Implementasi Excellent Service di Sekolah dalam Meningkatkan Kepuasan Orang Tua Murid Sebagai Pelanggan Jasa Pendidikan di Era Pandemi Covid 19 (Studi Empirik Kualitatif di SMP Al Azhar Syifa Budi Cibinong Bogor
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2269Keywords:
Excellent Service, Kepuasaan Pelanggan, Sekolah dan Orang Tua MuridAbstract
References
Arfani, Mochammad and Sudarmadji, (2019) Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Terhadap Perilaku Pelanggan Dalam Menggunakan Jasa Fitnes Atlas Sport Club Surabaya, Laporan Hasil Penelitian, Universitas Dr. Soetomo.
Ariesta Syafitri. (2016) "Efektifitas Pelayanan Prima (Service Excellence) Terhadap Kepuasan Pelanggan Yang Berdampak Pada Loyalitas Pelanggan Pada Toko Obat Dewi Farma." Politeknik Negeri Batam: Jurnal Manajemen Bisnis
Astini, Suni, (2020) “Tantangan dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19.†Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 3, No. 2
Auditia Setiobudi, Christina Sudyasjayanti, Arya Asraf Danar Kusuma, (2021) “Pengaruh Pengalaman Pelanggan, Kualitas Layanan dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Kesediaan untuk Membayar.†Dalam Jurnal Bisnis, Manajemen dan Informatika, Vol. 17, No. 3.
Bastiar, Zein, (2010) “Service Excellent dalam Rangka Meningkatkan Loyalitas Pelangganâ€, Jurnal Manajerial Vol. 8, No. 16.
Brata, Atep Adya (2015), Dasar–Dasar Pelayanan Prima, Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Burhan Burgin, (2017), Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi dan Kebijakan Public serta Ilmu-ilmu Sosial lainnya, Jakarta: Kencana.
Cathy Mae Taquero, (2020) “Challenges and Opportunities for Higher Education amid the Covid-19 Pandemic: The Philippine Context,†dalam Pedagogical Research, Vol. 5, No. 11.
Charles, Dw Simaremare dan H. B. Isyandi, (2015) “Pengaruh Pelatihan, Lingkungan Kerja Fisik dan Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan pada PT. Federal International Finance Wilayah Riau.†Dalam Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, Vol. 7, No. 3.
Fandy Tjiptono, (2008), Service Management: Mewujudkan Layanan Prima, Yogyakarta: CVAndi Offset, cet. ke-1
Hakim, Lukman, and Widiyatmo Ekoputro, (2021) "Pengembangan dan Peningkatan SDM Pengelola BUMDES dalam Upaya Terwujudnya Pelayanan Prima Di Desa Plunturan Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo" ABDI MASSA: Jurnal Pengabdian Nasional (e-ISSN: 2797-0493) Vol.1. Nomor 04.
Hasanah, Fadilah. (2016) "Pengaruh pelayanan prima terhadap kepuasan pelanggan di jade bambooresto Yogyakarta. " KELUARGA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga 2.1
Junaedi, Deddy’ (2020) “Pengaruh Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Nasabah: Studi Kasus di PT. Bank Jatim Capem Maron Porbolinggo.†Dalam Jurnal Kajian Ekonomi dan Pebankan, Vol. 4, No. 1
Kartikasari, Dwi, and Dea Zulkhairi, Arneliwati and Sofiana Nurchayati, (2019), “Studi Deskriptif Kualitatif: Persepsi Remaja Terhadap Perilaku Menyimpang,†Jurnal Ners Indonesia Vol. 9, No. 1.
Kurniawan, Danang, (2020) “Service Excellent Berdasarkan Perspektif Islam di Bank Syariah.†Dalam Journal of Sharia Economic Law, Vol. 3, No. 1.
Laila Rizka Cahyawati, (2017), Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, Volume 2, Nomor 1
Made Saihu, Suparto, Lilis Fauziah Balgis, (2021), Nalar Tasawuf dalam Pendidikan Islam: Kajian Atas Makna Ihsan dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter, Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam (Special Issue).
Nurlia, (2018), Strategi Pelayanan Dengan Konsep Service Excellent, Meraja Journal Vol. 1, No. 2.
Panjaitan, Januar Efendi, (2016) “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada JNE Cabang Bandung.†Dalam Jurnal Manajemen, Vol. 11, No. 2
Pasuraman, (2001), Delivering Quality Service, New York: The Free Press.
Puspita1, Anggun dan Kartika, Chandra (2019), Pengaruh Experiential Marketing, Customer Delight, dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Niat Perilaku Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Interventing. (Studi Kasus Pada Bengkel Resmi Yamaha PT. Roda Sakti Surya Megah), JMM17 Jurnal Ilmu Ekonomi dan Manajemen September 2019, Vol. 06 No. 02.
Riska Nurrahmawati, Nelly Budiharti, Emmalia Adriantantri, (2021) “Analisis Excellent Service (Pelayanan Prima) pada Pelayanan Posyandu Desa Sidodi Lawang.†Dalam Jurnal Valtech: Jurnal Mahasiswa Teknik Industri, Vol. 4, No. 2
Rizqon Halal Syah Aji, (2015) “Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar’i, Vol. 7, No. 5.
Robert Kelley, (2021) “The 10 Pillars of Exceptional Customer Service.â€dala mhttps://robertkelleyconsulting.com/the-10-pillars-of-exceptional-customer-service. Diakses pada 06 Desember 2021.
Robert L. Solso, (2007), Psikologi Kognitif, Jakarta: Erlangga.
Sarino Alit, (2010) “Upaya Men-ciptakan Kepuasan Pelanggan dengan Pengelolaan Service Quality (servqual)â€, Jurnal Manajerial 9, No. 17
Satriadi, Sendi, (2020) “Tingkat Kualitas Pelayanan Berdasarkan Karakteristik Pelanggan pada Hotel “X†Bandung.†Dalam Jurnal Psikologi, Vol. 13, No. 1.
Shandy Widjoyo, Hatane Samuel, Ritzky Karina, dan Brahmana, (2014) “Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya.†Dalam Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 2, No. 1
Suhartono, dkk, (2019) “Hubungan Pelayanan Prima Dengan Kepuasan Pelanggan Pt Kereta Api Indonesia (Persero) Pada Stasiun Pasar Senen Jakarta,†dalam Jurnal Administrasi Publik 5, No.3
Sulistianto, Heri, (2017), “Pengelolaan Excellent Service di Sekolah Menengah Kejuruan,†dalam Jurnal Managemen Pendidikan 12, No. 2.
Susi Prasetyaningtyas, (2020) Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) Secara Online Selama Darurat Covid 19 di SMPN 1 Semin.†Dalam Jurnal Karya Ilmiah Guru, Vol. 5 No. 1
Ulinafiah, Diyasika, and Novan Ardy Wiyani. (2019) "Penciptaan Layanan Prima Melalui Penerapan Sistem Informasi Manajemen di Perpustakaan IAIN Purwokerto." re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management) 2.2.
Yani Fitriyani, Irfan Fauzi, Mia Zultrianti Sari, (2020) “Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19.†Dalam Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran, Vol. 6, No. 2, 2020
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).