Pemenuhan Biaya Pendidikan Melalui Entrepreneurship (Studi Pada Mahasiswa STIT Al-Amin Kreo Tangerang)

Authors

  • Made Saihu Institut PTIQ Jakarta, Indonesia
  • Sawaluddin Siregar Sekolah tinggi agama Islam (STAI) Rokan Bagan batu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2271

Keywords:

Entrepreneurship, Mahasiswa, Biaya Pendidikan

Abstract

Tulisan ini membahas membahas tentang pemenuhan biaya pendidikan melalui entrepreneurship: studi pada mahasiswa STIT Al-Amin Kreo Tangerang. Urgensi entrepreneurship bagi mahasiswa, selain menjadi langkah praktis dalam penerapan kurikulum perguruan tinggi, entrepreneurship juga dapat menumbuhkan mental, ide, kreasi dan inovasi, serta dapat menignkatkan efikasi diri yang melaluinya mahasiswa dapat dengan mudah menangkap peluang dan kesempatan dalam setting pendidikan. Dalam konteks STIT Al-Amin Kreo Tangerang, mahasiswa melakukan kegiatan entrepreneurship, tidak saja dilatarbelakangi oleh bisnis semata, tetapi lebih dari itu yaitu sebagai sebuah solusi untuk memenuhi biaya pendidikan mereka. Studi lapangan ini menegaskan bahwa dengan entrepreneurship merobah mindset pikiran mahasiswa untuk lebih memanfaatkan waktu luang untuk melakukan hal-hal yang positif. Meski dalam implementasi mahasiswa menghadapi tantangan dan hambatan, seperti modal dan keterbatasan waktu, tetapi motivasi mereka untuk menjadi sorang sarjana membuat tantangan dan hambatan itu selalu dicarikan solusi sehingga kuliah sambil bisnis mereka tidak terganggu. Di sini entrepreneurship dapat menjadi sebuah solusi atas keterbatasan biaya dalam menempuh pendidikan tinggi di STIT Al-Amin. Apapun prodi pada pendidikan tinggi sudah seharusnya memasukkan materi entrepreneurship dalam mata kuliahnya, apalagi di Era 4.0 mengharuskan seseorang memiliki beragam keterampilan. Karenanya, entrepreneurship dapat menjadi salah satu strategi penumbukembangan mental dan efikasi diri mahasiswa di era yang seba simbiosis-mutualisme seperti sekarang ini. Sebuah perspektif yang mendudukkan inovasi dan kreativitas sebagai usaha menciptakan sesuatu yang bernilai  serta kemampuan menghadapi tantangan dengan cara melihat peluang dari berbagai resiko dan ketidakpastian demi mencapai keuntungan dan pertumbuhan.

References

Agustin, Ria Diana, Nur Afifudin. 2020. “Pengaruh Ekspektasi Pendapatan, Motivasi, Pendidikan Kewirausahaan, Dan Norma Subyektif Terhadap Minat Untuk Berwirausaha.†E-Jra 09(04):128.

Akhmad Sefudin. 2014. “REDEFINISI BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) ‘4P’ Ke ‘4C’ (Studi Kasus Pada Universitas Indraprasta PGRI).†Journal OfApplied Business and Economics Volume 1(1):17–23.

Aly, Abdullah. 2017. “Pengembangan Pembelajaran Karakter Berbasis Soft Skills Di Perguruan Tinggi.†Ishraqi 1(1):18–30. doi: 10.23917/ishraqi.v1i1.2926.

Ayu, I. Gusti, and Adi Rahayuni. 2019. “MENUMBUHKAN MENTAL ENTREPRENEUR PADA MAHASISWA PGSD DALAM MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0.†Pp. 121–30 in Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya ke-1 Tantangan dan Peluang Dunia Pendidikan di Era 4.0.

Bieniok, Henryk. 2020. “The Conditions and Prospects for the Development of Personal Entrepreneurship Education Among the Young.†Przedsiębiorczość - Edukacja 16(1):7–18.

Dewi Karyaningsih, Rr. Ponco. 2017. “Hubungan Kreativitas, Efikasi Diri Dan Intensi Berwirausaha Pada Mahasiswa.†Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB) 5(2):162–75. doi: 10.21009/jpeb.005.2.4.

Elizar. 2014. “PENGEMBANGAN PROGRAM KEWIRAUSAHAAN DI PERGURUAN TINGGI.†Edukasi Lingua Sastra 16(1):22–32.

Fakhri, M., A. Gilang, and N. Ratnayu. 2017. “ANALISIS FAKTOR PEMBENTUK KEPUTUSAN PEMILIHAN PERGURUAN TINGGI SWASTA UNIVERSITAS TELKOM (STUDI PADA MAHASISWA PRODI S1 ADMINISTRASI BISNIS FAKULTAS KOMUNIKASI DAN BISNIS UNIVERSITAS TELKOM ANGKATAN 2016).†Jurnal Ekonomi, Bisnis & … 11(1):1–12.

