Hamka merupakan sifat dalam batin atau hati yang dinamis sehingga ketika timbul berdasarkan pada akal dan agama, maka akan menghasilkan perangai yang baik dan sebaliknya. Metode yang diajarkan oleh Buya Hamka ini mencakup tiga pendekatan yaitu al-Hikmah, mau’idzotul hasanah, dan jadilhum billati hiya ahsan. Selanjutnya, ajaran pendidikan akhlak Sufi Buya Hamka mencakup dua hal besar yakni akhlak di luar dan akhlak di dalam atau kesopanan batin. Kesopanan batin ini mencakup akhlak terhadap sang khalik dan sesama makhluk. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendidikan akhlak Sufi Buya Hamka dapat menjadi sebuah upaya untuk membangun generasi yang unggul pada Gen Z. Penelitian ini merekomendasikan kepada semua kalangan untuk mempraktikan pendidikan akhlak sufi Buya Hamka supaya bisa menjadi insan yang berakhlak al-karimah

Author Biography

Husnul Qodim, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Lecture

References

Akbar Sani. (2017). Konsep Buya Hamka dalam Pembinaan Akhlak (Vol. 6). Universitas Muhammadiyah Makassar.

Ali, M. D. (2008). Pendidikan Agama Islam. PT Raja Grafindo.

Azra, A. (2004). Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII. Kencana.

Bakker, A., & Zubair, A. C. (1994). Metode Penelitian Filsafat. Kanisius.

Christiani, L. C., & Ikasari, P. N. (2020). Generasi Z dan Pemeliharaan Relasi Antar Generasi dalam Perspektif Budaya Jawa. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 4(2), 84–105.

Darmalaksana, W. (2020). Sitasi Ilmiah Menggunakan Perangkat References pada Microsoft Word. Jurnal Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1.

Felix Adrian Dimas Putra. (2019). Karakteristik Generasi Z di Yogyakarta Tahun 2019. In Jurnal Pengembangan Ilmu Pengetahuan. https://repository.usd.ac.id/36688/2/151324021_full.pdf

Hamka. (1984). Tafsir al-Azhar. Yayasan Latimojong.

Jambak, F. F. (2018). FILSAFAT SEJARAH HAMKA: Refleksi Islam dalam Perjalanan Sejarah. Jurnal THEOLOGIA, 28(2), 255–272. https://doi.org/10.21580/teo.2017.28.2.1877

Mahmud, A. A. H. (2004). Akhlak Mulia. Gema Insani Press.

Mardalis. (2006). Metode Penelitan Suatu Pendekatan Proposal. Bumi Aksara.

Marimbara, A. D. (1980). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. al-Ma’arif.

Miles, & Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif. Universitas Indonesia Press.

Naji, S. (2014). Kandungan Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Tasawuf (Analisis Isi Novel Jack and Sufi Karya Muhammad Luqman Hakim). UIN Syarif Hidayatullah.

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1), 33–47. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616

Ningrum. (2017). Pengaruh Penggunaan Metode Berbasis Pemecahan Masalah (Problem Solving) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X Semester Genap Man 1 Metro Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Promosi, 5(1), 145–151.

Prof. Dr. Hamka. (2016a). Falsafah Hidup. Replubika Penerbit.

Prof. Dr. Hamka. (2016b). Lembaga Budi. Republika Penerbit.

Prof. Dr. Hamka. (2016c). Tasawuf Modern. Republika Penerbit.

Rastati, R. (2018). Media Literasi Bagi Digital Natives: Perspektif Generasi Z Di Jakarta. Jurnal Kwangsan, 6(1), 43. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v6i1.72

Rofadhilah, Taufik, O. A., & Hakim, L. (2018). Dampak Penggunaan Teknologi Internet Terhadap Etika Dan Akhlaq Anak Dalam Keluarga Di Jakarta Utara. Jisamar, 2(1), 25–46.

Salihin. (2016). Pemikiran Tasawuf Hamka dan Relevansinya Bagi Kehidupan Modern. In Manthiq (Vol. 1, Issue 2).

Sudarto. (2002). Metode Penelitan Filsafat. PT. Rajawali Grafindo Persada.

Sugiyono. (2009). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Supriyadi, S., & Jannah, M. (2019). Pendidikan Karakter dalam Tasawuf Modern Hamka dan Tasawuf Kontemporer. Halaqa: Islamic Educational Journal, 3(2), 91–95. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i2.2725

Suryana. (2010). Metodologi Penelitian (Model Praktis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif). Universitas Pendidikan Indonesia.

Ulfah, N. M., & Istiyani, D. (2016). Tasawuf Modern Studi Pemikiran Hamka (Haji Abdul Malik Karim Amrullah). Esoterik, 2(1), 95–109. https://doi.org/10.21043/esoterik.v2i1.1896

Youarti, I. E., & Hidayah, N. (2018). Perilaku Phubbing Sebagai Karakter Remaja Generasi Z. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 143. https://doi.org/10.26638/jfk.553.2099

Yunus, M. (1961). Pokok-Pokok Pendidikan dan Pengajaran. PT. Hida Karya Agung.

Published

31-05-2022

Citation Check