PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ISLAMIC BOARDING SCHOOL (Studi Deskriptif tentang Pendidikan Agama Islam Berbasis Karakter Pesantren di SMP Daarut Tauhiid Boarding School Putri)
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.4134Keywords:
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Karakter Pesantren, Boarding School.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis karakter di Sekolah Menengah Pertama Daarut Tauhiid Boarding School Putri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasıl penelitian ini menunjukkan bahwa sekolah ini memiliki visi yang terintegrasi dengan nilai-nilai karakter yang khas kepesantrenan. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013 untuk kelas 8 dan 9, dan kurikulum merdeka untuk kelas 7. Terdapat 5 program pembelajaran sebagai pengembangan mata pelajaran agama dan budi pekerti dengan menggunakan kitab seperti aqidah, fiqh, tarikh, akhlak, dan materi kepesantrenan. Dalam perencanaan pembelajaran, guru membuat administrasi guru (Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang terintegrasi dengan nilai-nilai kepesantrenan. Program pembiasaan yang diterapkan di SMP DTBSP meliputi ibadah harian dengan mencatat ibadah harian (mutaba’ah yaumiyyah) dengan didampingi oleh musyrifah. Evaluasi pembelajaran di kelas 8 dan 9 dilakukan dalam penilaian otentik, proyek, ulangan harian, dan Ujian Tengah Semester, dan Ujian Akhir Semester. Penilaian kelas 7 pada kurikulum merdeka mengacu pada modul dan Alur Tujuan Pembelajaran yang terdapat pada buku pedoman guru yang diterbitkan oleh kementerian agama Islam dengan melakukan ujian lisan, praktik dan ujian berbasis proyek.
References
Abidin, Z. (2021). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Karakter Berbasis Agama, Budaya, Dan Sosiologi. Al-Afkar, 4(1), 181–202.
Anggadwita, G., Dana, L.-P., Ramadani, V., & Ramadan, R. Y. (2021). Empowering Islamic boarding schools by applying the humane entrepreneurship approach: the case of Indonesia. International Journal of Entrepreneurial Behavior & Research, 27(6), 1580–1604. https://doi.org/10.1108/IJEBR-11-2020-0797
Aslan, & Wahyudin. (2020). Kurikulum dalam tantangan perubahan.
Avila Fernandez, A. (2004). File (1).pdf. In Thematya. revista de filosofia (Vol. 33, pp. 369–374).
Bafadhol, I. (2016). Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Islamic Boarding School. Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 05, 1371–1390. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/8
Bojonegoro, A. L. R. (2020). Boarding School Dengan Hasil Belajar Ekonomi Kelas X Ma. 3.
Dalyono, B., & Enny Dwi Lestariningsih. (2017). Implementasi penguatan pendidikan karakter di sekolah. Bangun Rekaprima, 3(3), 33–42.
Efektifitas Program Pendidikan Boarding School Terhadap Pembentukan Karakter siswa (Studi di SMA Swasta Advent Pematangsiantar). (2022). EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial. https://doi.org/10.30596/edutech.v8i1.9609
Endang Komara. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter danPembelajaran Abad 21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education, 4(1), 17–26. www.journals.mindamas.com/index.php/sipatahoenan
Hombersley, S. (2007). Boarding school. Engineer, 293(7718), 28. https://doi.org/10.2307/j.ctt1d9nr79.14
Karakter, P., Wahid, A. A., & Baubau, K. (2019). Jurnal akademik unidayan. 124, 32–41.
Khambali, K. (2017). Family Role in Shaping Character Islam in Early Childhood Through Habituation Method. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 33–40. https://doi.org/10.29313/tjpi.v6i1.2382
Khasanah, S. Z., & Arifin, Z. (2017). Implementasi Pengembangan Kurikulum Di Smp Muhammadiyah Boarding School (Mbs) Yogyakarta. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 79. https://doi.org/10.19105/tjpi.v12i1.1287
Lathifa Amin. (2017). Manajemen Pembinaan Peserta Didik Pada Program Boarding School di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Jurnal Hanata Widya, 6(6), 22–31.
Lote, A. E. (2020). Pengaruh Pengajaran Spiritualitas Persaudaraan Kasih Dan Damai Terhadap Pembentukan Karakter Anak Panti Asuhan Putera …. http://eprints.widyayuwana.ac.id/id/eprint/223/%0Ahttp://eprints.widyayuwana.ac.id/id/eprint/223/1/SKRIPSI ALFA.pdf
Mastuhu, P. (2014). Pemıkıran Pendıdıkan Islam Perspektıf Mastuhu (Telaah dalam Buku Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam dan Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren).
Negeri, M. (2021). Bidang Agama Dan Tradisi Keagamaan Pendidikan Moderasi Beragama : Membangun Harmoni , (Issue November).
Paminto, J., Rosiana, T., Budiyono, B., & Budisantoso, H. T. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Pesantren dengan Sistem Boarding School. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 6(1), 41–52. https://doi.org/10.15294/ijcets.v6i1.15937
Rony, R. (2021). Urgensi Manajemen Budaya Organisasi Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(1), 98–121. https://doi.org/10.31538/tijie.v2i1.26
Santika, I. G. N., & Sudiana, I. N. (2021). Insersi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia Ditinjau dari Perspektif Teoretis. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(4), 464. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i4.42052
Somad, M. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Anak. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 171–186. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.882
Sondakh, D. S. I., Rahmatullah, A. S., Adiyono, A., Hamzah, M. Z., Riwayatiningsih, R., & Kholifah, N. (2021). Integration of language, psychology, and technology and the concept of independence learning in reading characters in indonesian children’s films as media and learning materials in character building for elementary school students-indonesia. Linguistics and Culture Review, 6(1), 70–88. https://doi.org/10.21744/lingcure.v6n1.1963
Suhardi, D. (2013). Peran Smp Berbasis Pesantren Sebagai Upaya Penanaman Pendidikan Karakter Kepada Generasi Bangsa. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(3). https://doi.org/10.21831/jpk.v0i3.1248
Syarif, M. (2021). Peranan Lembaga Pendidikan Majelis Musyawaroh Fathul Falah Dalam Menjamin Mutu Dan Kompetensi Santri Kilatan Putra Pondok …. INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, Dan …, 7(1), 106–130. http://jurnal.iaih.ac.id/index.php/inovatif/article/view/242
Taufikin, T. (2018). Hermeneutic Of Pesantren With The " Fusion Of Horizons " Gadamer’s Theory. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 1(1), 37–58. https://doi.org/10.21093/sajie.v1i1.1335
Telda, N. R. M., Wahyuni, R., Devega, D. A. M. F., & Suratman, S. (2020). Sistem Boarding School (Studi Kasus Pembelajaran PAI dalam Pembentukan Karakter di SMA IT DBHS Bontang). Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 1(2), 99–115. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v1i2.2313
Usman, M. I. (2013). Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam. Al Hikmah, XIV(1), 101–119.
Zaman, B. (2019). Urgensi pendidikan karakter yang sesuai dengan falsafah bangsa ndonesia. Al Ghazalı , Jurnal Kajian Pendidikan Islam Dan Studi Islam, 2(1), 16–31. https://www.ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/al_ghzali/article/view/101
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).