Giustina Secundo, Pascuale Del Vecchio, Giovanni Schiuma, Giuseppina Passiante. 2017. “Activating Entrepreneurial Learning Processes for Transforming University Students’ Idea into Entrepreneurial Practices.†International Journal of Entrepreneurial Behavior & Research 23(3):2.

Hendrawan, Josia Sanchaya, and Hani Sirine. 2017. “PENGARUH SIKAP MANDIRI, MOTIVASI, PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEB UKSW Konsentrasi Kewirausahaan).†Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship 02(03):291–314.

Huberman, Miles &. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Ilham, Lailul. 2020. “Menumbuhkan Entrepreneurship Dikalangan Mahasiswa.†AL-IMAN: Jurnal Keislaman Dan Kemasyarakatan 4(1):22–42.

Indah Putri Ambari, I. Wayan Ramantha. 2017. “Pertimbangan Pasar Kerja, Pengakuan Profesional, Nilai-Nilai Sosial, Lingkungan Kerja, Personalitas Pemilihan Karir Sebagai Akuntan Publik.†E-Jurnal Akuntansi 18(1):705–34.

Khairani, Zulia. 2018. “Peran Pendidikan Formal Dan Konsep Diri Terhadap Potensi Kewirausahaan Mahasiswa.†Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis 15(2):139–49. doi: 10.31849/jieb.v15i2.1222.

Margahana, Helisia. 2020. “Urgensi Pendidikan Entrepreneurship Membentuk Karakter Entrepreneur Mahasiswa.†Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis 17(2):176–83.

Moleong, Lexy J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Y. 2020. “PERAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) / GENERASI MUDA DALAM MENYONGSONG REVOLUSI INDUSTRI 4.0.†Prismakom 16(1):36–46.

Ningsih, Rita. 2017. “Peranan Pendidikan Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Motivasi Berwirausaha Bagi Mahasiswa.†Jurnal Peranan Pendidikan Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Motivasi Berwirausaha Bagi Mahasiswa 2(3):60.

Nurjanah, Siti. 2019. “Kurikulum Berbasis Entrepreneurship Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (Studi Kasus Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyahdi Stit Makhdum Ibrahim Tuban).†Al Yasini: Jurnal Hasil Kajian Dan Penelitian Bidang Keislaman Dan Pendidikan 4(1):16–27.

Puspita, Santi, and Fachriyan Pratama. 2021. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas PGRI Palembang.†SEMB-J 2(2):82–92.

Siregar, Marlan, Sri Lestari, and Aulia Hafizah Lubis. 2019. “Analysis of Marketing Strategy in Students Face Masks Business Folta Repper : Folium Tamarin Rice Paper Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Masker Wajah Mahasiswa Folta Repper : Folium Tamarin Rice Paper.†Journal of Agribusiness Sciences 2(2):66–72.

Suhartini, Suhartini, Aris Sudianto, Indra Gunawan, Baiq Andriska Candra Permana, Hamzan Ahmadi, Imam Fathurrahman, Lalu Kerta Wijaya, Muhammad Wasil, and Nurhidayati Nurhidayati. 2021. “Pembinaan Kewirausahaan Berbasis Teknologi Untuk Mengembangkan Jiwa Technopreneurship.†ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 2(1):1–7. doi: 10.29408/ab.v2i1.2574.

Supriatna, A., A. Syach, V. F. Musyadad, and ... 2021. “Model Pengembangan Manajemen Lembaga Pendidikan Berbasis Entrepreneurship Menurut Perspektif Islam.†Model Pengembangan Manajemen Lembaga Pendidikan Berbasis Entrepreneurship Menurut Perspektif Islam 3(5):2123–34.

Susanto, Adi. 2000. Kewirausahaan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Tobin Turner, Peter Gianiodis. 2018. “Entrepreneurship Unleashed: Understanding Entrepreneurial Education Outside of the Business School.†Journal of Small Business Management 56(1):131–49.

Ulfah, F., and a Irianto. 2020. “Pengaruh Karakter Wirausaha, Minat Berwirausaha Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Aktivitas Berwirausaha Mahasiswa Universitas Negeri Padang.†Jurnal Ecogen 3(1):74–86.

Umasugi, Hamzah. 2020. “Guru Sebagai Motivator.†Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan 6(2):29–38.

Widayati, Enny, Haswan Yunaz, Tagor Rambe, B. Wishman Siregar, Achmad Fauzi, and Romli Romli. 2019. “Pengembangan Kewirausahaan Dengan Menciptakan Wirausaha Baru Dan Mandiri.†JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). 6(2):98–105. doi: 10.35794/jmbi.v6i2.26181.

Wijoyo, Hadion, Aris Ariyanto, Denok Sunarsi, and Mada Faisal Akbar. 2020. “Pelatihan Pembuatan Konten Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa.†Ikra-Ith Abdimas 3(3):169–75.

Yahaya, Salimah. 2021. “Manfaat Ar-Rahnu Kepada Pembangunan Usahawan Kecil [The Benefits of Ar-Rahnu to The Development of Small Entrepreneurship].†International Journal of Contemporary Education, Religious Studies and Humanities 1(1):1–11.

Downloads

Published

31-05-2022

Citation Check