Persepsi Orang Tua Etnis Betawi Mengenai Pendidikan Tinggi Anak Perempuan (Studi Pada Masyarakat Betawi di Kelurahan Sudimara Jaya, Tangerang)
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2272Keywords:
Perempuan, Betwai, Pendidikan Tinggi, PerspektifAbstract
Tulisan ini menyimpulkan bahwa orang tua pada etnis Betawi di Kelurahan Sudimara Jaya memiliki persepsi berbeda-beda tentang pendidikan tinggi bagi anak perempuannya. Beberapa perbedaan persepsi itu antara lain: 1) Menganggap pendidikan tinggi sangat penting, karena perempuan ketika sudah menikah dan memiliki anak, maka ibu menjadi “madrasah pertama†bagi anak-anaknya dan ibu yang cerdas akan melahirkan generasi yang cerdas pula; 2) Menganggap tidak penting, karena mereka beranggapan bahwa anak perempuan ketika sudah menikah lebih fokus di rumah untuk menjadi ibu rumah tangga; 3) Meski banyak di antara orang tua Etnis Betawi mengharapkan pendidikan tinggi pada anaknya, tetapi banyak di antara mereka berada pada tingkat ekonomi lemah. Pada prinsipnya tulisan ini bertujuan untuk memotret fenomena nalar orang tua Etnis Betawi terkait dengan pendidikan tinggi bagi anak perempuan di kelurahan Sudimara Jaya Tangerang. Dalam analisanya, tulisan ini menggunakan metode kualitatif deskriptif perspektif sugiyono yang beranggapan bahwa peneliti tidak saja sebagai aktor di lapangan tetapi juga bisa menjadi subjek penelitian. Penelitian ini memang dirasa kurang sempurna maka dari itu perlu diadakan penelitian lanjutan paling tidak melalui penelitian ini memberikan gambaran bagaimana perspektif etnis Betawi menyangkut pendidikan tinggi bagi anak perempuan mereka. Sebuah penelitian yang menggambarkan fenomena sosial dalam perspektif ethnometodologi pada masyarakat Betawi.
References
Christian, Jordy Herry, and Kirana Edenela. 2019. “Terampasnya Hak-Hak Perempuan Akibat Diskriminasi Batas Usia Perkawinan.†Lex Scientia Law Review 3(1):1–14.
Hijfin, Muhammad. 2018. “Konsep Pendidikan Karakter Anak Menurut Imam Al-Ghazali Dalam Kitab Ayyuha Al-Walad.†Al Falah XVII(1):30–57.
Kamil Sahri, Iksan, and Lailatul Hidayah. 2020. “Kesetaraan Gender Di Pesantren NU: Sebuah Telaah Atas Single Sex Classroom Di Pendidikan Diniyah Formal Ulya Pondok Pesantren Al Fithrah Surabaya.†Journal of Nahdlatul Ulama Studies 1(1):67–105. doi: 10.35672/jnus.v1i1.9.
Larasati Putri, Maulina, Vera Wijayanti Sutjipto, and Marisa Puspita Sary. 2021. “Model Komunikasi Keluarga Etnis Betawi Dalam Memotivasi Pendidikan Tinggi Dari Perspektif Anak.†Jurnal Komunikasi 16(1):31–46. doi: 10.20885/komunikasi.vol16.iss1.art3.
Mappapoleonro, Andi Musda. 2020. “Implementasi Gender Dalam Pengasuhan Pembelajaran Di PAUD Permata Karunia Usia 4 - 6 Tahun.†Yasmin: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1(1):22–32.
Murdianto, Murdianto. 2018. “Mengurai Eksistensi Lingkungan Pendidikan Islam Perspektif Sosiologis.†SANGKéP: Jurnal Kajian Sosial Keagamaan 1(1):84–107. doi: 10.20414/sangkep.v1i1.607.
Nabila, Faiqotus Silvia, and Jakaria Umro. 2020. “PENDIDIKAN TINGGI UNTUK KAUM PEREMPUAN (Studi Kasus Di Desa Curahdringu Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo).†Al-Hikmah 2(2):136–48.
Nurbayan, ST. 2017. “REKOSTRUKSI GERAKAN PEREMPUAN MENUJU KEMENANGAN DAKWAH KAMPUS ST.†JIME 3(1):342–53.
Rahmayani, Maulina. 2021. “ERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PENTINGNYA PENDIDIKAN TINGGI UNTUK KAUM PEREMPUAN Maulina.†Sosains: Jurnal Sosial Dan Sains 1(9):1031–38.
Saihu, Made. 2020a. Manajemen Berbasis Madrasah, Sekolah Dan Pesantren. edited by A. Aziz. Tangerang Selatan: Yapin An-Namiyah.
Saihu, Made. 2020b. Unity in Diversity: Humanism-Theocentric Paradigm of Social Education in Indonesia. Mauritius: GlobeEdit: International Book Market Service Ltd.
Sari, Nur Indah. 2019. “PERANAN POETRI MARDIKA DALAM MENDUKUNG PENDIDIKAN PEREMPUAN PRIBUMI JAWA 1912-1918.†AVATARA, e-Journal Pendidikan Sejarah 7(1):1–11.
Siregar, Sawaluddin. 2020. “Persepsi Orangtua Tentang Pendidikan Tinggi Bagi Anak Perempuan Di Desa Simatorkis Kec. Dolok Kab. Padanglawas Utara.†Jurnal Kajian Gender Dan Anak 2(2):171–90. doi: 10.24952/gender.v2i2.2175.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2012.
Umaedi. 2004. Manajemen Mutu Berbasis Sekolah/Madrasah. Jakarta: CEQM
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).